Peristiwa 29 Mei: Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional, Ini Sejarahnya

Minggu, 29 Mei 2022 05:00 Reporter : Ani Mardatila
Peristiwa 29 Mei: Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional, Ini Sejarahnya Antrean Peserta Vaksin Lansia. ©2021 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional. Pada hari tersebut dirayakan sebagai bentuk penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Peringatan ini tercetus karena mengingat peran para tetua pada masa silam dalam merebut kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada tahun 1945.

Lantas siapa yang pertama kali menggagas Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei, dan bagaimana perayaan serta temanya tahun ini? Berikut merdeka.com merangkumnya di bawah ini:

2 dari 3 halaman

Sejarah Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 29 Mei digagas pertama kali pada  29 Mei 1996 di Semarang oleh Presiden Republik Indonesia masa itu.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional terinspirasi dari perjuangan Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945, sebagai anggota paling sepuh (tertua), yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia.

Tahun 2021, Negara menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, di mana pemerintah memberikan perhatian khusus kepada Lanjut Usia.

Mandat Peraturan Presiden tersebut ditujukan kepada kementerian/lembaga untuk mewujudkan lanjut usia Sejahtera, Mandiri, dan Bermatabat. Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian dalam bentuk peringatan Hari Lanjut Usia Nasional seperti yang disadur dari laman resmi Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Tema Perayaan Hari Lanjut Usia 2022

Tema perayaan Hari Lanjut Usia 2022 yaitu "Lansia Sehat, Indonesia Kuat". Acara puncak dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat pada Minggu, 29 Mei 2022.

Ada berbagai agenda yang dilaksanakan di antaranya yaitu operasi katarak gratis untuk lebih dari 300 lansia di Rumah Sakit SMC Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu adapula perekaman E-KTP di 39 titik untuk lansia, serta kegiatan donor darah.

3 dari 3 halaman

Peringatan Lain pada 29 Mei 2022

Di samping peringatan Hari Lanjut Usia Nasional, ada pula peringatan internasional pada 29 Mei yaitu Hari Pasukan Perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa.

International Day of United Nations Peacekeepers 2022

Personel sipil dan berseragam dalam misi penjaga perdamaian mendukung gencatan senjata, mencegah dan menanggapi kekerasan, menyelidiki pelanggaran dan pelanggaran hak asasi manusia, dan membantu membangun perdamaian, pemulihan, dan pembangunan di banyak negara yang terkena dampak konflik. Tidak ada keraguan bahwa kehidupan diselamatkan dan diubah oleh kehadiran mereka. 

Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB pada tanggal 29 Mei adalah kesempatan untuk menghargai jasa dan pengorbanan lebih dari satu juta personel yang telah bertugas di bawah bendera biru sejak 1948. Ini juga merupakan kesempatan untuk menghormati memori lebih dari 4.000 penjaga perdamaian. yang kehilangan nyawa demi perdamaian.

Tahun ini, PBB akan menandai acara tersebut dengan tema, Kemajuan Perdamaian Rakyat: Kekuatan Kemitraan (People Peace Progress: The Power of Partnerships).

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini