7 Macam Simbol Daur Ulang yang Harus Diketahui, Pahami Artinya

Rabu, 29 Juni 2022 17:10 Reporter : Ani Mardatila
7 Macam Simbol Daur Ulang yang Harus Diketahui, Pahami Artinya simbol daur ulang. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Ada beberapa macam simbol daur ulang.Macam simbol daur ulang ini memiliki makna yang berbeda. Macam simbol daur ulangdan angka-angka unik ini dapat menunjukkan jenis plastik ketika mendaur ulang.

Oleh karena itu, sebagai langkah membantu mengelola sampah, penting untuk memahami macam simbol daur ulang. Pasalnya, banyak yang belum memahami apa macam simbol daur ulang dan artinya. Padahal, macam simbol daur ulang bukan hanya gambar atau simbol semata.

Dengan memahami maknamacam simbol daur ulang,Anda akan lebih paham untuk membantu mengurangi limbah, membatasi jejak karbon, dan menjaga lingkungan.

Berikut Merdeka.com merangkum macam simbol daur ulang yang harus diketahui:

2 dari 3 halaman

Simbol Panah Saling Mengejar

simbol daur ulang
©2022 Merdeka.com

Simbol saling mengejar yang kita lihat pada wadah dan produk plastik tidak selalu berarti produk tersebut dapat didaur ulang. Angka kecil di dalam segitiga ada untuk membantu mengidentifikasi jenis plastik yang digunakan untuk produk. 

Dengan memahami klasifikasi jumlah, kitakemudian dapat menentukan rute pembuangan yang tepat untuk produk plastic tersebut.

Simbol Panah Saling Mengejar Berangka 1: PETG atau PETE

simbol daur ulang
©2022 Merdeka.com

Macam simbol daur ulang yang pertama yaitu symbol panah dengan angka 1.  Simbol 1 dengan singkatan PETE juga dikenal sebagai polietilen tereftalat, yang biasa digunakan untuk botol minuman ringan, wadah air mineral, dan wadah jus buah, dan wadah minyak goreng. 

Plastik mudah didaur ulang sehingga sering menjadi bagian dari program daur ulang tepi jalan. Dapat digunakan kembali untuk membuat wadah, karpet, dan furnitur.

Simbol Panah Saling Mengejar Berangka 2: HDPE

Macam simbol daur ulang 2 dengan akronim HDPE menunjukkan salah satu plastik yang paling umum digunakan, HDPE yang merupakan singkatan dari high-density polyethylene. 

Plastik HDPE digunakan untuk sejumlah tujuan yang berbeda tetapi secara luas dianggap sebagai plastik pilihan untuk wadah barang-barang seperti bahan pembersih, susu, deterjen, dan sabun cuci berkat bobotnya yang rendah dan kekuatannya yang tinggi.

Lembaran HDPE juga dapat dengan mudah didaur ulang menjadi pipa, botol minyak, pena, dan botol deterjen. Ini umumnya diterima oleh daur ulang tepi jalan.

Simbol Panah Saling Mengejar Berangka 3: PVC atau Vinyl

Macam simbol daur ulang yang berlambang 3 dengan huruf “V” merupakan plastik PVC atau polivinil klorida. Anda mungkin menemukan plastik ini dalam foil gelembung, dan nampan untuk permen dan buah. 

Selain itu, papan busa PVC yang diperluas digunakan untuk berbagai aplikasi komersial. Berkat sifatnya yang ringan dan kaku, plastik PVC dapat dengan mudah dicap, digergaji, dilubangi, dipaku, dipaku, atau direkatkan menggunakan perekat PVC.

PVC jarang didaur ulang dan biasanya bukan bagian dari program daur ulang tepi jalan. Dalam kasus yang jarang terjadi, dapat didaur ulang untuk gundukan kecepatan, talang jalan, dan kabel.

3 dari 3 halaman

Simbol Panah Saling Mengejar Berangka 4: LDPE

Macam simbol daur ulang 4 dengan akronim LDPE menunjukkan bahwa plastik tersebut terbuat dari plastik LDPE, yang merupakan singkatan dari low-density polyethylene. Plastik ini datang dalam bentuk tas belanja, karung yang sangat tahan, dan botol pecah.

Jenis plastik ini biasanya tidak didaur ulang, tetapi dapat diubah menjadi ubin lantai dan amplop pengiriman.

Simbol Panah Saling Mengejar Berangka 5: PP

simbol daur ulang
©2022 Merdeka.com

Macam simbol daur ulang PP, atau plastik polipropilen, tepat ditandai dengan simbol nomor lima. Berkat daya tahan, kekuatan, dan bobotnya yang rendah, plastik ini digunakan pada furnitur, koper, mainan, dan pelapis serta batas luar mobil. Ini adalah salah satu jenis plastik yang lebih aman sehingga ideal untuk botol kecap dan botol obat. Hal ini juga semakin diterima dalam program daur ulang tepi jalan.

Simbol Panah Saling Mengejar Berangka 6: Stirena, atau PS

Plastik stirena, juga dikenal sebagai polistirena, ditandai dengan simbol 6 yang mencakup akronim PS. Plastik ini biasa digunakan dalam mainan, kemasan keras, nampan kulkas, tas kosmetik, perhiasan imitasi, kotak CD, dan cangkir penjual otomatis. 

Meskipun tidak diterima di banyak program daur ulang tepi jalan, dapat didaur ulang untuk membuat karton telur, wadah untuk dibawa pulang, dan penggaris.

Simbol Panah Saling Mengejar Berangka 7: Lainnya

Simbol 7 termasuk kata “LAINNYA” adalah singkatan dari “plastik lainnya”, yang meliputi, namun tidak terbatas pada, plastik akrilik, plastik polikarbonat, serat polilaktik, nilon, dan fiberglass. 

Tidak semua plastik dapat didaur ulang. Namun, akrilik dan polikarbonat dapat didaur ulang dan dapat digunakan kembali untuk proyek masa depan. Karena keduanya termoplastik, keduanya dapat dipanaskan kembali tanpa kehilangan kualitas. Untuk plastik simbol 7, pastikan untuk mengonfirmasi dengan program daur ulang lokal.

Ada banyak kasus penggunaan untuk akrilik, Anda mungkin dapat menemukannya digunakan untuk penyimpanan makanan, banyak wadah makanan terbuat dari akrilik karena kekuatan dan transparansinya. Namun, akrilik juga digunakan dalam tanda, rak, dan pajangan karena daya tahannya.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini