Fungsi Inverter Beserta Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya yang Perlu Diketahui

Minggu, 27 September 2020 10:45 Reporter : Ani Mardatila
Fungsi Inverter Beserta Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya yang Perlu Diketahui Ilustrasi Inverter. ©2020 Merdeka.com/ Wikimedia Commons

Merdeka.com - Inverter adalah salah satu komponen terpenting dan paling kompleks dari sistem independen. Meski Anda tidak harus selalu memahami cara kerja bagian dalam inverter, namun Anda harus memahami beberapa fungsi, kemampuan, dan batasan dasar dari komponen ini.

Sistem tenaga listrik independen adalah sistem yang terlepas dari jaringan utilitas listrik. Sistem seperti itu bervariasi ukurannya dari lampu halaman kecil hingga rumah-rumah di lokasi terpencil, desa, taman nasional, fasilitas medis, dan militer. Mereka juga mencakup sistem cadangan seluler, portabel, dan darurat.

Komponen umum dari sistem tersebut adalah baterai penyimpanan, yang menyerap dan melepaskan daya dalam bentuk arus searah (DC). Sebaliknya, jaringan utilitas menyuplai konsumen dengan daya arus bolak-balik (AC). AC adalah bentuk standar kelistrikan untuk segala sesuatu yang "dihubungkan" ke sumber listrik (lebih praktis untuk transmisi jarak jauh).

Inverter mengubah DC ke AC, dan juga mengubah tegangan. Dengan kata lain, ini adalah adaptor daya. Ini dapat memungkinkan sistem daya independen berbasis baterai untuk menjalankan peralatan konvensional melalui kabel rumah konvensional.

Ada banyak cara untuk menggunakan daya DC secara langsung, tetapi jika kebutuhan listrik Anda melebihi tingkat "kabin" yang paling sederhana, Anda akan membutuhkan inverter.

Berikut selengkapnya fungsi inverter beserta pengertian, manfaat, dan cara kerjanya yang perlu diketahui sebelum menggunakannya:

Baca Selanjutnya: Apa Itu Inverter?...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Sumut
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini