Solusi Grab Dukung Digitalisasi Jutaan UMKM Selama Pandemi dengan #TerusUsaha

Jumat, 23 Oktober 2020 13:20 Reporter : Wuri
Solusi Grab Dukung Digitalisasi Jutaan UMKM Selama Pandemi dengan #TerusUsaha Dukung Digitalisasi UMKM Selama Pandemi, Grab Gelar TerusUsaha di 14 Kota. ©Grab Indonesia

Merdeka.com - Pandemi memang membawa berbagai dampak di sektor ekonomi. UMKM menjadi salah satu yang paling merasakan dampaknya, sehingga digitalisasi perlu terus dilakukan demi bisa survive di situasi serba tidak pasti seperti sekarang ini. Grab sebagai aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara menjadi salah satu pihak yang ikut mendorong digitalisasi UMKM di tanah air. Setelah sukses mendukung 350 ribu UMKM baru dalam aplikasi Grab, kini Grab melakukan berbagai inisiatif baru seperti gelaran #TerusUsaha di tengah pandemi.

Terus Berikan Dukungan untuk UMKM

dukung digitalisasi umkm selama pandemi grab gelar terususaha di 14 kota

©Grab Indonesia

Terhitung mulai 26 hingga 28 Oktober Grab menggelar online bazar #TerusUsaha yang akan menjadi media promosi khusus bagi 52 ribu mitra UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress, dan GrabKios di 14 kota, termasuk di Jakarta, Medan, Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Nantinya Grab juga akan memperkenalkan fitur Ad Manager yang bisa digunakan di aplikasi GrabMerchant. Ini merupakan layanan pembuatan iklan mandiri yang memberikan kemudahan bagi mitra merchant GrabFood untuk mengatur iklan pada produk mereka.

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia kembali menekankan komitmen Grab untuk UMKM Indonesia.

“Sejak pandemi datang, Grab terus berinovasi untuk membantu lebih banyak UMKM bisa beradaptasi agar ketahanan ekonomi juga dapat terjaga, melalui program #TerusUsaha. Sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital, Grab telah menghadirkan puluhan solusi digitalisasi yang bekerja sama dengan 30 pemerintah pusat dan daerah yang mendapat respon positif dari berbagai pihak. Hari ini kami bangga bisa meluncurkan 3 solusi baru untuk terus membantu UMKM beradaptasi dan dapat memasarkan produk mereka dengan lebih efektif dan mudah. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia saling dukung agar kita semua bisa #TerusUsaha dalam berbagai situasi,” jelasnya.

Inisiatif dari Grab ini pun mendapatkan dukungan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki.

“Kami sangat mengapresiasi upaya-upaya yang telah dan terus dilakukan oleh Grab Indonesia, dengan komitmennya dalam mendukung percepatan transformasi digital para UMKM. Dukungan bagi UMKM agar dapat bertahan dan terus berkembang di masa pandemi seperti saat ini harus diberikan secara berkesinambungan. Peran berbagai pihak termasuk pihak swasta sangatlah dibutuhkan guna memberikan platform yang dapat dimanfaatkan oleh jutaan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia agar kita bisa memastikan keberlangsungan bisnis mereka yang tentunya berimplikasi terhadap perputaran ekonomi Indonesia. Kami harap Grab bisa menjadi batu loncatan bagi pelaku UMKM agar lebih cepat dikenal orang dan bisnis mereka bisa naik kelas dalam era ekonomi digital,” paparnya.

3 Solusi Baru untuk Bantu UMKM #TerusUsaha

Dukungan dari Grab untuk membantu para pelaku UMKM di tanah air ini ditunjukkan lewat 3 solusi baru yang dihadirkan. Pertama, Grab menggelar Bazar #TerusUsaha yang menjadi promosi khusus untuk 52 ribu mitra merchant UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress, dan GrabKios di 14 kota di Indonesia. Bazar ini diselenggarakan lewat banner digital di aplikasi Grab dan portal www.grabfood.id yang berisi beragam promosi dan promo menarik. Dengan kode promo TERUSUSAHA, pelanggan bisa menikmati potongan 50% untuk GrabFood, 20% GrabMart, dan 90% potongan harga pengiriman GrabExpress.

dukung digitalisasi umkm selama pandemi grab gelar terususaha di 14 kota

©Grab Indonesia

Kedua, hadirnya GrabAds Ad Manager menjadi solusi para merchant dalam mengelola iklan untuk ditampilkan dalam aplikasi Grab dalam waktu 3 menit saja! Tanpa harus menyewa desainer, serangkaian fitur yang tersedia memudahkan para merchant dengan 3 langkah. Mulai dari pilih tipe iklan, pilih target pengguna, dan anggaran serta periode pemasangan iklan. Dengan harga terjangkau yaitu Rp 57ribu per hari, iklan yang dikelola mitra hanya ditampilkan dalam radius pengantaran, jadi lebih efektif.

Ketiga, Grab juga menghadirkan Komunitas dan Kelas Khusus UMKM yang memudahkan kamu transfer ilmu dengan pakar. Misalnya Klub Juragan GrabExpress yang bisa digunakan para social sellers dalam berkomunikasi, akun Instagram @GrabMerchantID untuk mitra dan calon mitra merchant untuk mendapatkan tips digitalisasi bisnis. Ada juga 1001 Tips #TerusUsaha untuk berbagai tips pengelolaan media sosial, fotografi, dan tips bermanfaat lainnya untuk UMKM.

Penghargaan #TerusUsaha Grab

dukung digitalisasi umkm selama pandemi grab gelar terususaha di 14 kota

©Grab Indonesia

Selain memberikan dukungan dan fasilitas, Grab juga memberikan apresiasi bagi 4 UMKM lokal yang #TerusUsaha di tengah pandemi sekaligus mampu memberikan perubahan positif untuk komunitas. Keempat UMKM ini adalah Sweet Sundae Ice Cream yang memenangkan Inspirasi Pemberdayaan Komunitas dengan komitmennya memberikan penghasilan yang lebih baik untuk peternak sapi pera di Yogyakarta. Ada juga Warung Vanessa Cell di Salatiga yang memenangkan Inspirasi Karya Tak Kenal Usia. Pemiliknya adalah Cahyo yang mendirikan toko kelontong dan kini bisa mandiri serta membantu warga sekitarnya terdigitalisasi secara finansial dengan layanan GrabKios.

Sementara itu, Demibumi memenangkan Inspirasi Peduli Lingkungan dengan misi membantu edukasi tentang pentingnya mengurangi pemakaian plastik. Terakhir, UMKM Aus.Kah di Balikpapan memenangkan Inspirasi UMKM Pendatang Baru dimana sang pemilik bisnis memulai usahanya di tengah pandemi dengan modal keahlian meracik minuman yang dilihat di Youtube.

Neneng pun memberikan harapannya bahwa segala upaya dan inisiatif yang diberikan oleh Grab mampu memberikan dampak pada pemulihan ekonomi, meningkatkan daya saing serta ketangguhan UMKM di Indonesia. [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial
  3. Grab

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini