Apa Itu Daring, Mari Mengenal Singkatan Dua Kata ini yang Jarang Diketahui

Senin, 14 September 2020 10:56 Reporter : Kurnia Azizah
Apa Itu Daring, Mari Mengenal Singkatan Dua Kata ini yang Jarang Diketahui Ilustrasi online. ©Shutterstock/IM_photo

Merdeka.com - Selama masa new normal era, sebagian besar masyarakat Indonesia telah berusaha menjalani kehidupan baru. Termasuk sistem daring yang kini diterapkan bagi para mahasiswa dan pelajar, demi menjaga kesehatan dan keselamatan dari penyebaran virus Covid-19.

Apa itu daring? Sistem pembelajaran daring dinilai sebagai solusi tepat. Sejumlah sekolah dan universitas menerapkan sistem belajar online atau virtual tanpa tatap muka langsung. Meski disinyalir menjadi keluhan bagi sebagian masyarakat dengan ekonomi ke bawah, serta tinggal di pelosok.

Supaya memahami lebih dalam terkait hal ini, berikut pengertian dari apa itu daring. Akronim atau singkatan dari dua kata beserta jenisnya yang patut diketahui.

2 dari 6 halaman

Apa Itu Daring

Melihat dari kamus KBBI Kemendikbud, daring adalah akronim 'dalam jaringan', terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Mengutip dari berbagai sumber, guru, dosen, siswa, dan mahasiswa kini melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring, termasuk pada saat pemberian tugas.

Melansir dari Fimela, dengan kata lain, pembelajaran daring ialah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS), seperti menggunakan Zoom, Google Meet, dan sebagainya.

Sedangkan sistem pembelajaran 'luring', merupakan sistem pembelajaran yang memerlukan tatap muka. Menurut KBBI Kemendukbud, luring ialah akronim atau singkatan dari luar jaring(an), terputus dari jejaring komputer.

3 dari 6 halaman

Pengertian Daring

ilustrasi chatting online
©2012 Merdeka.com

Secara bahasa, daring lebih diartikan sebagai online dan luring itu offline. Serta memiliki makna tertentu dalam teknologi komputer dan telekomunikasi.

Daring bisa juga diartikan sebagai suatu keadaan komputer yang saling bertukar informasi, karena sudah terhubung ke sebuah internet.

Seiring perkembangan zaman di kondisi pandemi seperti ini, konsep apa itu daring telah diperluas. Secara makna komputasi dan telekomunikasi ke dalam bidang interaksi manusia dan percakapan, yang diterapkan dalam sistem pembelajaran, rapat kerja, pertemuan keluarga, dan masih banyak lagi.

4 dari 6 halaman

Komunikasi Daring

002 tantri setyorini
© Connectmogul.com

Setelah memahami apa itu daring dan pengertiannya, berikut maksud dari komunikasi daring. Dilansir dari Liputan6, komunikasi daring memiliki makna tertentu bagi dunia komputer dan telekomunikasi. Diartikan pula sebagai suatu keadaan komputer yang bisa saling bertukar informasi karena telah terhubung.

Jenis komunikasi daring ada dua, yakni komunikasi sinkron atau serampak, serta komunikasi asinkron atau tidak serempak.

Tipe komputasi sinkron komunikasi yang menggunakan komputer, smartphone ataupun alat bantu lainnya yang digunakan sebagai media perantara. Sesuai dengan namanya, 'serempak', kedua orang yang ingin berkomunikasi tersebut memiliki waktu yang sama atau real time.

Sedangkan tipe komunikasi asinkron atau tidak serempak berbanding terbalik. Letak perbedaannya ialah waktu yang dilakukan untuk berkomunikasi. Pasalnya tipe komunikasi ini dilakukan tidak pada waktu yang bersamaan.

5 dari 6 halaman

Jenis Komunikasi Daring

Meski terdapat dua tipe umum daring, tetap ada jenis lain yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa jenis komunikasi daring:

1. Komunikasi Sinkron Video Call

Salah satu dari tipe komunikasi daring sinkron adalah video call. Sesuai namanya, jenis komunikasi daring ini menggunakan cara video call untuk saling terhubung. Sehingga Anda akan tetap mengetahui keadaan lawan bicara melalui layar smartphone ataupun komputer.

2. Komunikasi Sinkron Chat

Jenis komunikasi sinkron selanjutnya dilakukan dengan cara berbagi chat ataupun obrolan dalam bentuk tulisan. Saat ini berbagai platform menyediakan jasa komunikasi via chat dengan lawan bicara, seperti WhatsApp Chat, Line Chat, SMS atau Short Massage Service dan sebagainya.

3. Komunikasi Sinkron call

Jenis komunikasi berikutnya, sinkron call. Merupakan komunikasi yang dapat dilakukan dengan cara telepon. Jadi Anda bisa menelpon seseorang yang jauh dengan menggunakan fitur yang ada pada sebuah aplikasi.

4. Komunikasi Asinkron Video

Berbeda dengan jenis komunikasi sinkron video call sebelumnya. Komunikasi asinkron video ini, Anda hanya berbagi rekaman video kepada lawan bicara. Dapat diartikan bahwa komunikasi asinkron video ini tak bisa secara langsung mengetahui keadaan lawan bicara.

5. Komunikasi Asinkron Chat

Jenis komunikasi asinkron chat tetap dilakukan menggunakan komputer ataupun smartphone, serta jaringan internet. Akan tetapi sifatnya sama dengan komunikasi asinkron video.

Anda bisa berbagi pesan singkat menggunakan beberapa platform yang ada, dengan komunikasi yang terjalin merupakan komunikasi tunda.

6 dari 6 halaman

Jenis Komunikasi Daring Selanjutnya

001 larensi mahligai mustika rani
© boldsky.com

6. Komunikasi Formal

Jenis komunikasi berikutnya biasa dilakukan pada acara formal ataupun acara resmi. Tujuan dari komunikasi formal sendiri adalah untuk menyampaikan pesan yang terkait suatu kepentingan.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk jenis komunikasi ini, di antaranya menggunakan surat perintah, video conference ataupun komunikasi dalam sebuah rapat.

7. Komunikasi Non-Formal

Jenis komunikasi daring non-formal ini bisa terjadi diluar acara resmi. Meskipun berada pada acara resmi, jenis komunikasi ini dilakukan bisa bersifat pribadi atau hubungan dekat.

8. Komunikasi Informal

Komunikasi daring selanjutnya tentu saja kebalikan dari komunikasi formal. Jenis komunikasi informal memiliki tujuan untuk menjaga hubungan sosial. Selain itu, pesan atau obrolan yang akan disampaikan pun tidak terencana.

9. Komunikasi Kelompok

Seperti namanya, jenis komunikasi daring kelompok dilakukan secara bersamaan atau berregu. Jenis komunikasi ini biasa terjadi pada sebuah grup yang terbentuk dalam sebuah platform.

10. Komunikasi Jaringan Kerja

Jenis komunikasi daring jaringan kerja memiliki sifat pribadi. Karena tentu saja jenis komunikasi ini berhubungan dengan keperluan pekerjaan. Selain itu, pada komunikasi ini, biasanya sebuah perusahaan terfasilitasi dengan alat komunikasi sendiri, seperti email atau pun platform khusus.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini