3 Impian yang Akan Terjadi Jika Koneksi 5G Sudah Masuk Indonesia

Sabtu, 20 Februari 2021 11:30 Reporter : Indra Cahya
3 Impian yang Akan Terjadi Jika Koneksi 5G Sudah Masuk Indonesia Fakta tentang jaringan 5G. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat ini, kita masih menikmati teknologi telekomunikasii seluler berupa 4G. Teknologi ini sebenarnya sudah dikembangkan lebih jauh menjadi 5G di banyak negara. Bahkan beberapa smartphone berbasis 5G sudah masuk ke Indonesia.

Dari apa yang sudah banyak kita lihat di luar negeri, 5G membawa banyak perubahan dalam perilaku teknologi dalam hidup kita. Kebutuhan kita dalam mengonsumsi internet makin tercukupi dengan baik, terutama di sektor gaming online, komunikasi berbasis audio visual, serta streaming video dan konten interaktif.

Bagaimana tidak, koneksi 5G memang menawarkan kecepatan unduh dan unggah yang jauh lebih cepat dari yang ditawarkan 4G. Sebagai contoh, Kecepatan unduh 4G di Amerika Serikat rata-rata 19,42 Mbps. Menurut OpenSignal, 5G tidak lagi berbicara megabit, namun gigabit. Modem 5G besutan Qualcomm, Snapdragon X50, mampu mengunduh hingga kecepatan 5GB per detik. Kecepatan ini 257 kali lebih cepat ketimbang jaringan 4G di Amerika Serikat.

Selain itu, kapasitas jaringan juga naik drastis. Jaringan 4G sendiri hanya mendukung beberapa perangkat saja, sementara 5G bisa menampung satu juta perangkat per kilometer persegi. Belum lagi berbicara soal latensi yang hampir tidak ada.

Nah, berikut deretan hal menarik yang akan terjadi jika teknologi 5G telah datang. Berikut ulasannya!

Baca Selanjutnya: Manusia Terkoneksi Real Time...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Telco
  3. 5G
  4. Smartphone
  5. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini