Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

60 Kata-Kata Pendosa Penuh Makna dan Menyentuh Hati

60 Kata-Kata Pendosa Penuh Makna dan Menyentuh Hati Ilustrasi stres. ©Shutterstock/Elena Elisseeva

Merdeka.com - Setiap insan di dunia tak lepas dari berbuat kesalahan dan dosa. Baik dosa yang disengaja maupun tidak. Bahkan tidak sedikit orang yang menyebut dirinya pendosa. Ada kalanya meluangkan waktu untuk berdiam dan introspeksi diri.

Sebagai makhluk yang dibekali akal dan pikiran, terkadang kita memilih meratapi kesalahan yang pernah diperbuat. Kemudian memohon ampun kepada Sang Pencipta.

Baca juga: Alquran Juz 29 Dan Daftar Surat Di Dalamnya Lengkap Terjemahan Bahasa Indonesia

Ditambah lagi, berusaha untuk tak mengulangi kesalahan yang sama. Melalui kata-kata pendosa, bisa menjadi ajang pengingat diri. Atau dibaca untuk berada dalam bayang-bayang dosa. Supaya menguatkan niat dalam bertaubat.

Selain menyadarkan diri sendiri sebagai pendosa, diharapkan melalui kata-kata pendosa. Bisa menjadikan pribadi yang lebih baik lagi.

Berikut ini sejumlah kata-kata pendosa penuh makna dan menyentuh hati, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (18/8).

Kata-Kata Pendosa Menyesal

ilustrasi depresi

©Shutterstock/Yuri Arcurs

1. "Menjauhi dosa itu lebih ringan daripada menahan sakitnya rasa penyesalan."

2. "Malulah ketika kamu berbuat dosa di depan umum. Tapi, jangan malu untuk menunjukkan keimananmu."

3. "Jika suatu malam kamu melihat seseorang berbuat dosa, keesokan harinya jangan memandangnya sebagai orang yang berdosa, mungkin saja pada malam harinya dia telah bertobat sementara kamu tidak mengetahuinya."

4. "Dosa itu perlu dibakar, entah itu dengan sakitnya rasa penyesalan di dunia ini ataukah dengan api neraka di akhirat kelak."

5. "Aku malu saat dianggap baik padahal aku adalah pendosa yang hebat hanya saja Allah sedang menutup aibku."

6. "Perbuatan dosa yang membuatmu sedih dan menyesal lebih disukai oleh Allah daripada amalan baik yang membuatmu menyombongkan diri." – Ali bin Abi Thalib

7. "Sangat normal jika kita penuh dosa dan penuh dengan kekurangan, yang menjadi masalah adalah saat kita berhenti menyesali dosa-dosa yang kita lakukan dan tidak bertaubat kepada Tuhan."

8. "Tangisan taubat seorang pendosa lebih Allah cintai daripada tasbihnya seorang yang sombong." -Ibnu Qayyim

9. "Perbuatan dosa yang membuatmu sedih dan menyesal lebih disukai oleh Allah daripada amalan baik yang membuatmu menyombongkan diri."

10. "Saat kita tergoda untuk berbuat dosa, ingatlah beberapa hal berikut: 1. Kematian 2. Allah sedang melihat 3. Malaikat akan mencatat."

Kata-Kata Pendosa Permohonan Ampun

ilustrasi berdoa

shutterstock/ neelsky 

11. "Jangan pernah berpikir buruk tentang saudara sesama muslim, laki-laki maupun perempuan. Tak peduli dosa apa yang mereka lakukan. Bencilah dengan perbuatan dosanya, bukan dengan orangnya. Berikan nasihat dan berdoalah untuk mereka."

12."Semakin kuat dorongan keinginan untuk berbuat dosa, semakin besar pula pahala untuk meninggalkannya karena Allah."

13. "Sangat normal jika kita penuh dosa dan penuh dengan kekurangan. Yang menjadi masalah adalah saat kita berhenti menyesali dosa-dosa yang kita lakukan dan tidak bertobat kepada Allah."

14. "Dosa yang telah menjadi kebiasaan harus sangat ditakuti karena dosa yang dilakukan terus-menerus tanpa tobat akan menjadi sifat seseorang."

15. "Kulihat dosa-dosaku seakan begitu besar. Tapi, saat kusandingkan dengan ampunan-Mu, ternyata ampunan-Mu jauh lebih besar."

16. "Kamu berbuat dosa? Allah akan mengampuni. Kamu khawatir? Allah yang memegang kendali. Kamu merasa sendirian? Allah selalu bersamamu." - Dr. Bilal Philips.

17. "Dosa-dosamu boleh jadi sebesar kapal, tapi jangan pernah lupa bahwa rahmat Allah lebih besar daripada lautan."

18. "Setan tidak menang ketika kamu berbuat dosa, tapi setan meraih kemenangan ketika kamu berpikir bahwa Allah tidak akan mengampunimu."

19. "Kulihat dosa-dosaku seakan begitu besar. Tapi saat kusandingkan dengan ampunan-Mu, ternyata ampunan-Mu jauh lebih besar." - Imam Syafi'i.

20. "Jika suatu malam kamu melihat seseorang berbuat dosa, keesokan harinya jangan memandangnya sebagai orang yang berdosa, mungkin saja pada malam harinya dia telah bertaubat sementara kamu tidak mengetahuinya." - Ali bin Abi Thalib.

Kata-Kata Pendosa Islami

ilustrasi berdoa

©Shutterstock

21. "Dosa-dosa kecil akan memakan iman kita seperti semut memakan kue. Kamu tidak akan menyadari dampaknya untuk jangka waktu yang lama, pada saat kamu mulai menyadarinya, ternyata semuanya sudah terlambat."

22. "Kebajikan adalah akhlak yang baik, sedangkan dosa adalah apa saja yang membuat jiwamu ragu dan kamu tidak suka memperlihatkannya pada orang lain."

23. "Dosa-dosamu sendiri seharusnya sudah cukup untuk mengalihkan perhatianmu dari menilai kesalahan orang lain."

24. "Ketika kamu berbuat berdosa, itu adalah pertanda kelemahan. Tapi, ketika kamu mendorong orang lain untuk berbuat dosa, berarti telah terjadi banyak kerusakan, terutama pada spiritualitasmu."

25. "Jangan memandang kecilnya sebuah dosa, tapi lihatlah keagungan yang kamu durhakai."

26. "Surga dan neraka, keduanya diciptakan untuk orang-orang yang berbuat dosa. Surga diciptakan untuk para pendosa yang bertaubat, sementara Neraka diciptakan untuk para pendosa yang enggan bertaubat dari maksiat." - Syaikh Taufique Chaudry.

27. "Sangat ditekankan untuk senantiasa mengingat Allah karena pada umumnya dosa itu dilakukan saat Allah dilupakan."

28. "Jangan meremehkan dosa kecil, karena kebakaran yang dahsyat bahkan bisa disebabkan oleh percikan api terkecil." - Ibnu Qayyim

29. "Untuk bisa mendapatkan bunga paling indah, kamu harus berhati-hati menghindari duri. Begitu juga untuk sampai ke surga, kamu juga harus berhati-hati menghindari dosa." - Sheikh Ahmad Musa Jibril.

30. "Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya." (Q.S Az-Zumar: 53)

31. "Jangan menganggap remeh dosa kecil, karena sesungguhnya gunung itu adalah tumpukan pasir." - Ali bin Abi Thalib.

32. "Sesungguhnya seorang mukmin itu memandang dosa-dosanya seakan-akan ia sedang duduk di bawah gunung dan ia khawatir gunung tersebut akan jatuh menimpanya. Sementara seorang pendosa memandang dosa-dosanya seperti seekor lalat yang lewat di depan hidung lalu ia mengusir lalat tersebut begitu saja." - Hadis.

33. "Salah satu dosa terburuk adalah seseorang yang menganggap remeh dosanya." - Abu Bakar As-Siddiq.

34. "Jauhilah perbuatan dosa karena itu menghancurkan hati, lakukanlah perbuatan baik karena itu mengundang ketenangan."

35. "Kamu begitu banyak berbuat dosa dan Allah masih tetap baik kepadamu. Bayangkan jika kamu baik, rahmat dan kebaikan seperti apa yang akan Allah berikan kepadamu." - Ali bin Abi Thalib.

36. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan d

37. "Kebanyakan jeritan dari para penghuni neraka itu adalah penyesalan karena menunda tobat mereka." - HR Muslim

38. "Setiap anak Adam pasti berbuat salah dan sebaik-baik mereka yang berbuat kesalahan adalah yang mau bertobat." - HR Ahmad

39. "Taubat sejati bukan hanya berhenti dari berbuat maksiat, namun juga berbalik menuju kebaikan dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk tetap berada di jalan kebaikan itu."

40. "Berkah terindah yang telah diberikan kepada kita adalah kesempatan untuk bertaubat. Jadi tunggu apa lagi?"

Kata-Kata Pendosa Penuh Makna

41. "Jangan pernah meremehkan kekuatan istighfar (memohon ampunan Allah). Karena itu adalah senjata yang akan membawamu kembali kepada Allah dan dapat meringankan kesulitan yang kamu hadapi."

42. "Kebahagiaan dicapai melalui tiga hal: 1) Bersabar ketika diuji, 2) Bersyukur ketika menerima nikmat, dan 3) bertaubat atas dosa-dosa." – Ibn al-Qayyim

43. "Sekelam apapun masa lalu kita, selagi kita masih bernyawa, kita tetap berpeluang menjadi ahli surga. Jangan pernah berputus asa untuk berubah dan mencari ampunan dari Allah Yang Maha Esa."

ilustrasi berdoa

©Pixabay/SuleymanKarakas

44. "Hati kita pedih menyaksikan musibah yang menimpa bangsa ini, penyebabnya bisa jadi karena kelalaian dan kesalahan kita, maka taubat adalah kunci bagi kita." - Aa Gym

45. "Jika engkau melakukan suatu perbuatan dosa, maka segeralah menghapusnya dengan bertaubat."

46. "Janganlah sekali-kali engkau berputus asa dari dosa karena pintu taubat senantiasa terbuka." - Ali bin Abi Thalib

47. "Dosa itu perlu dibakar, entah itu dengan sakitnya rasa penyesalan di dunia ini ataukah dengan api neraka di akhirat kelak." – Ibnu Qayyim

48. "Sehitam mana sekali pun sejarah hidup kita, selagi kita bernyawa, kita tetap berpeluang menjadi ahli surga. Jangan pernah berputus asa untuk berubah dan mencari ambunan dari Allah."

49. "Kecuali orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh. Maka kejahatan mereka itu akan diganti oleh Allah dengan kebaikan (di akhirat kelak). – Q.S Al-Furqan: 70

50. "Jadikan tobat bukan hanya untuk dosa-dosa yang telah kamu lakukan, tapi juga untuk kewajiban yang belum kamu tunaikan." - Ibnu Taymiyyah

51. "Dosa adalah penyakit, tobat adalah obatnya, dan berpantang dari itu adalah obat yang paling mujarab." - Ali bin Abi Thalib.

52. "Aku merasa sangat menyesal dan berharap kau tahu bahwa aku sungguh minta maaf. Aku berjanji untuk berubah."

53. "Aku tahu aku telah melakukan kesalahan besar. Maafkan aku, aku akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut."

54. "Kehadiran kesalahanku membuatku merasa sangat menyesal. Aku berharap kau bisa memaafkan dan memberiku kesempatan untuk membuktikan bahwa aku bisa berubah."

55. "Dalam penyesalanku, aku berharap kau dapat melihat bahwa aku sungguh-sungguh mendambakan pengampunanmu."

56. "Aku sadar betapa besar kesalahanku. Maafkan aku, aku akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut."

57. "Aku tidak akan berhenti meminta maaf, dan aku berjanji untuk memperbaiki kesalahan ini. Aku begitu menyesal, maafkan aku."

58. "Kesalahan yang pernah kubuat akan selalu membebani hati. Maafkan aku, aku memohon kesempatan untuk memperbaikinya."

59. "Meskipun kata-kata takkan pernah cukup untuk mengganti luka yang kubuat, aku berjanji akan mencoba untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut."

60. "Aku sangat menyesal atas segala kesalahan yang pernah kubuat. Maafkan aku, aku akan berupaya untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut."

(mdk/kur)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
40  Kata-kata Penyesalan Dosa, Penuh Makna dan Menyentuh Hati
40 Kata-kata Penyesalan Dosa, Penuh Makna dan Menyentuh Hati

Kata-kata penyesalan dosa bisa dijadikan instropeksi atas segala kesalahan yang pernah dilakukan.

Baca Selengkapnya
Mengaku Merasa Kesepian Hingga Menangis Jalani Hidup Pasca Menjadi Duda, Desta: Namanya Manusia Ada Up And Down
Mengaku Merasa Kesepian Hingga Menangis Jalani Hidup Pasca Menjadi Duda, Desta: Namanya Manusia Ada Up And Down

Desta menceritakan soal kehidupannya yang kini menyandang status duda. Simak ceritanya berikut ini.

Baca Selengkapnya
75 Kata-kata Cinta Beda Agama yang Menyentuh Hati Berisi Pesan Bijak dan Mendalam
75 Kata-kata Cinta Beda Agama yang Menyentuh Hati Berisi Pesan Bijak dan Mendalam

Berikut kata-kata cinta beda agama yang menyentuh hati dan penuh kebijaksanaan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
80 Kata Kata untuk Ibu yang Baru Melahirkan, Penuh Pesan Menyentuh & Dorongan Semangat
80 Kata Kata untuk Ibu yang Baru Melahirkan, Penuh Pesan Menyentuh & Dorongan Semangat

Berikut kumpulan kata-kata untuk Ibu yang baru melahirkan dengan penuh pesan menyentuh.

Baca Selengkapnya
Doa Puasa Senin Kamis, Ketahui Dalil dan Keutamaannya
Doa Puasa Senin Kamis, Ketahui Dalil dan Keutamaannya

Sebelum berpuasa, jangan lupa untuk membaca niatnya. Niat puasa Senin Kamis ini sebaiknya dibaca di malam hari atau sebelum subuh, waktu dimulainya puasa.

Baca Selengkapnya
Jenis Dosa Berzina dalam Islam, Lengkap Beserta Hukumannya
Jenis Dosa Berzina dalam Islam, Lengkap Beserta Hukumannya

Dosa zina dianggap sebagai salah satu dosa besar yang merugikan individu dan masyarakat serta menyalahi ketentuan agama.

Baca Selengkapnya
80 Kata-Kata Kecewa pada Keadaan, Bantu Luapkan Isi Hati
80 Kata-Kata Kecewa pada Keadaan, Bantu Luapkan Isi Hati

Kata-kata kecewa sering kali menjadi jendela yang membuka pandangan ke dalam perasaan yang sulit diungkapkan.

Baca Selengkapnya
Kisah Pilu Hidup Unang Bagito, Jatuh Miskin Hingga Tinggal di Gudang dan Diceraikan Istri
Kisah Pilu Hidup Unang Bagito, Jatuh Miskin Hingga Tinggal di Gudang dan Diceraikan Istri

Unang dulunya begitu terkenal dan hidup dalam kemewahan. Namun, nasibnya berubah drastis

Baca Selengkapnya
Kata-kata Duka Cita yang Menyentuh Hati dan Penuh Doa
Kata-kata Duka Cita yang Menyentuh Hati dan Penuh Doa

Merdeka.com merangkum informasi tentang kata-kata duka cita yang menyentuh hati dan penuh doa

Baca Selengkapnya