Fungsi Inverter Beserta Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya yang Perlu Diketahui

Minggu, 27 September 2020 10:45 Reporter : Ani Mardatila
Fungsi Inverter Beserta Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya yang Perlu Diketahui Ilustrasi Inverter. ©2020 Merdeka.com/ Wikimedia Commons

Merdeka.com - Inverter adalah salah satu komponen terpenting dan paling kompleks dari sistem independen. Meski Anda tidak harus selalu memahami cara kerja bagian dalam inverter, namun Anda harus memahami beberapa fungsi, kemampuan, dan batasan dasar dari komponen ini.

Sistem tenaga listrik independen adalah sistem yang terlepas dari jaringan utilitas listrik. Sistem seperti itu bervariasi ukurannya dari lampu halaman kecil hingga rumah-rumah di lokasi terpencil, desa, taman nasional, fasilitas medis, dan militer. Mereka juga mencakup sistem cadangan seluler, portabel, dan darurat.

Komponen umum dari sistem tersebut adalah baterai penyimpanan, yang menyerap dan melepaskan daya dalam bentuk arus searah (DC). Sebaliknya, jaringan utilitas menyuplai konsumen dengan daya arus bolak-balik (AC). AC adalah bentuk standar kelistrikan untuk segala sesuatu yang "dihubungkan" ke sumber listrik (lebih praktis untuk transmisi jarak jauh).

Inverter mengubah DC ke AC, dan juga mengubah tegangan. Dengan kata lain, ini adalah adaptor daya. Ini dapat memungkinkan sistem daya independen berbasis baterai untuk menjalankan peralatan konvensional melalui kabel rumah konvensional.

Ada banyak cara untuk menggunakan daya DC secara langsung, tetapi jika kebutuhan listrik Anda melebihi tingkat "kabin" yang paling sederhana, Anda akan membutuhkan inverter.

Berikut selengkapnya fungsi inverter beserta pengertian, manfaat, dan cara kerjanya yang perlu diketahui sebelum menggunakannya:

2 dari 4 halaman

Apa Itu Inverter?

Salah satu warisan Tesla (dan mitra bisnisnya George Westinghouse, bos dari Perusahaan Listrik Westinghouse) adalah bahwa sebagian besar peralatan yang kita miliki di rumah dirancang secara khusus untuk dijalankan dari daya AC.

Peralatan yang membutuhkan DC tetapi harus mengambil daya dari stopkontak AC membutuhkan peralatan tambahan yang disebut penyearah, biasanya dibuat dari komponen elektronik yang disebut dioda, untuk mengubah dari AC ke DC. Inverter melakukan pekerjaan sebaliknya dan cukup mudah untuk memahami inti dari cara kerjanya.

Mengutip dari Alte Store, inverter adalah perangkat yang daya yang dapat mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC) pada tegangan yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa kebanyakan inverter dipasang dan digunakan bersama dengan bank baterai atau sejenisnya. Baterai siklus dalam adalah jantung dari sistem kelistrikan bertenaga inverter off-grid, menyimpan daya untuk digunakan sesuai permintaan.

Cara paling dasar untuk menarik tenaga listrik dari baterai adalah arus searah (DC) pada tegangan nominal baterai. Radio mobil Anda, misalnya, menggunakan 12 volt DC (12V DC), voltase yang sama dengan aki mobil Anda.

Banyak sistem kelistrikan off-grid (yang tidak dialiri listrik dari perusahaan utilitas) menggunakan daya DC 12 volt untuk menjalankan beban sederhana seperti lampu. (Setiap konsumsi daya listrik disebut beban.)

Sistem seperti itu biasanya disebut sebagai sistem DC tegangan rendah. Didukung oleh sistem DC 12 volt, Anda dapat menikmati keunggulan lampu listrik, sistem hiburan, komputer laptop, dan perangkat lain yang dapat dioperasikan dari aki mobil. Namun, Anda tidak dapat menjalankan perkakas listrik, peralatan dapur, atau mesin kantor, tanpa bantuan beberapa perangkat yang menghasilkan listrik "rumah tangga" atau arus AC.

3 dari 4 halaman

Fungsi Inverter

Fungsi utama inverter adalah untuk mengubah daya Arus Searah (DC) menjadi arus bolak-balik standar (AC) seperti yang dilansir dari SF Gate. Ini dikarenakan AC adalah daya yang dipasok ke industri dan rumah oleh jaringan listrik utama atau utilitas publik, baterai sistem tenaga bolak-balik hanya menyimpan daya DC. 

Selain itu, hampir semua peralatan rumah tangga dan perlengkapan serta peralatan listrik lainnya hanya bergantung pada daya AC untuk bekerja. Ukuran inverter berkisar dari serendah 100w, hingga lebih dari 5000w. 

Peringkat ini merupakan indikasi kapasitas inverter dapat secara bersamaan dan terus menerus memberi daya pada peralatan atau perkakas dengan watt tinggi atau kombinasi dari beberapa unit item semacam itu.

Manfaat Inverter

1. Terhubung dengan aki mobil

Ini adalah cara paling umum untuk menggunakan power inverter di mobil. Anda bisa mendapatkan tegangan 220V 50Hz rumah tangga dari power inverter. Ada inverter modified sine wave yang tidak mahal dan pure sine wave yang lebih mahal untuk pilihan Anda. 

Kedua jenis ini cocok untuk penggunaan umum, tetapi inverter modified sine wave mungkin memiliki suara berisik saat bekerja. Biasanya power inverter dapat digunakan untuk mengisi daya peralatan di dalam mobil seperti kamera, tablet, lampu, alat cukur elektronik, lemari es di dalam mobil, dll. Tetapi jika Anda ingin menggunakan peralatan berdaya tinggi, pastikan nilai daya alat ada di dalam daya yang dapat ditanggung oleh inverter.

2. Terhubung dengan perangkat elektronik

Anda dapat menyambungkan inverter daya dengan perangkat elektronik seperti tablet, televisi, dan pemutar CD selama alat tersebut berfungsi di bawah daya pengenal. Dalam hal ini, itu hanya seperti penyedia daya cadangan. 

Inverter biasanya dihubungkan dengan pemantik api mobil dan akan memutus daya secara otomatis ketika arus melebihi DC 12V. Namun untuk menghindari mobil tidak bisa menyala karena voltase rendah, sebaiknya gunakan saat mesin mobil menyala.

3. Terhubung dengan mobil listrik

Mobil elektronik memiliki komponen yang disebut DC-DC. Ini juga disebut konverter arus DC. Konverter ini membutuhkan tegangan input 48V dan menyediakan output 12V, jadi Anda hanya perlu membeli inverter daya DC12V. 

Lebih baik membeli satu dengan input 48V, tetapi sulit mendapatkannya dan mudah menyebabkan kelebihan beban karena arus maks 10A. Jika memungkinkan, gunakan bersama dengan konverter tegangan yang secara khusus menyediakan daya untuk inverter Anda.

4 dari 4 halaman

Jenis Inverter

Inverter square wave adalah salah satu jenis paling sederhana yang tersedia. Mereka lebih murah, lebih sederhana dalam desain dan lebih efisien daripada inverter modified sine wave.

Namun, mereka tidak akan sesuai untuk digunakan di semua situasi dan paling cocok untuk aplikasi dengan sensitivitas rendah seperti pencahayaan dan pemanas. Inverter aquare wave telah diketahui mengeluarkan suara berdengung saat dihubungkan ke peralatan audio dan umumnya dianggap tidak cocok untuk elektronik sensitif.

Inverter pure sine wave

Perangkat ini menghasilkan keluaran gelombang multi-langkah. Biasanya ini adalah jenis inverter yang paling umum dan perusahaan utilitas listrik Anda kemungkinan besar akan menyediakan pure sine wave.

Salah satu manfaat utama inverter pure sine wave adalah sebagian besar peralatan listrik di pasaran dirancang dan direkayasa untuk bekerja paling baik dengan sumber daya AC pure sine wave. Ini cenderung menjadikannya pilihan yang lebih diinginkan daripada rekan-rekannya karena menjamin bahwa peralatan akan bekerja sesuai spesifikasi lengkapnya.

Peralatan seperti oven microwave hanya akan menghasilkan keluaran penuh dengan kekuatan pure sine wave dan beberapa peralatan, seperti pembuat roti dan peredup cahaya, memerlukan pure sine wave untuk bekerja sama sekali.

Inverter pure sine wave adalah pilihan yang lebih efisien dan mengkonsumsi lebih sedikit daya, dan mereka dapat disesuaikan dengan kebutuhan daya pribadi Anda. Namun, ini berarti bahwa mereka umumnya akan menjadi pilihan yang lebih mahal.

Inverter modified sine wave

Inverter modified sine wave berada di antara dua jenis lainnya. Bentuk gelombangnya sebenarnya lebih seperti square wave tetapi memiliki output tiga langkah, bukan dua.

Ini harus bekerja dengan baik dengan sebagian besar peralatan listrik meskipun daya berpotensi berkurang dengan beberapa perangkat. Mereka juga cenderung kurang efisien dibandingkan jenis inverter lainnya karena motor AC di lemari es, kipas angin dan peralatan serupa lainnya akan menggunakan lebih banyak daya dari inverter gmodified sine wave. Ini juga berarti akan menghasilkan suara dengungan selama pengoperasian.

[amd]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Sumut
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini