BNIB adalah Brand New In Box, Wajib Tahu Sebelum Beli Barang

Kamis, 25 November 2021 11:48 Reporter : Ibrahim Hasan
BNIB adalah Brand New In Box, Wajib Tahu Sebelum Beli Barang Ilustrasi belanja. ©Pexels/Andrea Piacquadio

Merdeka.com - Semenjak maraknya sistem belanja dan iklan online, proses belanja menjadi lebih mudah. Kini hampir semua barang bisa dibeli secara online.

Tak hanya barang baru, banyak juga berbagai barang yang dijual dalam kondisi bekas hingga dalam kondisi beragam lainnya.

Dalam dunia jual beli, ada istilah yang namanya BNIB, BNOB, hingga BNWB. Semua istilah itu harus diperhatikan oleh calon pembeli. Pasalnya istilah tersebut akan menentukan kondisi barang, kelengkapan barang, hingga harga jual barang tersebut.

Jangan sampai tertipu atau terkecoh terhadap suatu barang yang belum pasti kondisi dan kelengkapannya. Tak hanya sepatu, bahkan untuk semua jenis barang, seperti baju, barang elektronik, hingga alat bangunan.

BNIB adalah barang yang benar-benar berkualitas dan masih baru dari dalam segel. Namun patut diwaspadai berbagai kondisi lain dari barang baru. Oleh karenanya berikut penjelasan BNIB yang merdeka rangkum dari Cyber Definition.

2 dari 4 halaman

BNIB adalah Brand New In Box Ini Penjelasannya

013 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pixabay

BNIB merupakan singkatan dari Brand New In Box yang menggambarkan suatu barang yang dijual (biasanya barang elektrik) yang belum pernah dipakai dan masih memiliki kemasan aslinya.

Pengertian BNIB ini harus dipahami oleh para pembeli sebelum membeli barang idaman mereka. Pasalnya, keterangan suatu produk menjadi poin utama sebelum melakukan transaksi. BNIB adalah menggambarkan kondisi barang dengan box penyertanya.

Mulanya, istilah BNIB dapat ditemukan pada produk sepatu jenis sneakers. Maraknya perdagangan produk online maupun offline memberikan risiko tersendiri. Banyak kasus pedagang yang tak menyertakan keterangan lengkap terhadap suatu produk. Alhasil jika pembeli tidak jeli, akan menerima barang yang bukan baru lagi atau dalam artian pernah dipakai sebelumnya.

BNIB adalah penanda sebuah barang memang benar-benar original dan masih baru yang berada di dalam boxnya. Keterangan BNIB dapat ditemukan pada sisi bawah maupun samping pada box keterangan suatu produk.

Meski begitu, pembeli harus memeriksa lebih detail setelah membuka barang dari dalam box. Kejahatan jual beli terkadang memberikan keterangan BNIB namun barang yang didalamnya adalah rekondisi atau bahkan tidak original.

3 dari 4 halaman

Perbedaan BNIB, BNOB, dan BNWB

 

online
©2018 Merdeka.com/Pixabay

BNIB adalah Brand New IN Box yakni barang yang masih baru dan original serta masih segel dari dalam box. Namun kini telah banyak pengertian lain tentang kondisi sebuah barang yang diperdagangkan. Dalam hal ini pembeli harus lebih detail lagi untuk memeriksa barang idaman mereka. 

Selain BNIB, ada istilah BNOB. BNOB adalah Brand New Open Box yakni sebuah barang yang memiliki kondisi baru namun sudah dibuka dari dalam box. Dalam hal ini keadaannya untuk memastikan kelengkapan dari suatu barang. Beberapa pedagang bahkan mengemasnya kembali setelah mengambil barang dari dalam box beruba bonus.  

Lain halnya dengan kondisi BNWB. BNWB adalah kondisi suatu barang yang dijual oleh pedagang tanpa menggunakan box kelengkapan yang menyertai. Kondisi ini sering terjadi saat sebuah produk yang dijual tidak dilengkapi box aslinya. 

Kondisi BNWB lebih sering dijumpai pada barang second atau barang bekas yang dijual kembali. Meskipun barang baru juga dapat menjadi sebuah produk atau barang tanpa box. 

 

Sebuah barang dapat menjadi BNWB dikarenakan box telah hilang, atau telah rusak dan tidak layak untuk disertakan. Tentu hal ini menyebabkan harga sebuah produk menjadi turun karena kurang kelengkapan. 

 

Namun BNWB juga lebih sering menjadi istilah bagi kondisi barang yang dengan box pengganti. Atau Brand New With Replace Box, sebuah barang tersebut dapat dijual dengan box pengganti karena box yang original sudah tidak ada. 

 

Berdasarkan penjelasan dari BNIB, BNOB, BNWB, BNIB adalah kondisi terbaik untuk menggambarkan sebuah barang. BNIB adalah barang original yang masih batu tersegel dan belum pernah dibuka sebelumnya. Tak heran harga barang BNIB lebih jauh mahal dibandingkan BNOB atau BNWB. 

4 dari 4 halaman

Cara Membedakan Barang Ori dan KW

online
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Setelah mengetahui keterangan BNIB perlu memperhatikan tips dan cara membedakan barang Original dan Second atau KW. BNIB adalah Brand New In Box, BNOB adalah Brand New Open Box, sedangkan BNWB adalah Brand New Without Box. Sedangkan membedakan barang ori dan KW berikut penjelasannya melansir dari Liputan6.com. 

 

1. Perhatikan Logo dengan Seksama

Gadget palsu tidak hanya berkualitas buruk, tetapi juga bisa berbahaya karena tidak melalui pengujian atau sertifikasi yang tepat.

Namun jika Anda berada dalam situasi di mana Anda tidak tahu apakah Anda memiliki yang palsu atau asli, berikut beberapa tips.

- Logo akan dicetak salah atau akan tampak kotor. Anda dapat memeriksa logo asli di ponsel Anda dan membandingkannya dengan gadget yang dimaksud. Jangan terburu-buru, terutama jika ini adalah pembelian yang mahal.

- Terasa terlalu ringan. Ini memiliki warna kekuningan, bukan putih.

- Bahan yang terbuat dari plastik tampak dibuat atau disatukan dengan buruk.

 2. Perhatikan Jahitannya

Kualitas barang asli dan mahal juga berbeda. Jahitannya akan jauh lebih bersih dan lebih ketat pada barang asli, tidak seperti rekan mereka yang palsu.

Pakaian dan sepatu asli seringkali memiliki lebih banyak jahitan per inci persegi. Garisnya juga tidak akan lurus karena kemungkinan menggunakan lebih sedikit bahan karena harganya lebih murah.

3. Cek Label Merek

Selalu periksa label. Mereka bisa mengatakan banyak tentang apakah suatu merek itu palsu atau tidak. Pabrikan palsu biasanya menggunakan peralatan pabrik berkualitas rendah sehingga tag dan label dapat dijahit dengan buruk.

Perhatikan detailnya. Label ukuran akan memiliki warna yang berbeda dan kualitas yang buruk dibandingkan dengan aslinya, dan huruf di atasnya mungkin memiliki jarak yang berbeda. Seringkali, terdapat nomor seri pada label ukuran untuk merek yang lebih mahal.

4. Cek Kemasan

Kosmetik palsu adalah hal serius! Itu karena kita menggunakan produk itu pada tubuh, jadi wajar jika pembeli ingin tahu bahwa semuanya telah diuji dan disertifikasi aman. Dari sinilah keterangan BNIB, BNOB, BNWB menjadi penting untuk menentukan kondisi dari sebuah barang sebelum membelinya. 

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari pembelian yang palsu:

- Plastik biasanya harus dibungkus rapat di sekitar kotak

- Produk palsu seringkali memiliki selubung plastik atau logam berkualitas rendah

- Biasanya ada logo hologram yang dicetak pada stiker, bukan pada kotak, dan

- Produk yang bagus harus masuk ke dalam kotak dengan sempurna.

[Ibr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini