Pertama Dalam Sejarah, NASA Berhasil Rekam Gempa di Mars

Senin, 29 April 2019 12:04 Reporter : Indra Cahya
Pertama Dalam Sejarah, NASA Berhasil Rekam Gempa di Mars Robot InSight NASA. ©2018 NASA

Merdeka.com - NASA melalui misi InSight miliknya, berhasil merekam sebuah getaran yang merupakan gempa samar yang ada di dalam perut Mars.

Melansir pernyataan resmi NASA yang dikutip Science Alert, analisis awal telah mengkonfirmasi bahwa getaran tersebut berasal dari dalam Mars. Kini para seismolog di NASA sedang bekerja keras untuk mencari tahu apa yang menyebabkan hal ini terjadi.

InSight sendiri merupakan robot yang dirancang khusus dan diluncurkan ke NASA untuk mempelajari apa yang ada di bagian dalam planet Mars. Robot ini dilengkapi dengan pengukuran suhu, rotasi, serta tentunya pengukur aktivitas seismik.

Dari sini pun diketahui kalau Mars masih memiliki aktivitas seismik aktif, yang analisisnya bisa digunakan untuk mengetahui 'interior' dari planet Merah ini.

Berikut adalah suara gempa yang terekam oleh InSight.

Gelombang gempa ini sendiri cukup lemah jika dibandingkan dengan Bumi. Gelombang semacam ini akan hilang di antara garangnya aktivitas tektonik di perut Bumi.

Sinyal gempa ini juga menarik untuk diteliti karena beberapa alasan lain, salah satunya adalah kemiripannya dengan profil gempa di Bulan yang dideteksi seismometer di Bulan pada tahun 1969 dan 1977 silam. Perangkat tersebut ditempatkan di sana pada misi Apollo silam.

Hal ini menarik karena Mars dan Bulan sama-sama tak punya ektivitas tektonik. Dari gempa Bulan ini, didapatkan kesimpulan bahwa bagian dalam Bulan mendingin lalu menyusut. Proses ini adalah fenomena yang terjadi sejak terbentuknya Bulan. Sehingga sedikit saja ada penyusutan, gempa mudah terjadi.

Namun apa yang menyebabkan terjadinya gempa di Mars? Saat ini para ilmuwan masih menelitinya. [idc]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini