Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Menulis Bismillah yang Benar, Lengkap Beserta Makna dan Keutamaannya

Cara Menulis Bismillah yang Benar, Lengkap Beserta Makna dan Keutamaannya

Cara Menulis Bismillah yang Benar, Lengkap Beserta Makna dan Keutamaannya

Selain membiasakan diri mengucap bacaan bismillah, mengetahui makna di baliknya juga penting bagi umat muslim. 

Cara menulis bismillah yang benar penting diketahui setiap muslim.

Bacaan bismillah seolah melekat dalam ingatan dan perbuatan, sehingga ucapan ini bisa keluar dari mulut secara otomatis. Umat muslim tentunya telah diajari dan dibiasakan mengucap bismillah untuk mengawali banyak kegiatan.

Selain membiasakan diri mengucap bacaan bismillah, mengetahui makna di baliknya juga penting bagi umat muslim. Keutamaan bacaan bismillah pun telah banyak diriwayatkan, salah satunya adalah seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW berikut ini;

"Ketika ayat Bismillahirahmanirrahim diturunkan, awan-awan lari ke timur, angin tidak bergerak namun laut bergelombang, binatang-binatang dengan penuh perhatian mendengarkan apa yang terjadi, setan-setan dirajam atau dilempari panah api dari langit dan Allah bersumpah demi kemulianNya dan kebesaranNya bahwa menyebut namaNya atas sesuatu niscaya Allah limpahkan berkah pada sesuatu itu," (HR Ibnu Marwah).

Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai cara menulis bismillah yang benar dan keutamaannya yang penting untuk dipahami.

Cara Menulis Bismillah yang Benar

Cara menulis bismillah yang benar penting diketahui setiap muslim. Dengan mengetahui cara menulis dan makna bismillah, akan membawa kebaikan dan keberkahan dalam setiap hal. Berikut cara menulis Bismillah yang benar:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmaanirrahiim

Artinya:

“Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”

Makna Bacaan Bismillah

Menyebut bacaan bismillah (lengkapnya adalah bismillahirrahmanirrahiim) di setiap awal pekerjaan bertujuan untuk mengingat kebesaran Allah SWT.

Bacaan bismillahirrahmanirrahim memiliki arti "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang" dalam bahasa Indonesia.

Meski demikian, bacaan bismillah juga memiliki makna unik dan dianjurkan untuk sering dibaca oleh umat islam.

Pengaruh bacaan bismillah terhadap pekerjaan bukan hanya saja berarti Allah turut sertakan dalam melaksanakan pekerjaan itu, tetapi juga berarti memohon dan berdoa kepada Allah untuk melenyapkan segala halangan dan rintangan yang telah diketahui oleh-Nya terhadap kelancaran pekerjaan tersebut.

Ini adalah berkah yang dimaksudkan Rasulullah SAW bagi setiap orang yang memulai pekerjaannya dengan menyebut bacaan bismillah. Menyadari akan keagungan Allah dipermulaan suatu pekerjaan atau perbuatan akan membawa pengaruh yang hebat dan besar terhadap pekerjaan dan orang yang mengerjakannya.

Jadi, makna bacaan bismillah secara umum dapat dipahami sebagai niat bagi segala hal yang dilakukan atas nama Allah SWT. Bismillah sendiri berarti memohon restu atau kelancaran kepada Allah SWT.

Cara Menulis Bismillah yang Benar, Lengkap Beserta Makna dan Keutamaannya

Bacaan Bismillah Menurut Para Ulama

Melansir laman liputan6.com, bacaan bismillah menurut para ulama ditafsirkan menjadi 4 bagian sebagaimana berikut;

1. Awalan Bi, memiliki makna kekuasaan dan pertolongan. Orang yang melafalkan bismilah sebelum memulai sesuatu meniatkan perbuatannya atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah.

2. Bismillahirrahmanirrahim erat kaitannya dengan kalimat tauhid yaitu “la ilaha illa Allah”. Kalimat tauhid merupakan kalimat mulia yang membesarkan Allah. Dengan mengucapkan bismillah, seseorang senantiasa mengagungkan Allah di tiap tindakannya.

3. Bismillahirrahmanirrahim diucapkan sebagai bentuk pengakuan bahwa Allah merupakan sang penguasa alam semesta yang agung.

4. Bismillahirrahmanirrahim mengandung dua sifat Allah yaitu ar-rahman dan ar-rahim. Ar-rahman berarti Allah Maha Pengasih, dan Ar-rahim berarti Allah maha penyayang.

Keutamaan Membaca Bismillah

Membaca bismillah sebelum melakukan segala aktivitas merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Bismillah merupakan singkatan dari kalimat "Bismillahirrahmanirrahim", yang berarti "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang".

Berikut beberapa keutamaan membaca bismillah:

1. Mendapatkan berkah

Membaca bismillah sebelum memulai sesuatu adalah bentuk penghormatan kepada Allah.

Dengan melakukan ini, kita menunjukkan kesadaran kita akan keberadaan-Nya dan ketergantungan kita pada-Nya.

Sebagai balasannya, Allah memberikan berkah-Nya kepada kita dalam segala hal yang kita lakukan. Keberkahan ini dapat menguatkan dan memudahkan segala urusan kita.

2. Mendapatkan perlindungan dari Setan

Membaca bismillah juga berfungsi sebagai bentuk perlindungan dari gangguan setan.

Setan adalah musuh utama umat manusia yang selalu berusaha untuk menggoda dan menghalangi kita dalam berbagai aktivitas kebaikan.

Dengan membaca bismillah sebelum melakukan sesuatu, kita meminta pertolongan dan perlindungan Allah dari godaan setan yang dapat mengganggu dan menghalangi kita dari mencapai tujuan kita.

3. Menjaga keselamatan dan kesejahteraan

Membaca bismillah juga membawa keutamaan dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan. Dalam setiap tindakan atau aktivitas, kita selalu menghadapi potensi bahaya atau risiko.

Namun, dengan membaca bismillah sebelum memulai, kita memohon perlindungan kepada Allah untuk menjaga kita dari kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Dengan melakukan ini, kita mengandalkan Allah sebagai pelindung dan pengawal kita, yang akan memastikan keselamatan dan kesejahteraan kita.

Cara Menulis Bismillah yang Benar, Lengkap Beserta Makna dan Keutamaannya

4. Memperoleh keberkahan makanan dan minuman

Selain itu, membaca bismillah sebelum makan atau minum juga memiliki keutamaan tersendiri. Ketika kita menyebut nama Allah sebelum mengonsumsi makanan atau minuman, kita mengakui bahwa semua rezeki yang kita terima berasal dari-Nya.

Dengan menghormati dan mengingat-Nya, kita memohon agar makanan dan minuman tersebut mendapatkan berkah-Nya, sehingga dapat memberikan nutrisi dan kebaikan bagi tubuh kita.

Membaca bismillah sebelum makan dan minum juga dapat meningkatkan kesadaran dan rasa syukur kita terhadap nikmat-nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

5. Meningkatkan kualitas ibadah

Membaca bismillah sebelum melakukan ibadah juga dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Dalam agama Islam, setiap ibadah haruslah dilakukan dengan ikhlas dan penuh penghargaan terhadap Allah.

Dengan membaca bismillah sebelum memulai ibadah, kita mengingatkan diri kita sendiri bahwa ibadah ini adalah semata-mata untuk Allah dan bahwa kita melakukannya dengan niat yang benar.

Membaca bismillah juga membantu kita mengalihkan perhatian dari dunia duniawi dan fokus sepenuhnya pada tujuan ibadah kita, yaitu mendekatkan diri kepada Allah.

Selain mendapatkan berkah, perlindungan, keselamatan, dan kesejahteraan, membaca bismillah juga dapat meningkatkan kualitas ibadah kita.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk membaca bismillah sebelum melakukan segala aktivitas, termasuk sebelum makan, minum, dan ibadah.

Cara Menulis Masya Allah yang Benar, Pahami Pula Makna di Baliknya
Cara Menulis Masya Allah yang Benar, Pahami Pula Makna di Baliknya

Sangat penting memahami penulisan kata-kata dalam bahasa Arab yang umum digunakan sehari-hari.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Makan, Lengkap Beserta Arti dan Adabnya
Bacaan Doa Makan, Lengkap Beserta Arti dan Adabnya

Doa makan adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah yang mencerminkan kesadaran umat Muslim akan nikmat makanan yang diberikan oleh-Nya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Makan Islam Panjang, Lengkap  Beserta Artinya
Bacaan Doa Makan Islam Panjang, Lengkap Beserta Artinya

Sebelum menyantap hidangan makanan, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa makan islam terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa Idul Fitri yang Mudah Diamalkan, Lengkap Beserta Artinya
Bacaan Doa Idul Fitri yang Mudah Diamalkan, Lengkap Beserta Artinya

Doa Idul Fitri memiliki makna yang mendalam dalam kehidupan umat Muslim.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Halal Bihalal, Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya
Bacaan Doa Halal Bihalal, Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

Doa halal bihalal bisa dibaca oleh umat Muslim saat berkunjung ke keluarga dan orang-orang terdekat.

Baca Selengkapnya
Bacaan Kalimat Tahlil dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim
Bacaan Kalimat Tahlil dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim

Membaca kalimat tahlil mengingatkan setiap Muslim akan prinsip dasar iman mereka.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Makan dan Minum, Lengkap dengan Keutamaannya
Doa Setelah Makan dan Minum, Lengkap dengan Keutamaannya

Doa setelah makan dan minum merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat makanan yang diberikan.

Baca Selengkapnya
Doa Memakai Pakaian dalam Islam, Lengkap Beserta Artinya
Doa Memakai Pakaian dalam Islam, Lengkap Beserta Artinya

Doa memakai pakaian bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim.

Baca Selengkapnya
5 Bacaan Doa Tobat Meminta Ampunan dalam Agama Islam, Lengkap Disertai Artinya
5 Bacaan Doa Tobat Meminta Ampunan dalam Agama Islam, Lengkap Disertai Artinya

Bacaan doa tobat rasanya penting untuk diketahui setiap umat Islam.

Baca Selengkapnya