Viral Masker Bocor Dituang Minyak Kayu Putih, Ketahui Cara Yang Benar Lewat Video Ini

Rabu, 13 Oktober 2021 20:00 Reporter : Wuri
Viral Masker Bocor Dituang Minyak Kayu Putih, Ketahui Cara Yang Benar Lewat Video Ini Viral Masker Bocor Dituang Minyak Kayu Putih, Ketahui Cara Yang Benar Lewat Video Ini. ©Shutterstock

Merdeka.com - Penggunaan masker memang jadi kebiasaan baru yang muncul sejak pandemi Covid-19 terjadi. Apapun aktivitas yang dilakukan di luar rumah, masker jadi salah satu protokol kesehatan yang nggak boleh ketinggalan demi menjaga diri sendiri dan orang lain. Namun, pakai masker seharian jelas jadi tantangan sendiri. Susah bernapas, sesak, hingga bikin pusing sering jadi keluhan bagi orang-orang yang harus menggunakan masker saat beraktivitas sehari-hari.

Inilah yang membuat sebagian orang memilih menggunakan minyak kayu putih atau eucalyptus oil untuk melegakan pernapasan dan mengurangi rasa sesak yang terjadi saat pemakaian masker. Tapi, belakangan ini muncul video viral yang menjelaskan bahwa menuang minyak kayu putih pada masker malah bikin masker bocor. Bagaimana faktanya?

Berawal dari Video Ketua PMI Sumatera Utara

viral masker bocor dituang minyak kayu putih ketahui cara yang benar lewat video ini
©Youtube/VS Experiment

Perbincangan tentang masker bocor ini berawal dari sebuah video yang dibuat oleh Ketua PMI Sumatera Utara. Dari video tersebut, ia menunjukkan masker yang dituang dengan minyak kayu putih dapat membuat air yang dituang ke dalamnya jadi merembes. Masker yang merembes ini membuktikan bahwa masker yang digunakan sudah rusak dan nggak layak digunakan.

Dituang vs Dioles, Mana Cara Mengaplikasikan Minyak Kayu Putih yang Benar?

viral masker bocor dituang minyak kayu putih ketahui cara yang benar lewat video ini
©Youtube/VS Experiment

Benarkah masker yang dituang minyak kayu putih bisa membuatnya bocor? Kanal Youtube VS Experiment berusaha membuktikan hal tersebut dengan membuat eksperimen ulang. Mereka melibatkan 3 buah masker dengan perlakuan berbeda. Masker pertama tanpa minyak kayu putih, masker kedua dituang minyak kayu putih, serta masker satu lagi yang dioles dengan Plossa Eucalyptus yang memiliki bagian roller. Bagaimana hasilnya saat dituang air?

Ternyata hasilnya cukup mengejutkan, lho. Masker pertama yang tidak diberikan minyak kayu putih apapun tidak bocor saat dituang air ke dalamnya. Sementara itu, masker kedua yang dituang minyak kayu putih malah bocor. Dan masker yang dioles eucalyptus jenis roller seperti Plossa Eucalyptus menunjukkan bahwa masker tidak bocor seperti yang masker kedua.

Penggunaan Plossa Eucalyptus Tidak Merusak Lapisan Masker

Video ini sekaligus jadi bukti bahwa bukan penggunaan minyak kayu putih yang nggak disarankan, melainkan cara penggunaannya yang harus benar dilakukan. Jika dituang minyak kayu putih dalam jumlah berlebihan, ternyata dapat merusak serat masker dan membuatnya jadi nggak layak pakai. Hal ini dibuktikan juga lewat visual serat masker di mikroskop yang menunjukkan sudah renggang, sehingga kotoran, bakteri, dan virus berisiko terhirup ke dalam saluran pernapasan.

viral masker bocor dituang minyak kayu putih ketahui cara yang benar lewat video ini
©©Youtube/VS Experiment

Berbeda dengan masker yang dioles Plossa Eucalyptus, karena jenisnya roller, hasilnya aplikasi minyak kayu putih jadi lebih merata dan nggak berlebihan. Hal ini tidak merusak serat masker sehingga tetap layak digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Kesimpulannya, nggak masalah kok menggunakan minyak kayu putih pada masker yang digunakan asalkan tekniknya tepat. Gunakan minyak kayu putih/eucalyptus berjenis roller seperti Plossa Eucalyptus. Minyak eucalyptus yang punya banyak kegunaan, seperti inhaler untuk melegakan hidung tersumbat dan meredakan stress, roll on yang bisa dioleskan di leher, pelipis, serta masker, serta bisa juga digunakan sebagai kerokan saat masuk angin hingga pijat relaksasi, lho.

Dapatkan Plossa Eucalyptus di Toko Obat, Minimarket, atau di Enesis Official Store di Tokopedia dan Shopee.

Tonton video eksperimen selengkapnya dengan cara klik di sini ya! [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Info Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini