Mengenal Apa Itu Artificial Intelligence, Contoh, dan Manfaatnya Bagi Manusia

Jumat, 9 Desember 2022 15:55 Reporter : Merdeka
Mengenal Apa Itu Artificial Intelligence, Contoh, dan Manfaatnya Bagi Manusia kecerdasan buatan. pixabay

Merdeka.com - Belakangan ini ramai warganet menggunakan aplikasi dengan fitur artificial intelligence (AI). Misalnya saja pada aplikasi Lensa AI. Aplikasi edit foto ini menggunakan kemampuan mesin dari AI.

AI akan mengolah foto tersebut menjadi lebih bagus. Bahkan, yang sedang ramai adalah mengubah foto diri menjadi avatar.

Tak hanya itu, Tiktok pun membuat hal serupa. Dengan kemampuan AI, pengguna Tiktok dapat mengubah fotonya menjadi anime. Ini juga ramai dilakukan oleh warganet. Tak jarang AI model anime ini kerap berseliweran di jagad Tiktok.

Lalu, apa itu AI dan manfaatnya untuk manusia?

Merujuk Techtarget dan Britanica, Jumat (9/12), AI atau kecerdasan buatan adalah sebuah simulasi proses kecerdasan manusia yang diterapkan pada mesin, terutama sistem komputer. Aplikasi spesifik AI meliputi sistem pakar, pemrosesan bahasa alami, pengenalan suara, dan visi mesin.

Karena tren seputar AI semakin cepat berkembang, banyak sekali aplikasi yang berebut untuk mempromosikan bagaimana produk dan layanan mereka menggunakan AI.

Seringkali yang mereka sebut sebagai AI hanyalah salah satu komponen AI, seperti pembelajaran mesin.

Nah oleh sebab itu, tujuan AI sendiri pada dasarnya agar mampu mempersonalisasikan kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, banyak kita lihat beberapa aplikasi yang kerap digunakan, tahu tentang kebiasaan atau aktivitas yang sedang dilakukan. Di situlah AI bekerja secara sederhana.

Lebih canggih, AI juga pernah diterapkan dalam pekerjaan manusia. Menurut Harvard Business Review, salah satunya adalah Deep Patient.

Deep Patient ini merupakan AI yang dibuat oleh Fakultas Kedokteran Icahn di Gunung Sinai.

Teknologi kecerdasan buatan ini memungkinkan dokter mengidentifikasi pasien berisiko tinggi bahkan sebelum penyakit didiagnosis.

Alat tersebut menganalisis riwayat medis pasien untuk memprediksi hampir 80 penyakit hingga satu tahun sebelum serangan.

Dengan demikian, AI ini mampu membantu umat manusia agar lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini