Kominfo sebut 564 Siaran TV telah Digital

Rabu, 25 Januari 2023 08:20 Reporter : Merdeka
Kominfo sebut 564 Siaran TV telah Digital Penjualan STB TV Digital meningkat. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Geryantika Kurnia mengatakan, setidaknya saat ini sudah sebanyak 564 siaran TV digital di Indonesia.

"Sebanyak 564 siaran tv sudah digital," kata dia dalam webinar "ASO's Dream: Unfinished Yet”, belum lama ini.

Lebih detail, sebanyak 500 TV telah beralih ke siaran digital secara penuh. Sementara, 64 TV masih siaran secara simulcast atau kombinasi antara digital dan analog.

Ia juga menyebutkan, total Set Top Box (STB) yang telah dibagikan untuk keluarga miskin sebanyak 5,6 juta unit. Sedangkan dari pihak swasta, sudah berkomitmen 4,3 juta STB dan dari pemerintah 1,3 juta.

Gery mengklaim, pemerintah sejauh ini sudah membagikan sebanyak 1,2 juta unit STB untuk warga miskin. Ia pun mengingatkan agar pihak swasta memenuhi komitmen mereka untuk membagikan STB TV digital ke warga miskin.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mendorong agar ekosistem industri menyediakan Set Top Box (STB) dengan harga terjangkau.

"Kita sudah melakukan Analog Switch Off di banyak wilayah dan banyak masukan dari masyarakat. Salah satu input yang kita monitor dan menjadi perhatian pemerintah adalah distribusi dan ketersediaan STB serta harga yang terjangkau," jelas Johnny dalam keterangan persnya.

Menkominfo mendorong ekosistem industri untuk memperhatikan distribusi STB dan ketersediaan perangkat untuk mendukung akses masyarakat ke siaran televisi digital.

"Kita minta ini dikoordinasikan bersama-sama dengan asosiasi untuk diperhatikan dan perlu ditindaklanjuti agar bagaimana dengan perusahaan-perusahaan memproduksinya sehingga tersedia supply side yang cukup," ungkapnya.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini