Ilmuwan temukan asteroid antar bintang baru, berbentuk seperti cerutu!

Selasa, 21 November 2017 11:10 Reporter : Indra Cahya
Ilmuwan temukan asteroid antar bintang baru, berbentuk seperti cerutu! Asteroid Omuamua. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Bulan Oktober lalu, para astronom yang menggunakan teleskop canggih di Hawaii, melihat seuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya: sebuah asteroid dari ruang antar bintang, meluncur melalui tata surya kita.

Akhirnya di bulan November ini, kita sudah diberi gambaran soal byek asteroid tersebut, dan bentuknya cukup unik. Bentuk semacam ini tak pernah kita lihat di tata surya kita.

Menurut sebuah studi baru yang dipublikasikan di Nature dan dikutip Mashable, asteroid yang diberi nama 'Omuamua ini adalah asteorid yang 10 kali lebih panjang dari asteroid biasa, serta memiliki bentuk kompleks dan berbelit-belit.

'Omuamua adalah 'pengunjung' antar bintang pertama tata surya kita, yang bisa dilihat oleh Bumi. Dia berasal dari arah yang menurut ilmuwan adalah sistem bintang Vega. Para ilmuwan awalnya mengira 'Omuamua adalah sebuah komet, namun setelah diamati lebih lanjut akhirnya dikonfirmasi bahwa beda tersebut adalah asteroid.

'Omuamua sendiri adalah nama dari kebudayaan Hawaii yang merefleksikan "utusan dari masa lalu untuk menjangkau masa depan." Nama ini diberikan oleh tim astronom dari Pan-STARRS.

Soal penampakan fisik, sang astronom juga memiliki penjelasan lebih lanjut.

"Kami juga menemukan bahwa asteroid ini memiliki warna merah gelap, serupa dengan berbagai benda di luar tata surya kita," ungkapp Karen Meech, salah satu astronom penulis jurnal ini dari Institute for Astronomy Hawaii.

Meech juga menyebut bahwa asteroid ini memiliki panjang 400 meter, atau hampir setinggi gedung Empire State di New York City. Meski demikian, dari prediksi penampakannya, dia tak akan sebesar gedung jika dilihat lebarnya. Justru 'Omuamua lebih ramping sehingga terlihat seperti cerutu raksasa. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Sains
  2. Penelitian Luar Angkasa
  3. Asteroid
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini