Perbedaan Waktu Indonesia dan Korea yang Menarik Diketahui

Selasa, 25 Januari 2022 16:00 Reporter : Ani Mardatila
Perbedaan Waktu Indonesia dan Korea yang Menarik Diketahui Melihat Seoul dari Ketinggian. ©2020 REUTERS/Kim Hong-Ji

Merdeka.com - Orang-orang telah hidup di zona waktu yang berbeda untuk waktu yang lama, tetapi tidak selalu terorganisir seperti sekarang ini. Lebih dari satu abad yang lalu, kota-kota dan wilayah mengatur waktu mereka sendiri.

Satu orang akan memastikan jam kota resmi menunjukkan tengah hari ketika matahari paling tinggi di langit setiap hari. Kemudian, mereka akan berkeliling kota dan menyesuaikan jam orang lain untuk memastikan mereka cocok.

Namun seiring berkembangnya waktu, dan orang bisa terbang ke antar negara, perbedaan waktu menjadi hal yang cukup rumit dan banyak zona waktu menjadi sulit untuk diikuti.
Pada akhir 1800-an, sekelompok ilmuwan datang dengan sistem baru untuk zona waktu.

Mereka menyebutnya waktu standar. Untuk membangun peta zona waktu, mereka mempelajari pergerakan Bumi. Di waktu sekarang, telah ada kemudahan luar biasa, yakni internet. Dalam satu detik, kamu bisa mengetahui jam berapa suatu negara di waktu sekarang.

Misalnya saja kamu ingin mencari perbedaan waktu Indonesia dan Korea, maka kamu tinggal mencarinya di laman pencarian web browser dan akan tersuguhkan berbagai pilihan yang memberikan jawaban akurat.

Menariknya salah satu kata kunci yang cukup banyak dicari adalah perbedaan waktu Indonesia dan Korea? Mengapa demikian? Berikut perbedaan waktu Indonesia dan Korea dan mengapa cukup banyak dicari:

2 dari 3 halaman

Perbedaan Waktu Indonesia dan Korea

Indonesia adalah negara yang terletak di Asia Tenggara, sedangkan Korea Selatan maupun Korea Utara terletak di Asia Timur. Melihat letaknya yang berbeda tentu ada perbedaan waktu yang cukup signifikan.

Menurut berbagai laman resmi penunjuk waktu dunia, perbedaan waktu Indonesia dan Korea yaitu 2 jam. Jika di Indonesia, tepatnya di Jakarta pukul 12.00 siang, maka di Korea menunjukkan pukul 14.00 atau jam 2 siang.

Konversi waktu Jakarta- Seoul

12:00 AM Jakarta = 2:00 AM Seoul
1:00 AM Jakarta = 3:00 AM Seoul
2:00 AM Jakarta = 4:00 AM Seoul
3:00 AM Jakarta = 5:00 AM Seoul
4:00 AM Jakarta = 6:00 AM Seoul
5:00 AM Jakarta = 7:00 AM Seoul
6:00 AM Jakarta = 8:00 AM Seoul
7:00 AM Jakarta = 9:00 AM Seoul
8:00 AM Jakarta = 10:00 AM Seoul
9:00 AM Jakarta = 11:00 AM Seoul
10:00 AM Jakarta = 12:00 PM Seoul
11:00 AM Jakarta = 1:00 PM Seoul
12:00 PM Jakarta = 2:00 PM Seoul
1:00 PM Jakarta = 3:00 PM Seoul
2:00 PM Jakarta = 4:00 PM Seoul
3:00 PM Jakarta = 5:00 PM Seoul
4:00 PM Jakarta = 6:00 PM Seoul
5:00 PM Jakarta = 7:00 PM Seoul
6:00 PM Jakarta = 8:00 PM Seoul
7:00 PM Jakarta = 9:00 PM Seoul
8:00 PM Jakarta = 10:00 PM Seoul
9:00 PM Jakarta = 11:00 PM Seoul
10:00 PM Jakarta = 12:00 AM (hari berikutnya) Seoul
11:00 PM Jakarta = 1:00 AM (hari berikutnya) Seoul
3 dari 3 halaman

Budaya Pop Korea yang Membuat Pariwisata Korea Semakin Melejit

Perbedaan waktu Indonesia dan Korea ini ternyata cukup berpengaruh ke budaya anak muda zaman sekarang, terlebih yang menggemari KPop. Tak heran jika setelah menikmati budaya pop Korea, orang-orang di berbagai negara ingin mengunjungi negeri ginseng tersebut.

Musik pop Korea Selatan, yang biasa disebut sebagai 'K-Pop', telah menjadi fenomena dunia yang telah mendongkrak perekonomian Korea Selatan secara besar-besaran. Pertunjukan panggung langsung, video musik, dan musik itu sendiri dibuat dengan sangat cermat dan detail. 

Korean Wave, singkatnya hallyu, adalah arus besar musik, film, dan acara TV Korea Selatan ke dunia Barat. Hallyu telah membantu menghasilkan jumlah yang luar biasa bagi ekonomi Korea Selatan terutama dengan seberapa cepat pertumbuhannya, dan ini jelas telah menghilangkan tekanan pada ekonomi Korea Selatan karena krisis keuangan Asia tahun 1997.

'Parasite' menjadi film Korea Selatan dengan pendapatan kotor tertinggi pada tahun 2019, memperoleh $258 juta di seluruh dunia. 'Parasite' kemudian memenangkan empat Academy Awards termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Skenario Asli Terbaik. 

K-Drama, yaitu acara TV Korea Selatan, tersebar luas di layanan streaming seperti Netflix.  Beberapa K-Drama populer termasuk idola K-Pop memiliki karir akting yang cukup umum di samping karir mereka yang ada di musik.

Pariwisata dan budaya adalah area fokus utama dalam ekonomi Korea Selatan. Brand dan slogan 'I · SEOUL · U' dikembangkan sebagai bentuk daya tarik pariwisata Seoul. 

Ia bekerja dengan banyak merek dan bisnis lain untuk menciptakan buzz, kegembiraan untuk menjelajahi ibu kota Korea Selatan. Ini juga sangat didukung oleh idola dan grup K-Pop. 

Dua gagasan yang sangat populer tentang musik dan pariwisata ini bekerja sebagai strategi yang kuat untuk membawa uang ke dalam ekonomi Korea Selatan. Itulah mengapa penting untuk mengetahui perbedaan waktu Indonesia dan Korea.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini