Hati-Hati, Isi Pesan WhatsApp Bisa Dimanipulasi Hacker Jahat

Senin, 12 Agustus 2019 15:42 Reporter : Indra Cahya
Hati-Hati, Isi Pesan WhatsApp Bisa Dimanipulasi Hacker Jahat Ilustrasi WhatsApp. ©2019 mobilemarketingmagazine.com

Merdeka.com - Aplikasi perpesanan populer WhatsApp mungkin adalah salah satu aplikasi yang paling kuat pertahanan sekuritasnya. Namun, makin kuat, ternyata banyak yang tertantang untuk menembusnya.

Seperti yang ditemukan oleh perusahaan keamanan siber Checkpoint, terdapat celah yang memungkinkan peretas mengubah teks dari pesan balasan yang dikirimkan oleh seseorang.

Celah ini kemudian memungkinkan peretas untuk memanipulasi pesan dalam percakapan publik dan pribadi di WhatsApp.

Hal itu meningkatkan potensi munculnya informasi tidak bertanggung jawab yang disebarkan oleh pihak yang tampaknya merupakan sumber tepercaya.

Bahayanya, pesan yang sudah diubah itu seakan-akan benar dikirimkan oleh si pengirim yang asli.

Menanggapi celah tersebut peneliti keamanan Kaspersky, Victor Chebysev, melansir Liputan6.com, menilai celah keamanan yang ditemukan pada WhatsApp memang menjadi hal yang perlu diperhatikan, karena dapat mengakibatkan hal seperti anggota grup yang mendapat tuduhan tidak bertanggung jawab karena menyebarnya pesan palsu.

"Namun, ini tidak berarti bahwa pengguna harus berhenti menggunakan WhatsApp. Karena, sementara bug tersebut memang berbahaya, mereka tidak biasa dalam semua jenis perangkat lunak," ujar Victor.

Ia menyarankan, para pengguna harus sangat berhati-hati saat berkontribusi pada percakapan dalam grup. Jika ada keraguan selama berlangsungnya korespondensi, konfirmasikan identitas penulis dalam percakapan pribadi.

"Kami sangat menyarankan untuk terus mengawasi kapan pembaruan WhatsApp dirilis dan segera lakukan pengunduhan versi terbaru agar tetap aman," tutup sang peneliti keamanan siber.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Iskandar

1 dari 1 halaman

Tanggapan WhatsApp

Menanggapi pemberitaan Merdeka.com soal manipulasi isi pesan WhatsApp ini, Facebook Indonesia mewakili WhatsApp memberikan hak jawabnya.

"Kami sangat memperhatikan persoalan ini sejak tahun lalu, dan anggapan bahwa ada celah keamanan di sistem WhatsApp adalah tidak benar," tulis Juru Bicara Facebook Company kepada Merdeka.com.

"Perlu kita ingat bahwa menanggapi hal yang disampaikan para peneliti ini dapat memengaruhi privasi pengguna di WhatsApp - seperti menyimpan informasi terkait sumber pesan tersebut," tutupnya.

Hal ini menyiratkan bahwa WhatsApp mengutamakan privasi pengguna dan melakukan tindakan lain untuk mengatasi permasalahan pengubahan isi pesan pengguna.

Terlebih lagi, dugaan adanya intervensi hacker untuk mengubah isi pesan ini dapat diatasi dengan memasang versi terbaru dari aplikasi WhatsApp di smartphone Anda. [idc]

Baca juga:
Fitur Baru WhatsApp yang Mirip Aplikasi Lain
Mengapa Mark Zuckerberg Orang Paling Berbahaya di Dunia?
Apple Disebut Segera Batasi Fitur Panggilan di WhatsApp dan Messenger
Ini Rumor Nama Baru WhatsApp dan Instagram Setelah Diganti Oleh Facebook
WhatsApp Segera Bisa Digunakan di PC Tanpa Ponsel, Tinggal Login!
Facebook Disebut Akan Ubah Nama Instagram dan WhatsApp

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini