Google Resmi Perkenalkan Pixel 4 dan 4 XL, Ini Spesifikasi dan Harganya!

Rabu, 16 Oktober 2019 07:46 Reporter : Indra Cahya
Google Resmi Perkenalkan Pixel 4 dan 4 XL, Ini Spesifikasi dan Harganya! Google Pixel 4. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Google Pixel 4 dan 4 XL tak bisa dimungkiri adalah smartphone yang paling banyak bocor tahun ini. Namun akhirnya, momen peluncuran Pixel 4 Series ini datang juga.

Salah satu keunggulan dari Pixel 4 Series ini adalah kamera yang kini mengusung dual sensor, salah satunya adalah telefoto dengan kualitas luar biasa. Selain itu, terdapat fitur Live HDR+ yang juga merupakan fitur kamera.

Berikut mari kita bahas deretan spesifikasi lengkap dari Pixel 4 Series. Melansir Phone Arena, berikut ulasannya!

1 dari 6 halaman

Desain dan Layar

Soal desain, Pixel 4 Series tidak membawa desain yang revolusioner. Bahasa desainnya masih serupa Pixel lawas dengan sebuah bezel yang lebar di bagian atas perangkat. Namun, besarnya sensor ini guna mengakomodir deretan sensor canggih yang ada di dalamnya.

Di bagian belakang, terdapat segi empat yang mengakomodir dua sensor kamera terbarunya, yang bentuknya mengingatkan kita pada iPhone 11 Pro dan Pro Max, dengan peletakan yang juga di pojok kiri atas.

Soal material bahan, Pixel 4 Series menggunakan bingkai alumunium serta sentuhan kaca doff di bodinya.

Ciri khas yang menghilang dari Pixel generasi sebelumnya adalah paduan warna two-tone, di mana kini perangkatnya hanya mengusung satu warna, alih-alih dua warna seperti sebelumnya.

Terdapat tiga pilihan warna, yakni Oh So Orange, Just Black dan Clearly White.

Pixel 4 Series terdiri dari dua varian, yakni Pixel 4 dan Pixel 4 XL. Pixel 4 mengusung layar OLED dengan bentang 5,7 inci dan rasio layar 19:9, serta resolusi FHD+. Sementara untuk Pixel 4 XL, terdapat layar OLED 6,3 inci dengan resolusi QhD+.

Fitur terbaik dari layar ini adalah reasio refreshnya yang 90Hz. Hal ini akan membuat sensasi scrolling atau menonton konten yang ditampilkan di layar akan makin mulus.

2 dari 6 halaman

Fitur Motion Sense

Salah satu fitur besar yang diperkenalkan di Pixel 4 Series adalah Motion Sense. Ini adalah fitur untuk megontrol deretan aspek di perangkat Anda hanya dengan gesture.

Motion Sense memanfaatkan sebuah sensor bernama radar Soli yang disematkan di bezel bagian atas. Sensor ini membuat Anda bisa berinteraksi dengan smartphone, hanya dengan melambai ke sensor ini, dan diklaim dapat melacak gerakan bahkan dalam milimeter di kecepatan yang tinggi, dengan akurasi yang juga tinggi.

Motion Sense ini juga dapat digunakan di kondisi gelap, karena radar ini menggunakan gelombang elektromagnetik sehingga cahaya sekitar tak berpengaruh kepada performanya.

Dengan Motion Sense, Anda bisa dengan mudah ganti lagu, menurunkan volume, dan masih banyak kegunaan lain, hanya dengan gestur tanpa menyentuh perangkat Anda.

3 dari 6 halaman

Performa

Soal dapur pacu, Pixel 4 Series mengusung Snapdragon 855 dipadu RAM 6GB. Prosesor ini sama dengan Pixel 3 tahun lalu, namun lebih baik di sektor RAM.

Soal baterai, Pixel 4 hanya mengusung baterai 2.800mAh, sementara Pixel 4 XL mengusung 3.700mAh. Keduanya mengusung fast charging dan ada charger 18W dalam kotak. Wireless charging pun juga terdukung di perangkat ini.

4 dari 6 halaman

Interface dan Fitur

Seperti biasa, Pixel 4 Series langsung mengusung Android 10. Namun fitur yang akan paling banyak digunakan, mengingat fingerprint sensor sudah dibuang dari Pixel 4 Series, adalah 3D Face Unlock yang punya kemampuan serupa dengan Face ID milik Apple.

3D Face Unlock ini memanfaatkan juga radar Soli, yang dapat mengenali wajah Anda bahkan sebelum membuka kunci perangkat. Jadi, ini adalah opsi biometrikasi yang paling cepat dan paling aman saat ini.

5 dari 6 halaman

Kamera

Perangkat Pixel, sejak generasi pertamanya, selalu mengandalkan kamera dan kualitas gambar. Pixel 4 Series pun demikian.

Hal ini dibuktikan dari kamera sekunder berupa telefoto yang disematkan Google di smartphone ini, meninggalkan konfigurasi satu kamera yang diusungnya sampai tahun lalu.

Terdapat kamera 12,2MP dengan bukaan f1.7 dipadu dengan telefoto 16MP dengan bukaan f2.4. Kedua sensor ini dipadu dengan stabilisasi opikal dan juga elektronik, dan juga Dual Pixel autofokus.

Terdapat pula fitur Super-res zoom yang ada di kamera telefoto. Fitur yang dapat digunakan melakukan zoom tanpa kehilangan detil.

Fitur Night Mode kembali hadir, bahkan kini bisa digunakan untuk mengambil gambar astrofotografi level pemula.

Soal software kamera, Pixel 4 Series muncul dengan pembelajaran mesin yang mampu memberi Anda preview gambar HDR+ sebelum Anda memotret.

Anda juga bisa mengatur kecerahan, serta shadows dan highlight, juga sebelum memotret. Hal ini bisa menolong Anda mengambil foto yang sulit seperti kala siang hari di outdoor, atau di sunset untuk menghindari siluet.

Dengan adanya kamera telefoto pula, kemampuan portrait mode dari Pixel 4 jadi makin baik dari sebelumnya, meskipun di Pixel 3 portrait mode perangkat ini disebut yang paling terbaik.

6 dari 6 halaman
Topik berita Terkait:
  1. Google Pixel
  2. Smartphone
  3. Android 10
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini