Pengguna layanan data Tri naik 200 persen selama Lebaran

Kamis, 29 Juni 2017 13:42 Reporter : Fauzan Jamaludin
Pengguna layanan data Tri naik 200 persen selama Lebaran Ilustrasi operator seluler. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Operator selular Tri Indonesia memaparkan soal trafik layanan datanya sepanjang Lebaran. Menurut Chief Techology Officer Tri, Desmond Cheung, Lebaran kali ini penggunaan layanan data Tri sepanjang Lebaran naik mencapai 200 persen. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya. Dari sisi penggunaan data, pengguna Tri kebanyakan mengaksesnya untuk berselancar di media sosial dan instant messaging.

Untuk instant messaging sendiri, pengguna Tri kerap menggunakan aplikasi WhatsApp dan Line. Pasalnya, mereka bisa melakukan video call untuk melakukan komunikasi. Sementara, untuk hiburan, streaming video masih menjadi andalan para penggunanya. Meski terjadi peningkatan yang signifikan, Tri mengakui jaringannya stabil tak mengalami gangguan apapun.

"Kami bersyukur, pelanggan kami tidak mengalami kendala yang sangat berarti dalam menggunakan layanan kami," kata Desmond.

Dijelaskan lebih detail oleh Desmond, peningkatan penggunaan streaming video melalui YouTube meningkat hampir 60 persen dibandingkan hari biasa. Sementara aplikasi sosial media didominasi oleh penggunaan Instagram meningkat hampir 70 persen.

Penyampaian pesan melalui WhatsApp dan fitur Line Call mendominasi peningkatan trafik di layanan OTT. Penggunaan WhatsApp meningkat lebih dari 80 persen dan fitur call melalui aplikasi meningkat utamanya didominasi oleh Line Call yang meningkat 60 persen.

"Peningkatan trafik secara umum berlangsung sejak H-14 dan pada periode tersebut terjadi peningkatan yang sangat tinggi. Trafik kembali normal pada H-1. Peningkatan trafik data tertinggi terjadi di Purwokerto, Cirebon dan Balikpapan sejak H-4," terangnya. [gni]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Telco
  3. Telepon Seluler
  4. Jakarta
  5. Tri
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini