7 Ciri-ciri Hamil Anak Kembar yang Bisa Anda Kenali Sejak Awal

Senin, 13 Juli 2020 10:03 Reporter : Ani Mardatila
7 Ciri-ciri Hamil Anak Kembar yang Bisa Anda Kenali Sejak Awal Ilustrasi bayi kembar. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Katrina Elena

Merdeka.com - Beberapa ibu yang mengandung anak kembar mengatakan mereka curiga mereka mengandung lebih dari satu bayi sejak awal. Namun ibu-ibu lain terkejut ketika mengetahui bahwa mereka memiliki anak kembar.

Yang benar adalah bahwa meskipun ada beberapa tanda dan gejala kehamilan kembar, ada juga tumpang tindih yang luar biasa dengan tanda dan gejala kehamilan tunggal.

Tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti apakah Anda mengandung anak kembar (atau banyak bayi) hanya dengan mengukur perasaan Anda atau tidak seperti yang ditunjukkan oleh tes kehamilan di rumah. Faktanya, hanya USG yang bisa memastikan kehamilan kembar atau ganda.

Meski demikian, sebuah tanda awal bisa membuat Anda mengambil tindakan untuk memeriksakan lebih lanjut untuk USG.

Berikut ciri-ciri hamil anak kembar yang bisa Anda kenali sejak awal:

2 dari 8 halaman

Peningkatan mual pagi hari

Tidak sepenuhnya jelas mengapa beberapa orang mengalami mual di pagi hari. Tetapi bagi banyak orang hamil, itu dapat dimulai paling awal pada minggu ke-4 kehamilan, yang tepat pada saat Anda kehilangan menstruasi.

Peningkatan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hGH) dapat berkontribusi untuk merasakan mual setiap saat sepanjang hari. 

Beberapa orang yang mengandung banyak bayi melaporkan mengalami peningkatan tingkat mual di pagi hari, atau mual di pagi hari yang berlangsung lebih lama dalam kehamilan mereka. Mungkin sulit untuk menetapkan garis dasar untuk mual di pagi hari, karena dapat bervariasi dari orang ke orang, serta dari kehamilan ke kehamilan.

Mengalami mual dan muntah yang berlangsung di luar minggu ke-14 kehamilan dapat mengindikasikan bahwa Anda mengandung banyak bayi.

Sayangnya, mengalami morning sickness parah atau berkepanjangan juga dapat menjadi indikator hiperemesis gravidarum. Jika Anda muntah beberapa kali sehari, mengalami mual sepanjang hari, atau menurunkan berat badan, adalah ide yang baik untuk berbicara dengan dokter kandungan Anda.

3 dari 8 halaman

Kelelahan berlebihan

ilustrasi hamil©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Subbotina Anna

Kelelahan juga merupakan tanda kehamilan yang sangat dini. Pada minggu-minggu pertama, dan kadang-kadang bahkan sebelum menstruasi yang terlewat pada 4 minggu, Anda mungkin mulai merasa lelah. 

Peningkatan kadar hormon, bersama dengan masalah yang mungkin terjadi seperti gangguan tidur dan peningkatan buang air kecil, dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mendapatkan jumlah istirahat yang biasa.

Sekali lagi, tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti apakah kelelahan yang terjadi berarti Anda sedang mengandung satu bayi atau lebih. Jika Anda merasa sangat lelah, lakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan istirahat yang cukup, termasuk menjadwalkan waktu tidur Anda lebih awal, tidur siang jika memungkinkan, dan menciptakan lingkungan tidur yang nyenyak.

4 dari 8 halaman

HCG Tinggi

Human chorionic gonadotropin (hCG) adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh selama kehamilan. Tes kehamilan di rumah mendeteksi hormon ini dalam urin untuk memberi Anda hasil tes positif. Sementara tes kehamilan di rumah tidak bisa memberi tahu Anda tingkat hCG spesifik dalam tubuh Anda, tes darah bisa.

Jika Anda menjalani perawatan kesuburan tertentu, Anda mungkin harus mengambil darah untuk memeriksa nomor hCG Anda. OB Anda akan menetapkan garis dasar, kemudian melihat apakah angka tersebut berlipat ganda seperti yang diharapkan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengandung anak kembar mungkin memiliki jumlah hCG yang lebih tinggi dari yang diharapkan.

5 dari 8 halaman

Gerakan Janin

ilustrasi janin©©Shutterstock.com/Timof

Merasa janin bergerak di dalam rahim adalah salah satu aspek kehamilan yang paling mendebarkan. "Pengencang," atau waktu ketika Anda pertama kali merasakan bayi Anda, dapat terjadi kapan saja antara 18 dan 25 minggu tetapi biasanya terdeteksi lebih awal pada kehamilan berikutnya, mungkin pada awal 16 minggu.

Ketika wanita merasakan gerakan di awal kehamilan seringkali tidak konsisten dan bisa menipu. Meskipun banyak ibu bayi kembar mengalami pergerakan janin lebih sering atau lebih awal, ada beberapa ketidaksepakatan di antara para profesional medis tentang masalah ini.

Bagi sebagian wanita, perasaan pergerakan yang dikenali terjadi lebih awal pada kehamilan berikutnya, apakah ada satu bayi atau lebih. Selain itu, ketahuilah bahwa apa yang tampak seperti gerakan janin di awal kehamilan sebenarnya adalah gas atau perut yang terganggu.

6 dari 8 halaman

Detak jantung kedua

Detak jantung bayi Anda mungkin terdengar sejak 8 hingga 10 minggu menggunakan doppler janin.  Jika dokter kandungan Anda berpikir mereka mendengar detak jantung kedua, mereka kemungkinan akan menyarankan penjadwalan ultrasound untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang terjadi.

7 dari 8 halaman

Perut lebih besar

beragam perubahan tubuh yang terjadi saat trimester kedua kehamilan©2020 Merdeka.com

Sementara ibu dari anak kembar hanya memiliki perbedaan berat sekitar 10 pound lebih banyak dari ibu tunggal, jumlah berat badan seorang wanita sering lebih tergantung pada tinggi badannya, tipe tubuh, dan berapa beratnya sebelum hamil dibandingkan dengan jumlah bayi dalam kandungan.

Selain itu, banyak peningkatan kenaikan berat badan terjadi kemudian dalam kehamilan, seringkali setelah USG telah mengkonfirmasi atau mengecualikan diagnosis kembar atau kelipatan lainnya. 

Akhirnya, diet Anda bisa menjadi alasan mengapa Anda menambah berat badan terlalu banyak. Anda mungkin mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda butuhkan.

8 dari 8 halaman

Intuisi Ibu

Sementara hal-hal lain dalam daftar ini merujuk pada semacam bukti yang terlihat gejala berlebihan,  peningkatan mual di pagi hari dan banyak lagi, kita tidak dapat mengabaikan kekuatan intuisi seorang ibu.

Apakah calon ibu memiliki mimpi tentang anak kembar atau firasat yang tidak dapat mereka jelaskan, mereka yang merawat wanita hamil dengan cepat belajar mendengarkan. Beberapa "petunjuk" terbaik yang mengindikasikan kehamilan ganda tidak mudah dijelaskan dalam buku teks medis.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini