15 Manfaat Kemangi untuk Kesehatan, Mencegah Bau Hingga Turunkan Gula Darah

Selasa, 30 Juni 2020 10:02 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
15 Manfaat Kemangi untuk Kesehatan, Mencegah Bau Hingga Turunkan Gula Darah Ilustrasi daun kemangi. ©Shutterstock/B. and E. Dudzinscy

Merdeka.com - Manfaat kemangi ternyata cukup banyak untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kemangi merupakan jenis tumbuhan yang daunnya sering digunakan sebagai lalapan oleh masyarakat Indonesia.

Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Meski memiliki bau yang cukup kuat, kemangi ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Di dalam daun kemangi segar terkandung air, karbohidrat, antioksidan, protein, lutein, serat, dan zeaxanthin. Tak hanya itu, kemangi juga mengandung berbagai macam vitamin kalium, serta folat.

Lalu, apa sajakah manfaat kemangi bagi kesehatan? Berikut Merdeka.com rangkum manfaat kemangi dilansir dari laman doktersehat:

1 dari 12 halaman

Menyehatkan Sistem Pencernaan

002 tantri setyorini

©Shutterstock

Kemangi dikatakan mampu membantu mencegah gejala yang timbul karena adanya luka di lambung. Kemangi juga dikatakan mampu menurunkan kadar asam lambung serta meningkatkan pelepasan lendir yang melindungi dinding lambung.

2 dari 12 halaman

Menurunkan Gula Darah

minuman pengontrol gula darah

©2020 Merdeka.com


Yang kedua, kemangi dikatakan mampu membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Untuk itu, konsumsi kemangi secara rutin tentu saja baik untuk membantu menurunkan gula darah.

Memelihara Kesehatan Jantung

Dalam daun kemangi, banyak mengandung betakaroten, magnesium, dan mineral yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Dengan menjaga pola hidup sehat dan diimbangi dengan konsumsi kemangi secara rutin, maka akan membuat jantung lebih kuat.

3 dari 12 halaman

Mencegah Bau

badan

©iStock


Daun kemangi yang terkenal memeiliki aroma khas ini bisa membantu mencegah bau badan dan bau mulut. Mengonsumsi daun kemangi secara rutin dikatakan mampu mencegah badan mengeluarkan bau tidak sedap.

Jika tidak suka disantap secara langsung, Anda juga bisa membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.

4 dari 12 halaman

Memperkuat Masa Hidup Sperma

Senyawa arginine yang terkandung dalam kemangi dikatakan mampu memperkuat masa hidup sperma sekaligus mencegah kemandulan. Daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.

Bagi yang memiliki keluhan ejakulasi, daun kemangi memiliki kandungan zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah.

5 dari 12 halaman

Mengatasi Flu dan cacingan

Dikutip dari doktersehat, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products dari Purdue University, khasiat kemangi ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit hingga penyakit ginjal.

Mengobati masalah vagina, nyeri payudara, batu ginjal & albuminaria

John Henry M dalam bukunya berjudul A Dictionary of Practical Material Medical mengatakan, bahwa khasiat kemangi untuk kesehatan adalah dapat mengatasi penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

6 dari 12 halaman

Anti-Penuaan

001 larensi mahligai mustika rani

©2015 Merdeka.com/blog.mariobadescu.com


Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kemangi dapat mencegah kerusakan radikal bebas pada kulit yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Antioksidan dalam herbal akan membantu mengurangi efek dari sel radikal bebas dan mencegah tubuh dan pikiran dari stres oksidatif yang bertahan lama.

7 dari 12 halaman

Mengatasi Jerawat

002 tantri setyorini

©Shutterstock


Daun kemangi yang diubah menjadi minyak, dipercaya memiliki sifat anti-bakteri yang bisa menghambat tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Minyak kemangi yang dicampurkan dengan bahan lain seperti ekstrak lemon atau asam asetat ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

8 dari 12 halaman

Obati Luka Infeksi

Sifat anti-bakteri yang dimiliki kemangi mampu membantu untuk mengobati luka infeksi. Menggunakan daun kemangi pada kulit sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami eksim pada kulit.

Caranya dengan membuat pasta dari daun kemangi, yang dicampur dengan yoghurt murni lalu oleskan pada kulit yang terkena infeksi dan diamkan sampai kering sebelum dibilas.

9 dari 12 halaman

Memiliki Sifat Anti-Radang dan Anti-Kanker

kemangi

©www.youtube.com/tookiga sootiga


Kandungan antioksidan di dalam daun kemangi diduga berperan penting sebagai antiradang dan antikanker.

Selain itu, daun kemang juga memiliki zat yang membantu tubuh beradaptasi dengan hormon stres. Zat tersebut mampu membuat tubuh merasa rileks dan membantu mengatasi gangguan tidur.

10 dari 12 halaman

Buat Kulit Lebih Cerah

Daun kemangi mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menjadikan kulit sehat dan cerah. Caranya, dengan membuat pasta dari ekstrak daun kemangi. Lalu, tambahkan satu sendok gliserin dan pijat wajah Anda dengan masker ini setiap hari. Ulangi proses ini dua kali atau tiga kali sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah.

 Meningkatkan Sistem Imun

Rutin mengonsumsi kemangi setiap hari dapat meningkatkan sistem imun. Studi menunjukkan bahwa berbagai senyawa kimia dalam kemangi dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan kemangi segar alih-alih yang kering.

11 dari 12 halaman

Mengatasi arthritis

003 tantri setyorini

©Shutterstock


Arthritis adalah penyakit menyakitkan yang sering menyebabkan cacat fisik. Kandungan  beta-caryophyllene dalam kemangi bisa mengatasi nyeri yang efektif. Tak hanya itu, bahan kimia anti-inflamasi membantu menenangkan sensasi terbakar di persendian yang disebabkan oleh arthritis.

12 dari 12 halaman

Kendalikan Diabetes

10 gejala diabetes yang sering diabaikan

pixabay.com ©2020 Merdeka.com


Konsumsi kemangi secara rutin bida menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah. Minyak esensial terdapat dalam kemangi juga membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko terus-menerus di antara penderita diabetes.

[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini