Metaverse Disebut Punya Dampak terhadap Transformasi Bisnis

Kamis, 9 Juni 2022 10:17 Reporter : Merdeka
Metaverse Disebut Punya Dampak terhadap Transformasi Bisnis Oculus VR. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Prie Prihadiyanto, Managing Director Accenture Indonesia mengatakan saat ini bisnis sedang berlomba menuju masa depan yang sangat berbeda dari sebelumnya. Munculnya teknologi baru seperti extended reality, blockchain, digital twins, edge computing, dan metaverse disebut akan membentuk kembali pengalaman manusia.

"Gelombang baru transformasi digital yang sedang berlangsung akan mengubah cara kita semua hidup dan bekerja," kata Prie dalam keterangannya, Kamis (9/6).

Hal itu seperti yang tercatat dalam laporan terbaru Accenture di mana 'Metaverse Continuum' - spektrum dunia digital yang disempurnakan, realitas, dan model bisnis, sedang mendefinisikan ulang cara dunia bekerja, beroperasi, dan berinteraksi.

"Hal ini didukung oleh temuan laporan kami yang menunjukkan bahwa mayoritas eksekutif bisnis di Indonesia menyatakan bahwa Web3 dan Metaverse akan memiliki dampak transformasional pada bisnis mereka," jelas dia.

Sebagai bagian dari laporan Techvision 2022, Accenture melakukan survei terhadap lebih dari 60 pemimpin bisnis dan teknologi dari 8 industri di Indonesia.

Dari survei tersebut, 55 persen pemimpin eksekutif Indonesia menyatakan bahwa Metaverse akan memberikan dampak positif bagi organisasi mereka, dengan 25 persen di antaranya mempercayai bahwa teknologi tersebut dapat memberikan terobosan atau dampak transformasional.

Laporan yang sama juga menemukan bahwa 93 persen eksekutif Indonesia yang disurvei sepakat bahwa platform digital masa depan perlu menawarkan pengalaman terpadu, yang memungkinkan penggunaan data pelanggan di berbagai platform dan ruang digital.

"Selain itu, sebanyak 83 persen eksekutif juga menyadari bahwa hingga beberapa tahun ke depan, Web3 akan secara fundamental mengubah cara pelaku bisnis berinteraksi dengan penggunanya secara online," ungkap dia.

[faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Metaverse
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini