5 Cara Menghapus Data Diri di Internet 

Kamis, 6 Oktober 2022 05:49 Reporter : Merdeka
5 Cara Menghapus Data Diri di Internet  ilustrasi internet. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Syda Productions

Merdeka.com - Selama menggunakan Internet, kita mungkin sering mendaftarkan data diri demi bisa mengakses sejumlah situs. Hal ini secara tidak langsung membuat kita juga menebar data di mana-mana.

Dilansir dari CNET, Rabu (5/10), banyaknya data yang beredar akan mempengaruhi sejauh mana jejak digital kita akan ditemui. Tentu kurang nyaman membiarkan masa lalu dan data pribadi kita terbuka untuk umum, lantas, apakah data diri tersebut bisa dihapus dari Internet?

Data diri di Internet mungkin tidak akan sepenuhnya terhapus. Namun, kamu bisa ikuti tips menghapus data diri di Internet berikut ini:

1. Hapus atau nonaktifkan akun
Coba ingat-ingat di aplikasi mana saja data dirimu terdaftar, misalnya apakah kamu masih memiliki akun di situs lama seperti Tumblr dan MySpace? Kamu bisa mulai menghapus atau menonaktifkan beberapa akun yang sudah tidak terpakai.

Untuk menghapus akun tersebut, bukalah pengaturan akun dan cari opsi untuk menonaktifkan, menghapus, atau menutup akunmu. Kamu juga bisa browsing tentang ‘Cara Menghapus’ diikuti dengan nama situs atau aplikasi yang ingin dihapus.

2. Hapus data dari situs pengumpulan data
Situs pengumpul data atau data broker seperti Spokeo, Whitepages.com, dan PeopleFinder mengumpulkan data dari semua yang kamu lakukan secara online dan menjual data itu ke pihak yang berkepentingan, biasanya untuk mengiklankan dan menjual barang kepada calon pelanggan secara lebih spesifik.

Selain dapat menangani setiap situs satu per satu untuk menghapus data dan mengikuti prosedur yang cukup kompleks, kamu juga bisa menggunakan layanan seperti DeleteMe seharga 129 dolar per tahun sebagai opsi yang lebih instan.

3. Hapus langsung dari situs web
Jika kamu ingin menghapus postinganmu di forum atau blog lama, hubungi webmaster situs tersebut melalui kontak yang biasanya tertera atau kunjungi whois.com dan cari nama domain yang ingin dihubungi. Namun, operator web tidak berkewajiban menghapus datamu, jadi akan ada kemungkinan datamu tidak akan mereka hapus.

2 dari 2 halaman

4. Ajukan bantuan ke Google

Jika kamu menyadari informasi sensitifmu seperti nomor Jaminan Sosial atau rekening bank tersebar dan webmaster situs tersebut tak kunjung menghapusnya, kamu bisa mengirimkan permintaan penghapusan ke Google melalui situs support.google.com.

Selain itu, apabila kamu menemukan data diri lama masih beredar pada suatu situs di hasil pencarian namamu, kamu bisa kirim URL situs tersebut ke Google untuk memperbarui servernya atau menghapus hasil pencarian.

Proses penghapusan bisa memakan waktu dan tidak ada jaminan akan berhasil, tetapi kamu tetap perlu mencobanya.

5. Hapus email
Terdapat banyak informasi diri dalam email dan kamu bisa menghapus atau menutup akun jika ingin datamu benar-benar terhapus dari Internet. Beberapa akun akan tetap terbuka untuk jangka waktu tertentu, memberimu kesempatan apabila ingin mengaktifkannya kembali.

Itu dia 5 tips menghapus data diri di Internet. Kamu perlu bersabar saat menjalani proses yang ada dan jangan berharap untuk menyelesaikannya dalam satu hari. Kamu mungkin juga harus menerima bahwa ada beberapa hal yang tidak dapat dihapus secara permanen dari Internet.

Reporter Magang: Dinda Khansa Berlian

[faz]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini