India adalah negara yang penting bagi perkembangan teknologi

Selasa, 16 Februari 2016 21:59 Reporter : Indra Cahya
India adalah negara yang penting bagi perkembangan teknologi Pertumbuhan teknologi di India. ©2016 economist.com

Merdeka.com - Jika persepsi Anda tentang India masih tentang kebudayaan unik dan industri Bollywood, Anda harus perbarui itu semua. Saat ini, India adalah salah satu pasar teknologi yang terbesar di dunia, dan India siap untuk jadi lebih besar lagi.

Dilansir dari Cnet (5/2), India menambah 100 juta pengguna internet pada tahun lalu, dan total ada 400 juta pengguna internet di negeri Bollywood tersebut. Jumlah tersebut bahkan melebihi jumlah penduduk di Amerika Serikat. Namun berdasarkan prediksi, 800 juta orang masih belum terkoneksi internet, dan raksasa-raksasa teknologi sudah siap untuk menjadi bagian dari meledaknya konsumen teknologi di India.

Pertumbuhan pasar teknologi di India adalah yang tercepat di dunia. Selama 10 tahun terakhir, pengguna internet naik dari 10 juta menjadi 100 juta pengguna. Lonjakan ini pun tak akan berhenti begitu saja, karena India jadi salah satu objek dari proyek Google yang akan menyediakan Wi-Fi gratis di semua stasiun kereta api.

Salah satu faktor yang mendukung hal ini adalah laris-manisnya smartphone murah di India. Pada 2015 lalu, India bahkan telah melewati Amerika Serikat sebagai negara dengan pasar smartphone tertinggi kedua di dunia di bawah China. Menurut laporan yang dari lembaga riset pasar bernama Counterpoint ini, pengguna smartphone di India melonjak sebanyak 220 juta pengguna di penghujung tahun kemarin. Angka ini menandakan bahwa pengguna smartphone tumbuh sebesar 23 persen dari tahun sebelumnya.

Fakta lain yang diungkapkan oleh lembaga riset bernama IDC Research. Kiran Kumar, sang manajer dari IDC menyatakan bahwa China dan Amerika serikat justru melemah karena mulai jenuh dengan teknologi. Sementara, pengguna smartphone di India hanya 18 hingga 20 persen saja.

Namun, pemerintah India punya kebijakan sendiri atas meroketnya konsumen teknologi di negaranya. Pemerintah India menerapkan kebijakan "Make in India," yang membuat perusahaan domestik maupun luar India membayar pajak untuk pabrik di India. Samsung, Apple, Xiaomi, ZTE dan Coolpad adalah perusahaan yang membangun pabrik untuk memenuhi kebutuhan pasar teknologi di India.

Berkat ini, nama-nama vendor asli India seperti Micromax, Intex, dan Lavra mencuat diantara vendor luar India seperti Samsung dan Lenovo. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Smartphone
  3. India
  4. Teknologi
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini