Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pengertian Berpikir Kritis, Cara Meningkatkan, dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Pengertian Berpikir Kritis, Cara Meningkatkan, dan Manfaatnya untuk Kehidupan Ilustrasi berpikir. © upi.com

Merdeka.com - Pengertian berpikir kritis sangatlah penting untuk diketahui. Berpikir kritis adalah salah satu kemampuan yang wajib untuk dimiliki semua orang. Berpikir kritis tidak hanya berhubungan dengan langkah dalam menjawab soal dalam ujian. Maka dari itu pengertian berpikir kritis sangatlah penting untuk diketahui.

Berpikir kritis merupakan salah satu modal besar dalam menjalani kehidupan di masa modern. Orang yang bisa berpikir kritis akan menjadi orang yang bisa menyesuaikan diri dalam segala hal. Ini merupakan langkah yang sangat penting bagi orang-orang dalam menyelesaikan segala macam masalah yang ada.

Mengingat pentingnya pengertian berpikir kritis, maka dari itu, kali ini Merdeka.com merangkum informasi tentang pengertian berpikir kritis, cara meningkatkan, dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari.

Pengertian Berpikir Kritis

Menurut laman monash.edu, berpikir kritis merupakan jenis pemikiran di mana manusia melakukan kegiatan bertanya, menganalisis, menafsirkan, mengevaluasi, dan membuat penilaian tentang apa yang dibaca, dengar, katakan, dan tuliskan. Istilah kritis ini berasal dari bahasa Yunani “kritikos” yang memiliki arti mampu menilai atau membedakan.

Berpikir kritis berarti mampu mengklasifikasikan sehingga dapat memecahkan masalah atau sepotong informasi, menafsirkannya, dan menggunakan interpretasi itu untuk sampai pada keputusan atau penilaian yang diinformasikan. Orang yang menerapkan berpikir kritis secara konsisten akan berdampak positif. Berpikir kritis adalah langkah yang diasah dan tidak dilahirkan.

Dalam konteks akademis, berpikir kritis sering dilakukan dalam rangka dikaitkan dengan argumen. Berpikir kritis bisa tentang argumen orang lain atau juga berkaitan dengan argumen Anda sendiri.

Berpikir kritis merupakan langkah penting yang bisa membantu Anda untuk membuat keputusan yang tepat pada kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dan sangat berguna pada lingkungan pendidikan tinggi dan menengah. Berpikir kritis merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan seseorang.

Cara Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui setelah mengerti pengertian berpikir kritis, yaitu adalah cara meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Berikut ini adalah cara untuk mempercepat langkah supaya Anda bisa mengasah keterampilan berpikir kritis dilansir dari masterclass.com.

1. Menentukan Masalah

Pengertian berpikir kritis dan cara meningkatkannya adalah menentukan masalah. Masalah yang dipecahkan atau pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Proses berpikir kritis bisa dimulai dengan mengidentifikasi masalah yang dihadapi.

2. Mengumpulkan Informasi

Setelah menentukan masalah, langkah selanjutnya yang perlu diketahui dalam rangka meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah mengumpulkan informasi. Anda bisa mengumpulkan penelitian dan data tentang sebuah masalah. Akan tetapi pastikan untuk mencari sumber yang menantang dan kredibel.

3. Memeriksa dan Meneliti

Langkah ketiga yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah memeriksa dan meneliti sumber yang Anda dapatkan. Pastikan sumber yang didapatkan adalah sumber yang dapat diandalkan. Selain itu, sebuah sumber haruslah memiliki bukti yang kuat.

4. Putuskan yang Relevan

Cari tahu argumen mana yang relevan. Ini adalah langkah selanjutnya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Anda perlu mencari tahu argumen mana yang relevan dengan masalah yang sedang Anda dalami.

5. Evaluasi Diri

Selanjutnya adalah mengevaluasi diri. Evaluasi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh orang yang bisa berpikir kritis. Anda bisa menanyakan pada diri sendiri tentang kredibilitas dan kekuatan informasi yang didapatkan.

6. Menarik Kesimpulan

Langkah ini merupakan langkah yang bisa Anda lakukan ketika Anda sudah mengumpulkan beberapa informasi tadi. Dengan bermodal data tersebut, Anda bisa menyimpulkan kesimpulan dengan benar. Putuskan satu atau lebih kesimpulan yang memungkinkan.

7. Menjelaskan Kesimpulan

Langkah terakhir yang bisa dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah menjelaskan kesimpulan. Komunikasikan kesimpulan Anda dengan jelas kepada pihak-pihak yang perlu Anda jelaskan.

Manfaat Berpikir Kritis

Berpikir kritis tentu memiliki manfaat yang besar. Pasalnya, sebuah aktivitas positif pasti akan menimbulkan dampak yang positif juga. Berpikir kritis adalah salah satu cara untuk meningkatkan diri. Ketika Anda bisa berpikir kritis maka Anda akan mendapatkan manfaat yang baik.

Setelah mengetahui pengertian berpikir kritis dan cara meningkatkan keterampilan berpikir kritis, maka dari itu berikut ini adalah manfaat berpikir kritis yang perlu Anda ketahui.

1. Melihat masalah dari berbagai perspektif.

2. Bisa diandalkan.

3. Mandiri dalam menghadapi persoalan.

4. Menemukan ide dan peluang baru.

5. Berpikir jernih dan rasional.

6. Kemampuan adaptasi yang meningkat.

7. Keterampilan bahasa dan presentasi meningkat.

8. Kreativitas yang meningkat.

9. Mengembangkan diri.

Demikian adalah penjelasan tentang pengertian berpikir kritis, cara meningkatkan kemampuan, dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Berpikir kritis adalah langkah yang baik untuk berbagai hal. Dengan memiliki kemampuan berpikir kritis, Anda akan menjadi orang yang mandiri dalam menghadapi persoalan. Selain itu berpikir kritis juga bisa mengembangkan diri dan kreativitas yang meningkat.

(mdk/mff)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pengertian Kerangka Berpikir, Lengkap Beserta Contoh dan Cara Membuatnya

Pengertian Kerangka Berpikir, Lengkap Beserta Contoh dan Cara Membuatnya

Kerangka berpikir adalah suatu konsep atau struktur yang digunakan untuk mengorganisir, memahami, dan menganalisis informasi.

Baca Selengkapnya
Memahami Filosofi, Aliran, dan Pengaruhnya pada Cara Berpikir

Memahami Filosofi, Aliran, dan Pengaruhnya pada Cara Berpikir

Filosofi berbeda dari ilmu pengetahuan dalam cara ia mendekati pertanyaan-pertanyaan ini melalui alasan logis dan kritis.

Baca Selengkapnya
Jenis-Jenis IPTEK dan Contohnya, Menarik Dipelajari

Jenis-Jenis IPTEK dan Contohnya, Menarik Dipelajari

Tanpa IPTEK, kehidupan manusia akan penuh dengan berbagai masalah dan kondisi yang tidak teratur.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
10 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Membaca Fiksi

10 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Membaca Fiksi

Terdapat banyak manfaat terhadap keseahtan mental yang bisa kita peroleh dari membaca karya fiksi.

Baca Selengkapnya
Kebiasaan yang Bisa Mempertajam Daya Ingat, Bisa Cegah Masalah Kognitif

Kebiasaan yang Bisa Mempertajam Daya Ingat, Bisa Cegah Masalah Kognitif

Dengan memasukkan kebiasaan-kebiasaan ini ke dalam rutinitas harian, kita dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan menjaga kejernihan mental.

Baca Selengkapnya
Mengenal Kapak Persegi: Fungsi, Jenis, dan Ciri-cirinya

Mengenal Kapak Persegi: Fungsi, Jenis, dan Ciri-cirinya

Kapak persegi dibuat dari batu yang dikikis hingga membentuk persegi dengan bagian tepi yang lebih tipis. Umumnya kapak ini dibuat untuk berburu.

Baca Selengkapnya
Pengertian Teknologi Beserta Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Teknologi Beserta Jenis dan Manfaatnya

Penjelasan mengenai jenis teknologi dan manfaatnya untuk kehidupan manusia.

Baca Selengkapnya
Mengenal Socrates dan Kata-Kata Bijaknya tentang Kehidupan

Mengenal Socrates dan Kata-Kata Bijaknya tentang Kehidupan

Banyak gagasan Socrates mengenai etika, moralitas, dan hakikat manusia menjadi landasan perkembangan filsafat Barat.

Baca Selengkapnya
Pengertian Kesimpulan, Fungsi, dan Cara Membuatnya dengan Benar

Pengertian Kesimpulan, Fungsi, dan Cara Membuatnya dengan Benar

Kesimpulan bertujuan untuk membantu pembaca memahami pentingnya suatu penelitian usia membacanya.

Baca Selengkapnya