7 Fungsi Sekolah Bagi Anak di Berbagai Aspek, Tidak Mengacu pada Nilai Akademik Saja

Senin, 21 September 2020 12:53 Reporter : Kurnia Azizah
7 Fungsi Sekolah Bagi Anak di Berbagai Aspek, Tidak Mengacu pada Nilai Akademik Saja ilustrasi sekolah. ©2012 ctaagency.com

Merdeka.com - Fungsi sekolah selama ini dikenal sebagai lembaga atau institusi yang membantu mengembangkan anak. Baik dari segi potensi, ilmu akademik, tingkah laku, intelektual, tata krama, hingga budi pekerti. Melingkup berbagai aspek dengan penilaian tertentu.

Tidak hanya mengacu pada nilai akademik saja, fungsi sekolah begitu berarti bagi tumbuh-kembang anak selama dititipkan pada lembaga tersebut. Sejatinya, para orang tua yang memiliki tanggung jawab besar mendidik anak, menjadi dipermudah dengan sekolah.

Segala ilmu pengetahuan yang belum pernah dijamah oleh anak, mulai menjadi asupan sehari-hari. Sebagai bekalnya kelak, saat menghadapi kehidupan bersosial dan bermasyarakat yang sebenarnya. Bukan hal mudah bagi seorang guru, untuk bisa membimbing dan mengajar puluhan hingga ratusan peserta didik.

Apalagi mengetahui bahwa setiap anak memiliki keunikan karakteristik yang berbeda-beda. Serta kemampuan dari masing-masing yang dikembangkan dengan cara yang tak kalah uniknya pula. Tantangan guru semakin besar melihat fungsi sekolah bagi anak disabilitas.

Berikut fungsi sekolah bagi anak dari berbagai aspek, yang tidak saja mengacu pada nilai akademik.

Baca Selanjutnya: Pengertian Sekolah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini