UU PDP Ketok Palu, Pengamat Siber sebut Peretasan Tetap Akan Terjadi

Kamis, 22 September 2022 14:31 Reporter : Merdeka
UU PDP Ketok Palu, Pengamat Siber sebut Peretasan Tetap Akan Terjadi Ilustrasi topeng hacker. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Diketok palunya, Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) diharapkan dapat mengurangi kebocoran data karena adanya ancaman sanksi yang jelas bagi pengelola data. Namun, menurut Alfons Tanujaya, tidak akan berpengaruh terhadap aksi peretasan.

Menurut pakar keamanan siber ini, pada dasarnya aksi peretasan sudah melanggar hukum dan dapat di hukum berat sesuai kesalahannya tanpa UU PDP.

"Peretas yang menjalankan aktivitasnya semuanya tahu tindakannya melanggar hukum dan jika tertangkap konsekuensi hukum menanti mereka," ujar Alfons kepada Merdeka.com, Kamis (22/9).

Justru, kata Alfons, dengan adanya UU PDP ini diharapkan pengelola data bisa lebih peduli dan baik dalam mengelola datanya. Kunci dari semua ini adalah lembaga yang dibentuk untuk mengawasi pengelolaan data pribadi ini.

"Kalau bisa menjalankan perannya dengan dan berkomunikasi baik dengan institusi pengelola data yang diawasinya dan bertaji selevel satgas pengendali kebocoran data yang dibentuk Menkopolhukam maka ini akan memberikan pengaruh signifikan terhadap perbaikan pengelolaan data di Indonesia," ungkap dia.

Tetapi jika tidak, lanjutnya, maka tidak akan memberikan dampak siginifikan pada perbaikan pengelolaan data di Indonesia. Peran mengamankan ranah cyber di Indonesia sebenarnya tidak berubah dan kuncinya masih ada di BSSN karena salah satu kunci utama pengamanan data adalah penerapan enkripsi yang baik dan kuat dalam lalu lintas data.

"BSSN diharapkan dapat memposisikan dirinya dengan baik, meningkatkan kemampuan SDM dan menetapkan standar pengamanan data yang harus diikuti oleh semua institusi pengelola data," terang dia.

Dia pun berharap lembaga PDP, BSSN dan Kominfo dapat bahu membahu menjalankan perannya dengan baik sesuai tupoksinya guna menciptakan ranah cyber yang aman, sehat dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini