9 Makanan Peningkat Libido, Cobalah Supaya Gairah Seksual Lebih 'Joss'

Selasa, 14 Januari 2020 16:54 Reporter : Kurnia Azizah
9 Makanan Peningkat Libido, Cobalah Supaya Gairah Seksual Lebih 'Joss' Ilustrasi seks. © playbuzz.com

Merdeka.com - Makanan peningkat libido patut Anda coba supaya lebih bergairah. Tidak hanya untuk laki-laki saja, makanan jenis ini juga baik dikonsumsi oleh perempuan.

Libido merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut dorongan seksual. Setiap orang memiliki tingkat libido yang berbeda-beda. Apakah bisa ditingkatkan kembali ketika libido mulai menurun akhir-akhir ini?

"Semakin tua seseorang pasti hormon testosterone atau hormon laki-laki itu berkurang. Di atas 50 tahun, 1 persen berkurang per tahunnya, sehingga kemampuan ereksinya berkurang," ujar dr H Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS dalam acara talkshow di Net TV, "Malam-Malam".

Sebagian besar laki-laki akan merasa malu bila tidak mampu memberi kepuasan terhadap pasangan, itulah sebabnya lebih banyak obat kuat khusus laki-laki yang dijual bebas daripada obat kuat khusus perempuan. Sebagai bentuk menunjukkan performa bisa kelihatan dan harga diri sang laki-laki.

Literatur menunjukkan bahwa prevalensi masalah seksual di kalangan wanita berkisar antara 9 hingga 43 persen. Wanita dengan gangguan hasrat seksual hipoaktif adalah yang umum dilaporkan. Dikutip dari The New England Journal of Medicine, Testosterone for Low Libido in Postmenopausal Women Not Taking Estrogen.

Berikut makanan peningkat libido supaya Anda dan pasangan bisa lebih bergairah, yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber,

1 dari 7 halaman

Makanan Peningkat Libido

1. Cokelat Hitam

Shutterstock/BrunoRosa


"Cokelat hitam mengandung serotonin dan phenylethylamine yang mampu menambah mood, dan merangsang hasrat seksual jika dikonsumsi dengan tepat. Itu juga alasan acara valentine dilambangkan dengan cokelat," ujar dokter Boyke.

Cokelat menjadi makanan peningkat libido pertama, karena zat aktif di dalamnya membantu meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah. Aliran darah yang baik salah satunya di sekitar organ intim.

2 dari 7 halaman

2. Bawang Putih

Bawang putih mentah mengandung allicin yang diperkirakan mampu meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Panas yang ditimbulkannya bisa membangkitkan libido Anda. Konsumsilah selama sebulan secara teratur. Cara mengonsumsi bawang putih,

  • Rebus 3 siung bawang putih yang sudah digeprek dengan segelas air. Minum dengan campuran 1 sendok makan madu supaya lebih nikmat.
  • Makan 1 siung bawang putih utuh seperti minum obat pil, setiap sebelum tidur.
  • Memasak tumis atau sayuran lain dengan memperbanyak bawang putih.
3 dari 7 halaman

3. Ubi Jalar

Makanan peningkat libido selanjutnya ialah ubi jalar. Selain mengenyangkan, ubi jalar mengandung potassium dan mineral yang tinggi. Dipercaya mampu melawan tekanan darah tinggi, yang meningkatkan risiko disfungsi ereksi.

4. Seledri

2014 Merdeka.com/shutterstock/Karissaa



Sejumlah penelitian menemukan bahwa memakan seledri mampu meningkatkan kadar feromon dalam keringat pria, membuat lebih menarik bagi wanita. Cara mengonsumsinya pun mudah, Anda dapat membuat jus seledri yang dicampur dengan wortel dan madu atau gula. Minuman menyegarkan peningkat libido siap dinikmati.

4 dari 7 halaman

5. Ikan

Ikan menjadi makanan peningkat libido yang memiliki banyak vitamin B, sebagai faktor penting dalam meningkatkan libido tersebut. Vitamin B3 sebagai metaboliesme anaerobic, mampu memberikan energi seksual dan membantu mengalirkan darah ke penis.

6. Alpukat

Shutterstock


Buah alpukat memiliki kandungan asam folat yang membantu metabolisme protein, untuk memberi lebih banyak energi. Alpukat kaya akan vitamin B6, nutrisi yang meningkatkan produksi hormone laki-laki dan potassium yang membantu mengatur kelenjar tiroid wanita.

Konsumsilah bagi pria dan wanita demi mendapatkan gairah yang lebih dalam bercinta. Asam folat sangat baik untuk keduanya, terutama bagi Anda yang ingin lekas memiliki buah hati.

5 dari 7 halaman

7. Ginseng

Salah satu tanaman herba terkenal sebagai obat tradisional, yang paling terkenal berasal dari negara Korea. Ginseng mampu meningkatkan performa seksual dan mengobati disfungsi ereksi.

8. Stroberi

Boldsky


Buah stroberi yang mudah ditemukan ini mampu menunjang fungsi seksual. Kandugan antioksidan baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah menjadi lebih lancar, termasuk pada organ seksual.

"Buah yang kaya akan vitamin C, mampu meningkatkan jumlah sperma. Sumber keperkasaan laki-laki juga," ujar dokter Boyke.

6 dari 7 halaman

9. Jenis Kacang-Kacangan

Makanan peningkat libido yang terakhir ialah, berbagai makanan jenis kacang. Kacang seperti almond, kacang tanah, dan kenari mampu membantu menghindari impotensi bagi pria. Memiliki kandungan yang baik untuk produksi hormon pria yang sehat.

7 dari 7 halaman

Tips Gaya Hidup Sehat Peningkat Libido

  • Mengatur pola makan sehat.
  • Menghindari obat-obatan yang menyebabkan terjadinya disfungsi seksual.
  • Rutin berolahraga.
  • Tidur berkualitas yang cukup.
  • Hidup sehat mengatur stres.
  • Stimulasi panca indra.


Berkurangnya libido dan gairahnya laki-laki serta pasangannya bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Cobalah mengonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan di atas, serta mulai mengatur pola hidup sehat.

Apabila libido dan gairah Anda belum mengalami perkembangan setelah mengikuti cara di atas, konsultasikan diri Anda dan pasangan pada dokter yang tepat.

Pastikan Anda dan pasangan tidak memiliki gangguan hormone dan disfungsi organ vital. Jangan biarkan berlarut-larut. Semoga makanan peningkat libido dan tips gaya hidup sehat di atas dapat bermanfaat. Semoga berhasil.

[kur]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini