Perbedaan sosial media dan jejaring sosial

Senin, 20 Oktober 2014 09:39 Reporter : Dwi Andi Susanto
Perbedaan sosial media dan jejaring sosial Jejaring sosial. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Di era serba digital dengan bumbu teknologi dan internet seperti sekarang ini, semua hal dan setiap orang dapat terkoneksi dengan cepat dan mudah.

Hal ini disebabkan oleh inovasi yang dinamakan sosial media. Namun apa bedanya sosial media dengan jejaring sosial?

Secara garis besar, sosial media dan jejaring sosial mengacu pada sistem yang sama yaitu media untuk terkoneksi dengan banyak orang tanpa terhalangi waktu dan tempat (jarak) dan berfungsi untuk berkomunikasi, berbagi sesuatu dan mengungkapkan pendapat secara online.

Akan tetapi yang menjadi pembeda antara jejaring sosial dan sosial media terletak pada medianya. Sosial media atau media sosial atau dalam bahasa inggris disebut social media adalah suatu media interaksi online yang meliputi blog, forum, aplikasi chatting sampai dengan jejaring sosial.

Sedangkan jejaring sosial sendiri lebih mengacu pada situs atau website yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya banyak orang tanpa pembatasan dan memiliki jalur ikatan seperti keluarga, teman, rekan bisnis dan lain sebagainya.

Contoh dari jejaring sosial antara lain Facebook, Twitter, Path, Tumblr, Pinterest, Instagram dan lain sejenisnya.

Nah, dari penjelasan singkat di atas, tentunya Anda akan semakin tahu mengenai perbedaan antara sosial media atau media sosial dengan jejaring sosial. [das]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jejaring Sosial
  3. Teknologi
  4. Internet
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini