Windows masih menjadi sistem operasi nomor satu di dunia

Rabu, 4 November 2015 06:04 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Windows masih menjadi sistem operasi nomor satu di dunia Windows 10. © Microsoft

Merdeka.com - Apakah PC Anda menggunakan sistem operasi Windows? Pasti kebanyakan dari kita menjawab Ya. Di Indonesia, sebagian besar komputer atau laptop memang dibekali sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP, Windows 7, Windows 8, hingga yang terbaru Windows 10.

Tidak hanya di Indonesia, menurut statistik terbaru, Windows menjadi sistem operasi nomor satu di dunia untuk waktu yang sangat lama. Sistem operasi yang lain, seperti Mac OS atau Linux, mempunyai selisih persentase yang sangat jauh dengan microsoft.

Net Applications mengklaim bahwa Windows saat ini digunakan oleh 90,42 persen komputer di seluruh dunia. Mac OS X berada di posisi kedua dengan persentase hanya 8 persen saja, sedangkan Linux 1,57 persen.

Memang ada penurunan dari tahun lalu sebanyak 1 persen, namun Windows masih menjadi tonggak bagi Microsoft. Bayangkan saja, berapa produsen komputer yang membayar pada Microsoft untuk menggunakan OS Windows ini di komputer atau laptop buatan mereka.

Tetapi, walaupun sangat banyak komputer di dunia ini yang menggunakan Windows, semua versi Windows tidak disukai banyak orang begitu saja. Windows 8 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 lalu, dianggap gagal membuat perbedaan. Banyak orang yang saat itu berpindah ke Linux atau OS X.

Hal yang sama juga terjadi ketika Windows 10 pertama kali diketahui oleh banyak orang awal tahun ini. Semua orang mengkritik Microsoft karena perusahaan ini mengumpulkan informasi dari komputer pengguna, yang membuat pengguna tidak nyaman dengan privasinya.

Ya, ide Microsoft memang tidak mulus begitu saja. Namun, melihat Windows 10 digunakan oleh 110 juta perangkat, membuat kita berpikir bahwa apapun kritik mereka tentang Windows, OS ini akan jadi OS terpopuler. [lar]

Topik berita Terkait:
  1. Windows
  2. Microsoft
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini