Begini Hasil Survei Facebook Kepada Pengguna saat Ramadan

Rabu, 12 Juni 2019 13:06 Reporter : Merdeka
Begini Hasil Survei Facebook Kepada Pengguna saat Ramadan Ilustrasi Facebook. ©2013 Merdeka.com/sexyli.com

Merdeka.com - Teknologi kini memudahkan berbagai hal, termasuk dalam beribadah dan menjalankan tradisi. Hasil survei Facebook menunjukkan bahwa 83 persen responden setuju bahwa smartphone membantu mereka untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadan.

Berdasarkan keterangan resmi Facebook, Rabu (12/6), mayoritas responden (93 persen) sepakat bahwa perangkat mobile membantu mereka untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga selama bulan suci.

Selain itu, 89 persen responden sepakat, tetap terhubung dengan banyak orang sangat penting agar mereka dapat menerima informasi terkini selama Ramadan.

Dalam riset kuantitatif online di berbagai negara, termasuk Indonesia, Facebook bermaksud ingin memahami bagaimana orang merayakan Ramadan dan perubahan aktivitas harian mereka.

Riset ini dilakukan oleh Facebook dengan menunjuk Kantar, dan berlangsung pada April 2019, melibatkan 951 responden dari Indonesia.

Hasilnya, mayoritas responden dari Indonesia (98 persen) setuju bahwa Ramadan adalah momen yang lebih penting dibandingkan perayaan lainnya. Selain itu, 96 persen responden berpendapat, Ramadan adalah waktu untuk introspeksi diri dan berkumpul bersama komunitas.

Sejalan dengan fokus dalam hal spiritualitas, survei menunjukkan bahwa Ramadan juga memiliki sisi sosial yang penting.

Pasalnya, 93 persen responden setuju Ramadan merupakan momen untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Hal ini terlihat dari cara masyarakat Indonesia menggunakan media sosial selama Ramadan.

Menurut hasil riset, 96 persen dari masyarakat Indonesia mengatakan, mereka mengandalkan Facebook Family of Apps selama Ramadan.

Dari aplikasi-aplikasi milik Facebook, 85 persen responden mengatakan WhatsApp merupakan media sosial favorit mereka.

Alasan masyarakat Indonesia menggunakan aplikasi-aplikasi milik Facebook adalah untuk terhubung dengan kerabat dan keluarga.

Alasan lainnya adalah untuk mencari berbagai konten terkait Ramadan, mulai dari bergabung bersama grup doa di WhatsApp hingga berbagi kutipan religi dan khotbah melalui Facebook Messenger.

Tidak hanya itu, 63 persen responden menyebut, Facebook dan Instagram dipakai untuk mencari pakaian dan busana. Sementara 45 persen berwisata dengan bantuan Facebook dan Instagram untuk merencanakan perjalanan.

Hasil riset Facebook menyebutkan, konsumen Muslim sangat terbuka untuk berkomunikasi dengan merek melalui Facebook Family of Apps.

Berdasarkan survei, 58 persen memilih Whatsapp sebagai saluran komunikasi, di mana 50 persen dari mereka terbuka untuk berkomunikasi melalui Instagram, dan 41 persen terbuka untuk dijangkau melalui Facebook.

"Inti dari momen Ramadan adalah waktu untuk meningkatkan elemen spiritualitas dan banyak masyarakat Indonesia yang saling terhubung dengan teknologi untuk mendukung ibadah mereka selama bulan suci ini," kata juru bicara Facebook.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Agustin Setyo Wardani [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Facebook
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini