NASA akan jelajahi komet dan bulan Saturnus di misi terbarunya

Rabu, 27 Desember 2017 15:01 Reporter : Indra Cahya
NASA akan jelajahi komet dan bulan Saturnus di misi terbarunya Misi Dragonfly. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah misi robotik menjelajah ruang angkasa baru dari NASA berjudul New Frontiers, telah memilih dua kandidat misi untuk dijalankan. Misi tersebut adalah misi eksplorasi salah satu bulan Saturnus yakni Titan, serta misi untuk membawa sebuah sampel komet untuk diteliti.

Melansir The Verge, penanggung jawab atas masing-masing misi ini adalah pihak yang berbeda-beda. Pertama, misi komet, dipelopori oleh Steve Squeyres dari Cornell University, dan memiliki judul misi CAESAR, atau Comet Astrobiology Exploration Sample Return.

Misi ini akan mengirimkan pesawat luar angkasa ke sebuah komet bernama Churyumov-Gerasimenko, lalu mengumpulkan sampel sebanyak 3,5 ons dari permukaannya. Tujuan dari misi ini adalah memahami kontribusi komet pada kehidupan di Bumi.

Misi kedua, dipelopori oleh Elizabeth Turtle dari Laboratorium Fisika Terapan Johns Hopkins. Misi ini secara terpisah diberi nama Dragonfly. Misi ini dilakukan karena Titan adalah kandidat planet yang diharapkan dihuni kehidupan.

Di misi Dragonfly ini nantinya akan dilepas sebuah robot yang berbentuk seperti helikopter untuk menyusuri permukaan Titan. Nantinya robot ini yang akan melakukan berbagai analisis terhadap permukaannya, lapisan tanahnya, serta kondisi atmosfernya.

Misi New Frontiers dari NASA sendiri memang selalu mengembangkan misi untuk mengeksplorasi planet di Tata Surya kita. Meski demikian, misi New Frontiers sendiri bukan merupakan misi paling utama NASA, seperti robot MARS Curiosity, namun New Frontiers bisa menghabiskan 1 milyar dollar.

Sejauh ini, sudah ada tiga misi New Frontiers. Milai dari pesawat ruang angkasa New Horizons yang saat ini sedang terbang ke Pluto, Juno Probe yang mengorbit di Jupiter, serta OSIRIS-REx yang kini sedang dalam misi mengumpulkan sampel asteroid. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Sains
  2. NASA
  3. Penelitian Luar Angkasa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini