Fungsi LED, Pengertian, Beserta Cara Kerjanya dalam Dunia Elektronika

Kamis, 27 Mei 2021 17:07 Reporter : Ani Mardatila
Fungsi LED, Pengertian, Beserta Cara Kerjanya dalam Dunia Elektronika ilustrasi lampu led. ©2021 Merdeka.com/pixabay

Merdeka.com - LED merupakan kependekan dari Light Emitting Diode, yakni salah satu dari banyak jenis perangkat semikonduktor yang mengeluarkan cahaya ketika arus listrik melewatinya.

Selain pencahayaan, LED juga merupakan bagian dari 7 segmen dalam jam dan pengatur waktu digital dan digunakan di remote control. Banyak orang tidak menyadari bahwa teknologi pencahayaan revolusioner yang mengambil alih dunia saat ini, ditemukan lebih dari 50 tahun yang lalu.

Dikembangkan pertama kali pada tahun 1962, pencahayaan LED komersial telah ada sejak tahun 1980 ketika mulai diproduksi, namun hanya dioda electroluminescent inframerah yang tersedia pada saat itu. Warna lain muncul pada 1990-an ketika sendawa biru dikembangkan di Jepang.

Ledakan bola lampu putih, yang paling banyak digunakan dan dicari, muncul ketika sendawa biru dikombinasikan dengan luminofor kuning untuk menghasilkan panjang gelombang yang panjang. Hasil dari kombinasi ini adalah cahaya yang dianggap putih oleh mata manusia.

Lalu bagaimana prinsip kerja dan apa sebenarnya fungsinya? Berikut merdeka.com merangkum fungsi LED yang menarik diketahui:

2 dari 4 halaman

Fungsi LED

Fungsi LED banyak digunakan untuk dua hal: iluminasi dan indikasi. Ini adalah kata-kata teknis tetapi penting untuk dipahami karena jika Anda menginginkan LED untuk satu hal tertentu dan membeli barang yang salah, maka akan sangat mengecewakan.

Iluminasi berarti "menyinari sesuatu", seperti senter atau lampu depan. Misalnya, Anda ingin lampu depan Anda terang sekali. Lampu rem harus cukup terang untuk dilihat, tetapi tidak perlu menerangi jalan.

Indikasi berarti "menunjukkan sesuatu", seperti lampu sein atau lampu rem pada mobil. LED dengan cahaya yang tersebar sangat bagus dalam penunjuk, mereka terlihat lembut dan seragam dan Anda dapat melihatnya dengan baik dari sudut manapun.

LED bening sangat bagus untuk penerangan, cahayanya langsung dan kuat, tetapi Anda tidak dapat melihatnya dengan baik dari suatu sudut karena cahayanya hanya bergerak maju.

Fungsi LED (Light Emitting Diodes) yang utama pada intinya adalah untuk menerangi objek dan bahkan tempat. Aplikasinya ada di mana-mana karena ukurannya yang ringkas, konsumsi energi yang rendah, masa pakai yang lama, dan fleksibilitas dalam hal penggunaan dalam berbagai aplikasi. Berikut fungsi LED dan kegunaannya di sekitar ita:

LED digunakan untuk Lampu Latar TV

Lampu latar TV adalah sumber konsumsi daya utama. Penggunaan LED dapat memberikan pengurangan daya yang efisien. Di bagian tepi TV, menggunakan LED akan menjadi pilihan pengurangan biaya. 

Menggunakan LED tepat di belakang layar memberikan kontras yang lebih baik. LED telah menggantikan CFL dan LCD dalam hal pencahayaan latar TV.

3 dari 4 halaman

Digunakan untuk Backlighting Smartphone

Dengan penggunaan LED, desain lampu latar smartphone bisa lebih tipis dan dibuat dengan biaya yang murah. Harga LED bisa berbeda-beda sesuai dengan ukuran layar smartphone. Karena voltase keluaran yang lebih rendah, mereka memastikan masa pakai baterai lebih lama.

Kegunaan LED dalam Displays

Papan display LED umum sekarang ini dan digunakan di luar ruangan seperti rambu penyimpanan, papan reklame, rambu jalan, dll. Pada papan nama yang memiliki berbagai bahasa untuk menyampaikan sinyal, penggunaan lebih banyak LED akan bermanfaat dalam hal konsumsi daya yang lebih sedikit.

Digunakan di Otomotif

Penggunaan LED dalam industri otomotif semakin berkembang. Dengan LED, energi dihemat dan visibilitas yang lebih jelas. Ini banyak digunakan di bagian belakang dan belakang mobil untuk aksesibilitas yang lebih baik. 

Pencahayaan LED dapat meningkatkan keselamatan pejalan kaki dan pengemudi karena meningkatkan visibilitas saat AKTIF, MATI, dan redup di bagian mana pun dalam perjalanan.

LED digunakan dalam Peredupan Lampu

Beberapa aplikasi LED termasuk peredupan lampu yang membantu mengurangi konsumsi energi.

Fitur peredupan ini juga digunakan di peralatan yang terdiri dari dua jenis. Peredupan Global di mana semua LED diredupkan bersama. Peredupan Lokal di mana LED diredupkan secara independent melansir dari byjus.com.

4 dari 4 halaman

Prinsip Kerja LED

Semikonduktor seperti namanya, adalah sejenis di antara superkonduktor dan isolator (non-konduktor) listrik. Bahan-bahan ini secara default adalah konduktor yang buruk, tetapi ketika dimasukkan (dikenal sebagai doping) dengan elektron bebas tambahan menciptakan produk akhir yang merupakan konduktor yang lebih baik.

Cara lain untuk membuat konduktor yang lebih baik adalah dengan membuat lubang mikroskopis pada bahan konduktor yang buruk sehingga elektron dapat mengalir ke dalamnya. 

Ketika elektron mengisi lubang ini karena arus atau medan listrik yang diterapkan pada semikonduktor, ia memancarkan cahaya; sebuah fenomena yang dikenal sebagai electroluminescence. Ini adalah sumber cahaya untuk LED. Berbeda dengan bola lampu pijar, mereka tidak memiliki filamen.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini