Niat Mandi Wajib Keluar Air Mani, Simak Tata Caranya

Senin, 8 Agustus 2022 14:40 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Niat Mandi Wajib Keluar Air Mani, Simak Tata Caranya ilustrasi mandi. pexels

Merdeka.com - Niat mandi wajib keluar air mani perlu diketahui umat muslim. Masih sedikit orang yang mengerti niat mandi wajib keluar air mani yang benar sesuai dengan tuntunan dan tata cara yang disyariatkan oleh agama.

Agama mewajibkan setiap muslim untuk mandi wajib setelah mengeluarkan air mani. Hal ini berlaku bagi laki-laki maupun perempuan. Tujuannya untuk menyucikan diri setelah keluarnya air mani.

Orang yang selesai mengeluarkan air mani baik yang disengaja maupun tidak, termasuk dalam orang yang berhadats. Maka dari itu mereka tidak diperbolehkan untuk melakukan ibadah. Supaya bisa kembali beribadah, mereka harus bersuci dan melakukan mandi wajib.

Oleh karena itu, tata cara bersuci atau niat mandi wajib keluar air mani ini penting untuk diketahui. Berikut ini Merdeka.com merangkum niat mandi wajib keluar air mani berikut tata caranya yang perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Penyebab Mandi Wajib Keluar Air Mani

Dilansir dari laman islam.nu.or.id, mandi wajib dilakukan dalam rangka untuk menyucikan diri dari hadats besar akibat keluarnya air mani. Mandi ini juga disebut sebagai mandi janabah, karena dilakukan oleh orang-orang yang sedang dalam keadaan junub. Disebut junub karena seseorang mengalami salah satu dari dua hal.

Pertama adalah keluarnya mani dari alat kelamin laki-laki atau perempuan, baik karena mimpi basah, mempermainkannya, ataupun gairah yang ditimbulkan penglihatan atau juga pikiran. Sedangkan yang kedua adalah jima atau berhubungan seks, meskipun tidak mengeluarkan air mani.

Niat Mandi Wajib Keluar Air Mani

Setelah mengetahui penyebab mandi wajib yang harus dilakukan karena keluar air mani. Berikut ini adalah niat mandi wajib keluar air mani yang perlu untuk Anda ketahui dilansir dari laman islam.nu.or.id.

Terdapat dua rukun yang wajib dilaksanakan oleh seseorang yang melakukan mandi wajib. Rukun pertama adalah niat, dan kedua adalah mengguyur tubuh ke seluruh tubuh. Adapun niat mandi wajib keluar air adalah sebagai berikut:

Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari minal jinabati fardhan lillahi ta’ala.

Artiny niat mandi wajib keluar air

 “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari janabah, fardhu karena Allah ta’ala.”

3 dari 4 halaman

Tata Cara Mandi Wajib Keluar Air Mani

Setelah mengetahui niat mandi wajib keluar air mani, maka Anda juga perlu untuk mengetahui tata cara mandi wajib keluar air mani. Adapun rukunnya ada dua, pertama adalah niat, kedua adalah mengguyur seluruh tubuh.

Hal ini tercermin dalam kitab Safinatun Naja’, yang ditulis oleh Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami, yang artinya: “Fardhu atau rukunnya mandi ada dua, yakni niat dan meratakan air ke seluruh tubuh.

1. Niat

Niat adalah rukun pertama yang perlu untuk Anda ketahui. Niat adalah kesengajaan yang diungkapkan dalam hati, dan apabila mampu, lebih baik dilafalkan dengan cara lisan. Niat mandi wajib keluar air mani harus dilakukan berbarengan dengan saat pertama kali menyiramkan air ke anggota badan.

Contohnya pada saat Anda memulai mandi besar, pertama yang perlu dilakukan adalah menyiram bagian muka tetapi tidak perlu disertai dengan niat. Setelah itu menyiram bagian dada dengan disertai dengan niat.

Dalam hal ini, muka yang telah basah tersebut dianggap belum disiram karena aktivitas menyiram badan yang tidak disertai niat maka tidak dianggap sebagai aktivitas mandi wajib.

2. Meratakan Air

Tata cara kedua yang perlu Anda ketahui setelah mengetahui niat mandi wajib keluar air mani adalah meratakan air ke seluruh tubuh. Pada tahap ini perlu untuk diperhatikan dengan sangat teliti. Pasalnya, apabila ada anggota badan sedikit saja yang belum terkena air, maka mandi wajib yang dilakukan dianggap belum sah.

Ketika mandi dianggap belum sah, maka Anda tidak diperbolehkan untuk beribadah karena masih dalam keadaan junub. Maka dari itu, dalam melakukan mandi besar diperlukan kehati-hatian yang ekstra. Terutama bagi orang-orang yang memiliki lipatan-lipatan tubuh yang banyak. 

Anda juga perlu membersihkan kulit yang berada di bawah kuku yang panjang, kotoran yang menempel di dalam kuku, bagian belakang telinga, dan bagian depannya yang berlekuk-lekuk. Selain itu juga perlu diperhatikan selangkangan kedua paha, sela-sela antara dua pantat, kulit dada yang ada di bawah payudara, dan bagian tubuh lainnya yang menyulitkan air untuk masuk ke dalamnya.

4 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Mandi Wajib

Setelah mengetahui niat, rukun, dan tata caranya. Maka berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti ketika melakukan mandi wajib. Tata cara ini tidak semua wajib dikerjakan.

Pertama, saat masuk ke kamar mandi ambillah air lalu basuhlah tangan terlebih dahulu tiga kali. 

Kedua, bersihkan segala kotoran atau najis yang masih menempel di badan. 

Ketiga, berwudhu sebagaimana wudhu yang dilakukan ketika hendak shalat termasuk doa-doanya. Lalu akhiri dengan menyiram kedua kaki. 

Keempat, mulailah mandi janabah dengan mengguyur kepala sampai tiga kali. Lakukan sesuai dengan rukun yang sudah tertulis di atas.

Demikian adalah niat mandi wajib keluar air mani yang perlu Anda ketahui. Ini adalah informasi penting yang bisa Anda praktikkan ketika melakukan mandi wajib. Hal ini karena banyak orang yang belum mengetahui tata cara mandi wajib dengan benar.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini