Kenali 6 Faktor Penyebab Hipertensi, Cegah dengan Kebiasaan Baik Ini

Jumat, 27 Maret 2020 12:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Kenali 6 Faktor Penyebab Hipertensi, Cegah dengan Kebiasaan Baik Ini Ilustrasi Hipertensi. ©CC0 Public Domain

Merdeka.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk salah satu penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Bukan tanpa alasan, kondisi tekanan darah yang tinggi menyebabkan sistem kerja jantung lebih keras dari biasanya. Jantung dipaksa untuk memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah menunjukkan angka 130/80 mmHg.

Kondisi tekanan darah yang tinggi atau hipertensi ini bisa memicu timbulnya berbagai penyakit yang lebih serius. Seperti stroke, gagal ginjal, hingga gagal jantung. Bahkan penyakit tanpa gejala yang satu ini bisa membawa seseorang pada risiko kematian.

Pada seseorang yang mengalami kondisi tekanan darah sangat tinggi, biasanya akan muncul beberapa gejala. Seperti sakit kepala, tubuh menjadi lemas, nyeri dada hingga sesak napas. Tentu hal ini menjadi kondisi yang sangat mengerikan. Apalagi jika sudah terjadi komplikasi gangguan kesehatan yang serius.

Penyakit hipertensi ini memang bisa terjadi pada siapa saja. Tetapi terdapat beberapa kondisi yang mendatangkan risiko lebih besar terjadinya penyakit ini. Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa faktor penyebab hipertensi yang perlu Anda ketahui.

1 dari 7 halaman

Usia

ilustrasi lansia olahraga

Shutterstock.com/Monkey Business Images

Faktor penyebab hipertensi yang pertama datang dari fator usia. Dapat dikatakan, seiring bertambahnya usia maka risiko terjadinya hipertensi akan semakin besar.

Umumnya, hipertensi pada pria akan terjadi ketika memasuki usia 45 tahun. Sedangkan pada wanita, risiko hipertensi semakin besar terjadi di atas usia 65 tahun. Tidak heran jika, orang lanjut usia lebih rentan terjadi komplikasi penyakit.

2 dari 7 halaman

Keturunan

Selain usia, faktor penyebab hipertensi juga dapaet berasal dari faktor keturunan. Jika seseorang mempunyai salah satu anggota keluarga dengan riwayat darah tinggi.

ilustrasi hipertensi

CC0 Public Domain

Maka kondisi tersebut dapat menjadi sifat bawaan atau turunan ke anggota keluarga lain. Ini menjadi salah satu faktor penyebab hipertensi yang tidak dapat dihindarkan.

3 dari 7 halaman

Obesitas

012 siti rutmawati

www.dailymail.co.uk

Obesitas juga termasuk dalam salah satu faktor penyebab hipertensi. Orang dengan kondisi berat badan yang berlebih atau obesitas, akan secara langsung berpengaruh pada meningkatnya nutrisi dan oksigen yang dialirkan ke dalam sel melalui pembuluh darah.

Hal ini tentu saja akan mengakibatkan tekanan dalam pembuluh darah dan jantung semakin meningkat.

4 dari 7 halaman

Kelebihan atau Kekurangan Kalium

Faktor penyebab hipertensi yang lain adalah kondisi kelebihan atau kekurangan kalium. Hal ini bisa terjadi jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi garam atau terlalu sedikit mengonsumsi makanan yang mengandung kalium.

ini 7 gejala kekurangan kalium pada tubuh perlu diwaspadai

2020 Merdeka.com

Pada kondisi ini, natrium dalam darah akan semakin meningkat dan tekanan dalam pembuluh darah pun juga meningkat.

5 dari 7 halaman

Kurang Olahraga

ilustrasi malas

2012 Merdeka.com

Faktor penyebab hipertensi lainnya bisa datang dari kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Seseorang yang jarang melakukan aktivitas olahraga, denyut jantung di dalam tubuhnya akan meningkat lebih tinggi.

Pada kondisi ini, jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Bukan hanya itu, kurangnya aktivitas fisik pun akan menyebabkan peningkatan berat badan berlebih atau obesitas. Hal ini tentu semakin memperbesar risiko terjadinya hipertensi.

6 dari 7 halaman

Merokok

Faktor penyebab hipertensi yang terakhir didapatkan dari kebiasaan merokok. Merokok memang menjadi kebiasaan buruk yang bisa memberikan banyak kerugian bagi kesehatan tubuh.

ilustrasi rokok

2012 1dental.com

Salah saunya, zat kimia yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini tentu saja akan berdampak pada meningkatnya tekanan pada pembuluh darah juga jantung.

Untuk itu, bagi Anda yang saat ini masih mempunyai kebiasaan merokok sebaiknya mulai dikurangi atau bahkan ditinggalkan, agar tubuh lebih sehat dan terbebas dari serangan penyakit serius.

7 dari 7 halaman

Cara Mencegah Hipertensi

sayur

www.thekitchn.com

Meskipun hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit berbahaya yang dapat mendatangkan berbagai komplikasi penyakit, namun sebenarnya risiko ini diminimalisir dengan melakukan beberapa kebiasaan baik dan sehat untuk tubuh. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan upaya sebagai berikut:

  • Mengatur pola makan yang baik dan seimbang serta menghindari konsumsi makan yang berlebihan agar terhindari dari risiko obesitas
  • Melakukan olahraga rutin seperti jalan cepat atau bersepeda 2 3 jam setiap minggu
  • Banyak mengonsumsi makanan kaya serat dan rendah lemak seperti roti, biji-bijian utuh, beras merah, buah dan sayur
  • Hindari konsumsi garam secara berlebihan, batasi dengan takaran tidak lebih dari 1 sendok teh
  • Kurangi konsumsi alkohol yang berlebihan, karena bisa tingkatkan risiko hipertensi
  • Kurangi konsumsi kafein agar tidak lebih dari 4 cangkir kopi dalam sehari
  • Hentikan kebiasaan merokok, atau paling tidak kurangi sedikit demi sedikit hingga dapat berhenti secara total
  • Biasakan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan hasil olahan sendiri, karena kualitas dan gizi dari makanan akan lebih terjamin
  • Selalu perhatikan label makanan, usahakan untuk mengurangi makanan tinggi natrium dan terlalu asin
  • Kelola stres dengan baik dan hindari kebiasaan begadang, karena akan semakin meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi
[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini