Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022, Ini Sejarahnya

Minggu, 2 Oktober 2022 06:00 Reporter : Ani Mardatila
Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022, Ini Sejarahnya 12 Jenis-Jenis Batik di Indonesia, Kenali Ciri Khas dan Filosofinya. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Batik dikenal sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia. Batik adalah kerajinan berupa motif yang ada sejak zaman dulu di Indonesia. Motif batik ini beraneka ragam mulai dari motif hewan, bunga, manusia, geometris, dan masih banyak lainnya.

Batik Indonesia, mencakup keseluruhan teknik, teknologi, pengembangan motif dan budaya yang terkait, telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Oleh sebab itu memperingati dan mengingat batik sangat penting untuk menjaga kekayaan budaya Indonesia. Berikut merdeka.com merangkum peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022 beserta sejarahnya:

2 dari 3 halaman

Mengenal Batik

Batik diambil dari kata "amba titik", yang dalam bahasa Jawa artinya 'menulis titik', dengan tujuan menghias kain. Untuk menulis titik tersebut menggunakan canting, alat kecil yang terbuat dari tembaga dan gagang bambu atau kayu sebagai pegangannya.

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jumat (2/10/2020), batik Indonesia berkembang pada zaman Kerajaan Majapahit, Kerajaan Mataram di Pulau Jawa yaitu keraton Yogyakarta dan Solo dan meluas ke beberapa daerah seperti Banyumas, Cirebon dan Pekalongan.

Batik dianggap mencapai puncak ekspresi seninya di Jawa pada abad ke-19. Motif, pola, dan warna yang dapat dikenali sering kali menunjukkan keluarga, status sosial, dan asal geografis. Warna tradisional untuk batik Jawa Tengah dibuat dari bahan-bahan alami, dan terutama terdiri dari biru, cokelat, krem, dan hitam. 

Beberapa desain termasuk Kawung, atau lingkaran berpotongan, Ceplok, desain geometris, Parang, atau "pola pisau", dan Pradakain batik yang berhiaskan daun emas atau serbuk emas. Motif-motif ini terinspirasi dari pengaruh Jepang, India, Cina, dan Belanda, yang menghasilkan kekayaan warna dan motif. 

Seni batik kemudian menyebar ke seluruh kepulauan Indonesia, dan kemudian ke Semenanjung Malaya. Karena popularitasnya, lebih banyak pusat produksi kemudian dibuat. Meskipun sebagian besar kain batik sekarang dihias dan dijahit dengan mesin, masih ada keinginan untuk tekstil tradisional yang berkualitas tinggi dan buatan tangan. 

Hari Batik Nasional Ditetapkan pada 2 Oktober

Perkembangan batik di Indonesia memuncak pada tanggal 2 Oktober 2009, ketika UNESCO menetapkan Batik Indonesia sebagai sebuah keseluruhan teknologi, simbolisme, dan budaya yang terkait dengan batik tersebut sebagai karya agung warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity) yaitu pengakuan internasional bahwa batik Indonesia adalah bagian kekayaan peradaban manusia.

Pengakuan batik oleh UNESCO atas warisan budaya dunia pada tahun 2009 lalu merupakan bentuk pengakuan strategis atas eksistensi batik dan nilai pentingnya bagi peradaban dan perkembangan kebudayaan.

Dengan pengakuan ini, diharapkan agar masyarakat dapat mempertahankan batik sebagai living tradition. Presiden Republik Indonesia, melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tanggal 17 November 2009, juga telah memutuskan bahwa setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Penerbitan Keppres Nomor 33 Tahun 2009 sebagai usaha pemerintah meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di forum internasional.

3 dari 3 halaman

Hari Penting lainnya Bulan Oktober

01 Oktober : Hari Kesaktian Pancasila

01 Oktober : Hari Habitat Dunia

01 Oktober : Hari Reduksi Risiko Bencana Dunia

01 Oktober : Hari Vegetarian Sedunia (Internasional)

01 Oktober : Hari Lanjut Usia (Internasional)

02 Oktober : Hari Batik Nasional dan Hari Batik Dunia

02 Oktober : Hari Tanpa Kekerasan Internasional

02 Oktober : Hari Hewan Ternak Sedunia

03 Oktober : Hari Arsitektur Dunia-World Architecture Day UIA

4 Oktober Hari Binatang se-Dunia

05 Oktober : Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)

05 Oktober : Hari Guru Sedunia (Internasional)

08 Oktober : Hari Tata Ruang Nasional

09 Oktober : Hari Pos Internasional

10 Oktober : Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (Internasional)

12 oktober: hari museum nasional

13 Oktober Hari Pengurangan Bencana Alam se-Dunia

13 Oktober:  No Bra Day

14 Oktober : Hari Penglihatan Dunia (Internasional)

15 Oktober : Hari Hak Asasi Binatang (Internasional)

15 Oktober Hari Mencuci Tangan se-Dunia

15 Oktober : Hari Wanita Pedesaan Sedunia

16 Oktober : Hari Pangan Sedunia (Internasional)

16 Oktober : Hari Parlemen Indonesia

17 Oktober : Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional

20 Oktober : Hari Osteoporosis Sedunia (Internasional)

20 Oktober : Hari statistik

24 Oktober : Hari Dokter Indonesia

24 Oktober : Hari Perserikatan Bangsa-bangsa (Internasional)

26 Oktober : Hari Kanker Payudara Sedunia

27 Oktober : Hari Blogger Nasional

27 Oktober : Hari Penerbangan Nasional

27 Oktober : Hari Listrik Nasional

28 Oktober : Hari Sumpah Pemuda

29 Oktober : Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI)

30 Oktober : Hari Keuangan

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini