Ilham Habibie: Secanggih Apapun Online Learning Peran Manusia Tetap Dibutuhkan

Selasa, 28 September 2021 22:05 Reporter : Merdeka
Ilham Habibie: Secanggih Apapun Online Learning Peran Manusia Tetap Dibutuhkan Ilham Habibie: Secanggih Apapun Online Learning Peran Manusia Tetap Dibutuhkan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Orbit360 dan The Habibie Center menggelar Webinar Pre-Event EDUVEX 2021 bertajuk “Digitalisasi dan Demokratisasi Pendidikan” Selasa, (28/09), sebagai salah satu upaya mulai merumuskan solusi demokratisasi bagi dunia pendidikan.

Hal tersebut berkaca pada 407 ribu sekolah, 56 juta siswa dan 3 juta guru terdampak pandemi Covid-19. Tidak sedikit siswa yang ketinggalan pelajaran, stress, bahkan putus sekolah akibat proses pembelajaran yang terganggu selama hampir dua tahun.

Ketua Dewan Pembina The Habibie Center, Dr. Ilham A. Habibie menyampaikan bahwa digitalisasi sejatinya merupakan upaya untuk memudahkan kehidupan manusia.

"Dalam konteks pandemi corona, misalnya, digitalisasi menjadi jembatan untuk menggerakkan roda pendidikan. Hingga saat ini, hampir seluruh sekolah di Indonesia mengandalkan internet dalam proses belajar-mengajar," jelas Ilham dalam siaran persnya, Selasa (28/9).

Dilanjutkannya, digital adalah hanya sebagai alat bantu. Tidak berarti dengan digitalisasi akan meniadakan dunia yang dikenal saat ini.

"Secanggih apapun online learning, dengan alat-alatnya, internet koneksi yang bagus. Tapi tetap perlu peran manusia," ungkap dia.

Digitalisasi di dunia pendidikan juga diyakini akan mendorong proses transformasi pendidikan. Transformasi tersebut bahkan dapat merubah sistem pendidikan secara menyeluruh. Guru dan siswa tak lagi perlu bertatap muka, bahkan sumber ilmu tak lagi melulu bersumber pada guru.

Menjawab tantangan tersebut, Ilham Habibie yang juga merupakan Co-founder Orbit360, akan menggelar Education Virtual Expo (EDUVEX) 2021 sebagai salah satu upaya mendorong adaptasi dunia pendidikan dengan teknologi digital.

"EDUVEX merupakan pameran pendidikan virtual yang menggandeng 100 exhibitor perguruan tinggi terkemuka se-Indonesia serta mengundang lebih dari 50.000 siswa dan guru," ujar Ilham.

EDUVEX 2021 akan diselenggarakan secara online/virtual pada tanggal 19-21 November 2021 yang akan datang. Selain pameran virtual, EDUVEX 2021 juga akan menghadirkan sesi-sesi webinar, talkshow, workshop guru, dan sesi-sesi menarik lainnya, dan seluruhnya dapat diikuti cukup melalui perangkat terkoneksi internet dari mana pun. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini