Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Makanan Burung Kutilang yang Bergizi, Jangan Sembarangan

5 Makanan Burung Kutilang yang Bergizi, Jangan Sembarangan burung kutilang. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Burung kutilang atau cangkurileung, ketilang, atau genthilang menjadi burung yang banyak dijumpai di Indonesia. Burung ini bukan merupakan burung yang dilindungi sehingga bisa dipelihara oleh para pecinta burung.

Nama latin hewan ini adalah Pycnonotus aurigaster. Burung kutilang terutama banyak tersebar di pulau Jawa. Burung ini hidup berkelompok, dijumpai pada hutan-hutan sekunder, area terbuka, semak belukar dan padang rumput.

Cucak kutilang juga sudah lama dikenal sebagai burung peliharaan karena suaranya yang merdu. Lantas apa saja makanan burung kutilang yang bergizi dan sehat?

Makanan Burung Kutilang

Pepaya

masker pepaya

©2012 Merdeka.com

Makanan burung kutilang yang bernutrisi yang pertama, yaitu pepaya. Burung pepaya memiliki tekstur yang lunak sehingga mudah ditelan dan dicerna. Ini terkadang menjadi masalah tersendiri terutama ketika burung kutilang menjadi hama perkebunan pepaya.

Sebelum memberikan pepaya ke burung baiknya pisahkan dulu bijinya karena selain tidak akan dimakan oleh si burung, sisa biji akan mengotori kendang dan area sekitar.

Dengan kadar lemak sehat, protein, magnesium, serat, kalsium, dan fosfor yang tinggi, makanan burung kutilang ini mengemas nutrisi yang tak tertandingi oleh buah-buahan lainnya.

Pisang

Hampir sama dengan pepaya, makanan burung kutilang ini memiliki tekstur yang lunak sehingga burung menyukainya. Jenis pisang yang biasanya diberikan untuk burung kutilang yaitu jenis pisang kepok.

Buah yang berbeda memiliki nutrisi dan mineral yang berbeda, yang sangat bermanfaat bagi burung. Pisang juga buah yang baik dan mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat untuk pencernaan, kesehatan jantung, dan penurunan berat badan.

Pisang tumbuk bisa diberikan untuk burung, atau memberikan pisang yang terlalu matang.

Voer

Selain bisa memberikan makanan-makanan alami tanpa olahan, makanan burung kutilang juga bisa dari voer. Voer dikemas sedemikian rupa untuk memenuhi nutrisi burung peliharaan.

Selain bernutrisi, bentuk voer juga sudah disesuaikan untuk burung. Ada banyak jenis voer yang bisa dipilih, membeli voer dengan aroma yang berhubungan dengan burung kutilang akan lebih disukai mereka.

Serangga

Makanan burung kutilang yang tak kalah penting yaitu serangga. Namun tentu saja bukan sembarang serangga. Burung kutilang memang hewan yang tergolong omnivora namun memberikan serangga yang membawa banyak penyakit juga bisa menyebabkan imun burung kutilang melemah.

Serangga yang umumnya menjadi makanan burung kutilang yaitu jangkrik, ulat, kupu-kupu dan serangga yang lain.

Air Minum

burung kutilang

©2022 Merdeka.com

Jangan membiarkan air minum di kendang kosong. Sama seperti makhluk hidup lainnya, selain makan, burung kutilang membutuhkan asupan air yang cukup terutama jika mereka tak bisa pergi ke mana-mana untuk memperoleh air sendiri.

Selain itu jangan lupa untuk selalu membersihkan wadah air minum setiap hari untuk menghindari burung kutilang terkena penyakit apa pun.

Cara Merawat Burung Kutilang

Setelah mengetahui makanan burung kutilang, penting untuk mengetahui cara merawat burung kutilang jika memutuskan untuk mengandangkannya di rumah. Berikut di antaranya:

Memilih ukuran kandang yang tepat

burung kutilang

©2022 Merdeka.com

Cara merawat burung kutilang yaitu dengan memberikan kandang yang nyaman bagi si burung. Anda bisa mulai dengan memilih ukuran kandang yang tepat yaitu menurut laman thegorbalsla sekitar 70 cm x 45 cm.

Menjaga kebersihan kandang

Selain memperhatikan ukuran kandang, menjaga kebersihannya tak kalah penting. Burung kutilang makan, tidur, sekaligus membuang kotoran di kandang tersebut. Sama seperti manusia, burung bisa terkena infeksi penyakit dari bakteri dan virus oleh sebab itu penting.

Memandikan burung kutilang

Saat memandikan burung kutilang perhatikan waktu yang tepat, karena udara yang dingin akan memengaruhi kesehatan burung. Cara memandikannya sendiri yaitu dengan disemprot pelan dengan air bersih.

Burung kutilang bisa dimandikan setiap 2 minggu sekali saat cuaca sedang cerah dan paling baik yaitu pukul 8 sampai 9 pagi.

Hindari menyemprot burung di area mata karena membuat burung tak nyaman dan trauma untuk dimandikan lagi.

Menjemur burung kutilang

burung kutilang

©2022 Merdeka.com

Jangan lupa untuk menjemur burung kutilang secara berkala. Jangan menjemur ketika matahari terlalu panas atau terik. Perhatikan tempat dengan sinar yang cukup.

Penjemuran bisa dilakukan selama 1 hingga 2 jam saja. Jangan menjemur burung kutilang di area yang berisik seperti pinggir jalan karena akan membuat burung kutilang mudah stres.

Fakta Burung Kutilang

1. Ciri-Ciri Fisik Burung Kutilang

Burung kutilang memiliki ciri-ciri fisik yang khas yang memudahkan untuk mengenalinya. Salah satu ciri yang paling menonjol adalah bulu-bulunya yang berwarna abu-abu kecokelatan di sebagian besar tubuhnya, dengan bagian atas lebih gelap dan bagian bawah lebih terang.

Burung kutilang juga memiliki jambul kecil di atas kepalanya, yang bisa ditegakkan saat merasa terancam atau sedang waspada. Burung ini memiliki ekor panjang berwarna hitam dengan ujung putih, yang terlihat jelas saat terbang. Di sekitar kepala, burung kutilang memiliki topi hitam yang mencolok, terutama pada kutilang jantan.

Selain warna bulu, burung kutilang juga memiliki paruh yang pendek dan kuat berwarna hitam, yang memungkinkannya untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan, termasuk serangga kecil, biji-bijian, dan buah-buahan. Matanya berwarna cokelat tua dengan lingkaran mata yang tidak terlalu jelas. Kaki burung ini berwarna hitam dan agak pendek, namun cukup kuat untuk mencengkeram cabang pohon atau tempat bertengger lainnya. Ukurannya sedang, dengan panjang tubuh sekitar 20 cm dan berat sekitar 30-40 gram.

2. Habitat Burung Kutilang

Burung kutilang memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi terhadap berbagai jenis habitat, menjadikannya salah satu burung yang mudah ditemukan di kawasan tropis dan subtropis Asia Tenggara. Di alam liar, burung kutilang sering ditemukan di hutan-hutan terbuka, tepi hutan, dan semak belukar.

Mereka juga menyukai kawasan pertanian, perkebunan, dan daerah pedesaan yang menyediakan banyak pohon dan semak untuk berlindung dan mencari makanan. Habitat ini menyediakan berbagai sumber makanan seperti buah-buahan, biji-bijian, dan serangga kecil yang menjadi bagian penting dari diet mereka.

Selain itu, burung kutilang juga sangat umum ditemukan di daerah perkotaan dan pinggiran kota. Mereka sering terlihat di taman-taman kota, kebun, dan pekarangan rumah yang memiliki vegetasi yang cukup. Adaptasi mereka terhadap lingkungan yang diubah manusia membuat burung ini mampu bertahan di area dengan tingkat urbanisasi yang tinggi. Mereka membangun sarang di pohon-pohon atau semak-semak, sering kali di tempat yang cukup tersembunyi untuk melindungi telur dan anak-anaknya dari predator. 

3. Perilaku Sosial Burung Kutilang

Burung kutilang hidup berkelompok, terutama di luar musim kawin, dan sering terlihat bergerombol saat mencari makanan atau bertengger di pohon. Interaksi sosial antara burung kutilang mencakup berbagai perilaku seperti grooming atau membersihkan bulu satu sama lain, yang membantu memperkuat ikatan sosial di antara mereka.

Selain itu, burung kutilang juga memiliki sistem komunikasi vokal yang kompleks. Mereka menggunakan berbagai macam suara dan nyanyian untuk berkomunikasi satu sama lain, baik untuk menarik pasangan, memberi peringatan tentang predator, atau sekadar berinteraksi dengan sesama anggota kelompok.

Di musim kawin, perilaku sosial burung kutilang mengalami perubahan yang cukup signifikan. Pada periode ini, pasangan burung kutilang menjadi lebih teritorial dan defensif terhadap wilayah sarang mereka. Jantan biasanya lebih aktif dalam mempertahankan teritorinya dengan memperlihatkan perilaku agresif terhadap burung lain yang mendekat, serta melakukan nyanyian untuk menarik perhatian betina. Setelah pasangan terbentuk, mereka akan bekerja sama dalam membangun sarang dan merawat anak-anak mereka.

(mdk/amd)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Karakteristik Burung Kutilang, Lengkap dengan Jenis Makanan dan Cara Merawatnya
Karakteristik Burung Kutilang, Lengkap dengan Jenis Makanan dan Cara Merawatnya

Burung kutilang atau cangkurileung, ketilang, atau genthilang menjadi burung yang banyak dijumpai di Indonesia.

Baca Selengkapnya
10 Burung Terkuat di Bumi, Ada yang Mampu Terbang dan Angkat Beban 18 Kg!
10 Burung Terkuat di Bumi, Ada yang Mampu Terbang dan Angkat Beban 18 Kg!

Menurut informasi dari a-z animals, ada sejumlah burung yang secara luar biasa kuat untuk ukurannya, mampu mengangkat beban yang cukup berat. Simak selengkapnya

Baca Selengkapnya
Punya Bentuk Tubuh yang Unik, Inilah 10 Burung dengan Paruh Terpanjang di Dunia
Punya Bentuk Tubuh yang Unik, Inilah 10 Burung dengan Paruh Terpanjang di Dunia

Setiap jenis burung memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Inilah 10 burung dengan paruh terpanjang, yuk simak!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jenis Burung Khas Indonesia, Ketahui Karakteristik dan Habitatnya
Jenis Burung Khas Indonesia, Ketahui Karakteristik dan Habitatnya

Indonesia menjadi rumah bagi berbagai jenis burung yang memukau. Intip jenis burung endemik yang umum dijumpai.

Baca Selengkapnya
Berukuran Seperti Tikus, Hewan Ini Sempat Dianggap Jenis Primata Tapi Ternyata Bukan
Berukuran Seperti Tikus, Hewan Ini Sempat Dianggap Jenis Primata Tapi Ternyata Bukan

Selama 50 tahun, hewan ini dianggap jenis primata.

Baca Selengkapnya
Tidak Seperti Burung Biasanya, Inilah 15 Burung yang Bertelur dengan Warna Biru
Tidak Seperti Burung Biasanya, Inilah 15 Burung yang Bertelur dengan Warna Biru

Ada beberapa yang memiliki telur warna biru. Ada burung apa saja? Yuk simak artikel berikut sampai akhir!

Baca Selengkapnya
Menegangkan, Tuna Wicara Gelut Lawan Beruang di OKU hingga Kaki Putus
Menegangkan, Tuna Wicara Gelut Lawan Beruang di OKU hingga Kaki Putus

Peristiwa itu terjadi saat korban berada di kebun bersama ayahnya di Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan, Ogan Komering Ulu (OKU).

Baca Selengkapnya
Jenis Kucing Bengal dan Karakteristiknya, Tubuh Panjang hingga Corak Unik
Jenis Kucing Bengal dan Karakteristiknya, Tubuh Panjang hingga Corak Unik

Kucing bengal termasuk kucing unik yang diminati banyak orang.

Baca Selengkapnya
60 Pantun Jawa Lucu yang Kocak, Cocok untuk Hiburan Sehari-hari
60 Pantun Jawa Lucu yang Kocak, Cocok untuk Hiburan Sehari-hari

Merdeka.com merangkum informasi tentang 60 pantun Jawa lucu yang kocak dan bikin ngakak. Pantun-pantun ini cocok untuk hiburan sehari-hari.

Baca Selengkapnya