9 Alasan kamu harus beli smartphone baru di 2018

Minggu, 17 Desember 2017 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
9 Alasan kamu harus beli smartphone baru di 2018 ilustrasi Smartphone. ©2017 mashable.com

Merdeka.com - Apakah smartphone Anda sekarang sudah mulai usang? Smartphone keluaran lama? Lemot? Memori full? kamera kurang mendukung? Tenang.

Di tahun tahun 2018, kamu sebaiknya membeli smartphone baru. Kalau bisa, belilah yang keluaran terbaru. Karena smartphone baru di tahun 2018 memiliki kemampuan yang super canggih. Tidak hanya melulu tentang kamera dan layar saja. Namun lebih kompleks lagi. Hal ini didukung oleh adanya chip Qualcomm Snapdragon 845 generasi terbaru yang lebih cepat, lebih gila, lebih segalanya. Bahkan bisa dikatakan sebagai prosesor tercepat dan tercanggih saat ini.

Nah, smartphone terbaru di tahun 2018 yang menggunakan jasa dari Snapdargon 845 jelas adalah smartphone unggulan. Lantas apa efek dari penggunaan chipset tersebut? Ini yang akan kita bahas. Berikut ini adalah adalah dampak dari smartphone yang menggunakan dukungan Snapdragon 845. Ini juga yang menjadi alasan mengapa Anda harus beli smartphone baru di 2018. Simak ulasannya!

1 dari 9 halaman

Grafik 30 persen lebih ciamik

efek penggunaan Snapdragon 845. ©2017 mashable.com

Satu hal yang bisa Anda andalkan dengan chip baru adalah performa yang lebih cepat. Muncul dengan grafis Adreno 630 baru, maka Qualcomm mengklaim bahwa hal itu akan memperbaiki kinerja grafis dan rendering video hingga 30 persen.

Dalam penggunaan dunia nyata, segala hal mulai dari bermain game 3D dengan framemate yang lebih tinggu utnuk menonton video HDR 4K ke AR/VR mobile akan membuat pengalaman yang menarik bagi Anda.

2 dari 9 halaman

Baterai lebih tahan lama

efek penggunaan Snapdragon 845. ©2017 mashable.com

Grafik meningkat 30 persen biasanya akan berakhir dengan penggunaan baterai yang lebih besar. Tapi itu tidak berlaku untuk Snapdragon 845. Bahkan lebih irit 30 persen dibanding chipset pendahulunya, Snapdragon 835.

Artinya, konsumsi daya akan lebih rendah saat prosesor bekerja pada sebuah game atau panggilan telepon. Bahkan untuk game 3D dan VR mobile sekalipun.

3 dari 9 halaman

LTE dan Wi-Fi lebih cepat

ilustrasi Wi-Fi. ©2017 cnet.com

Dengan menggunakan chip Snapdragon 845 maka kecepatan download data akan meningkat bahkan hingga 20 persen. LTE X20 terbaru juga akan membuat peningkatan jika dibandingkan dengan model LTE X16. Baik untuk penggunaan puncak maupun penggunaan di dunia nyata. Untuk mencapai puncak, perangkat akan melihat langsung download maksimal 1,2Gbps pada jaringan yang didukung.

Jaringan Wi-Fi baru yang menggunakan 802.11d juga akan memperlihatkan peningkatan kecepatan yang signifikan.

4 dari 9 halaman

Prosesor makin cepat

Qualcomm Snapdragon 845. ©2017 Business Today

Ada prosesor digital hexagon 685 (DSP) yang terpasang pada chip Snapdragon yang mana itu tiga kali lebih cepat dari pada Snapdragon 835. DSP yang disempurnakan akan terhubung ke smua sensor smartphone sehingga mampu menyelesaikan tugas kompleks yang lebih cepat seperti pengenalan objek.

Kedengarannya membosankan sih. Tapi jika Anda peka maka Anda akan bisa membedakan apa saja yang akan terjadi nanti.

5 dari 9 halaman

Peningkatan wireless audio

efek penggunaan Snapdragon 845. ©2017 mashable.com

Jangan pernah diremehkan. Audio bluetooth telah meningkat pesat sejak beberapa tahun lalu. Dan ini masih bisa lebih pesat lagi kemajuannya. Dengan TrueWireless Bluetooth milik Qualcomm, peningkatan pada protokol wireless akan mengurangi konsumsi daya baterai sampai 50 persen! Sekaligus meningkatkan kualitas audio. Keren, kan?

Ini tidak seperti implementasi 5.0 sekarang, TrueWireless akan menyederhanakan semuanya dengan streaming langsung dari perankat kedua earbud wireless. Ini berarti audio nirkabel bakal terdengar lebih baik.

6 dari 9 halaman

Lebih aman dari peretasan

ilustrasi hacker. ©2017 winpoin.com

Untuk pertama kalinya, pada chip Qualcomm ada 'Secure Processing Unit' (SPU) khusus yang bekerja seperti Apple's Secure Enclave. Yang mana utnuk melindungi smartphone dari aksi hacker. Semua data biometrik Anda berupa sidik jari disimpan di dalam SPU, terpisah dari penyimpanan internal Smartphone. Informasi sensitif lainnya seperti data SIM dan  nomor pembayaran mobile akan disimpan di SPU juga. Lebih aman tentunya.

7 dari 9 halaman

Kamera lebih tajam

Fotografi smartphone. © the verge.com

Kamera smartphone saat ini lebih dari sekadar sensornya. Image Signal Processor (ISP) perlu dapat memecahkan kode informasi cahaya yang diterima dan kemudian memrosesnya dengan tepat untuk menghasilkan gambar yang bagus dan ketajaman yang luar biasa. Tidak lupa meminimalisir noise pada hasil foto.

Nah, Chip Qualcomm Snapdragon 845 ini memiliki Spectra 280 ISP terbaru yang akan memroses foto hingga 16MP untuk reproduksi warna yang lebih baik dan ketajaman.

8 dari 9 halaman

Perekaman video HDR

efek penggunaan Snapdragon 845. ©2017 mashable.com

Chip Snapdragon 835 memiliki dukungan asli utnuk tampilan High Dinamic Range (HDR) sebenarnya dengan display HDR-ready. Akan tetapi utnuk chipset Snapdragon 845 baru ini akan lebih membuat Anda merekam video dengan semua rentang dinamis ekstra. Kontras yang lebih tiggi, dan ketajaman yang meningkat dengan adanya format baru ini.

Smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 ini nantinya akan mampu merekam video bersolusi 4K di HDR hingga 60 fps.

9 dari 9 halaman

Slowmotion capture

ilustrasi slowmotion. ©2017 mymodernmet.com

Merekam video gerak lambat adalah sebuah terobosan yang menarik. Dan kebanyakan smartphone didukung beberapa framerate yang cukup bagus yang membantu 'membekukan aksi' pada 120 dan 240 fps. Tapi di smarpthone yang menggunakan Qualcom Snapdragon 845 akan semakin lambat lagi.

Pada resolusi HD 720p, empat kali lipat framerate yang akan membuat video slowmotion jauh lebih dramatis. Ya, kita berbicara tentang 480 fps! [ega]

Baca juga:
Samsung Galaxy S9 dan S9+ bakal rilis di akhir Februari 2018?
Brand Motorola diklaim mulai populer
Sebagai smartphone multimedia premium, LG V30+ akan dijual Rp 10 jutaan
Beginilah gambaran wujud smartphone lipat Samsung

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Qualcomm
  3. Gadget
  4. Top List
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini