BRISat hadir, timpangnya layanan perbankan di desa dan kota berakhir

Jumat, 24 Juni 2016 09:00 Reporter : Indra Cahya
BRISat hadir, timpangnya layanan perbankan di desa dan kota berakhir Layanan BRI hingga ke pelosok. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketiadaan fasilitas perbankan yang memadai kerap dialami oleh masyarakat yang bertempat tinggal di desa. Akses dan sulitnya jangkauan wilayah menimbulkan ketimpangan pelayanan perbankan yang tidak berimbang antara pelosok dan kota. Padahal apabila ditelisik secara lebih mendalam, harusnya dua tipe masyarakat ini dapat saling bersinergi dalam mendukung roda perekonomian.

Sebagai contoh, penduduk yang tinggal di daerah pelosok acap kali harus menempuh berkilo meter untuk melakukan transaksi perbankan. Kendati era digital telah menghadirkan fitur mobile banking, tak semua individu pedalaman mafhum mengenai tata cara pemanfaatannya.

Pada dasarnya mempersatukan nusantara dalam satu layanan perbankan bukanlah perihal mustahil. Ini dibuktikan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk lebih serius meningkatkan pelayanan bagi nasabah dengan jangkauan dan akses yang lebih luas. Salah satunya melalui peluncuran BRI Satellite atau BRIsat.

Kehadiran satelit komunikasi pertama di dunia yang dimiliki sekaligus dioperasikan sendiri oleh bank ini, diharapkan dapat memutus ketimpangan layanan perbankan di desa dan kota. Dengan bantuan BRIsat yang telah diluncurkan tangal 19 Juni 2016 waktu Indonesia ini, BRI menjadi punya kapasitas lebih untuk memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan.

Bukan itu saja, manfaat bagi operasional BRI sendiri akan turut berkontribusi lebih besar dalam menyukseskan program inklusi keuangan. Merujuk pada data sensus penduduk yang dilakukan oleh badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2015, jumlah penduduk Indonesia telah mencapai 250 juta orang. Namun, hanya 60 juta jiwa yang tercatat mempunyai rekening bank. Dari data ini, potensi BRIsat dalam meningkatkan kesadaran perbankan di Indonesia dinilai cukup besar.

Lewat bantuan BRIsat pula, BRI kian mampu menciptakan masyarakat yang semakin terhubung. Koneksi antara ide dengan modal, antara sumber daya dan akses pasar. Koneksi akan menciptakan pemerataan kesempatan dan layanan hingga ke seluruh negeri. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Satelit BRI
  2. Satelit Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini