3 Aspek finansial yang harus dikuasai kalau ingin bikin startup!

Senin, 20 Februari 2017 15:32 Reporter : Indra Cahya
3 Aspek finansial yang harus dikuasai kalau ingin bikin startup! Ilustrasi startup. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Anda tertarik bisnis startup? Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan. Mengutip perkataan Filbert Tsai dalam tulisannya di Tech in Asia, kinerja adalah tubuh dari bisnis Anda, strategi adalah otaknya, dan finansial adalah nyawa.

Tentu banyak orang yang sudah sangat mahir dalam kinerja dan strategi. Namun keadaan finansial yang membuat startup ini akhirnya mundur.

Pada akhirnya, akuntansi dan finansial adalah hal yang paling penting dalam bisnis untuk para entrepreneur. Dalam hal ini, implikasi finansial adalah hal yang akan paling keras menggoyang bisnis Anda, jadi ini harus dipikirkan dari awal, bahkan sebelum terjun.

Apa saja berbagai aspek tersebut? Berikut ulasannya.

1. Ramalan finansial

Ini adalah hal yang cukup penting dalam menjalankan startup, di mana kita berasumsi tentang bagaimana jalannya startup tersebut berdasarkan berbagai kasus. Hal ini diperlukan analisa yang mendalam, dan kepekaan terhadap perubahan yang tinggi.

Berbagai rencana yang dijalankan harus dievaluasi dalam waktu berkala, baik atau tidak dalam sisi finansial. Itulah mengapa kita harus pandai meramal, karena yang kita lakukan sebelum ada evaluasi berkala sebenarnya adalah 'gambling.' Berbagai asumsi Anda terhadap bagaimana laju startup Anda, harus diimbangi dengan pemasukan dan pengeluaran, saldo, dan kesadaran masyarakat terhadap merek Anda.

2. Budget

Tak semua orang adalah orang yang jago akuntansi atau pintar alami secara finansial. Oleh karena itu, jika Anda termasuk di antara orang-orang tersebut, Anda harus jadi orang yang punya 'budget' untuk kas pengeluaran apapun di awal, jauh sebelum Anda mengembangkan startup Anda.

Jadi jangan terpaku untuk melebarkan sayap lebih dahulu, sisihkan uang Anda untuk lebih cermat memenuhi kebutuhan keuangan apapun di awal, hal semacam ini tak menyandung Anda di tengah berkembangnya startup Anda.

3. Rencana bisnis

Meski Anda akan menghiraukan aspek finansial yang telah disebut di atas, memang tidak apa-apa. Tapi paling tidak, milikilah rencana bisnis yang matang. Rencana yang matang akan membuat faktor finansial bisnis Anda sedikit lebih teratur.

Jika keadaan finansial sudah mulai membaik, ada baiknya untuk menelepon teman Anda yang merupakan akuntan, untuk memberi Anda input tentang strategi bisnis Anda, dan apa yang harus Anda perhatikan dalam hal finansial. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Digital Startup
  2. Top List
  3. Tips Keuangan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini