Vaksinasi Jadi Bagian Penting dalam Membedakan Gejala Covid-19 Varian Omicron

Senin, 13 Desember 2021 15:10 Reporter : Titah Mranani
Vaksinasi Jadi Bagian Penting dalam Membedakan Gejala Covid-19 Varian Omicron Paket sembako untuk warga yang divaksin Covid-19. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Covid-19 varian omicron kini telah menyebar dan terdeteksi di sekitar hampir 45 negara. Berdasarkan keputusan WHO, varian omicron ini juga telah ditetapkan menjadi variant of concern dikarenakan mutasinya yang sangat cepat.

Namun sayangnya, hingga kini para peneliti belum menemukan bukti terkait varian omicron yang lebih berbahaya dari varian-varian sebelumnya. Varian omicron ini pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan dan kini telah masuk ke Indonesia.

dr Angelique Coetzee, Ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, seperti dikutip dari Fimela.com, mengatakan kepada The New York Times bahwa orang-orang yang terinfeksi varian omicron ini merupakan orang-orang yang belum mendapat vaksinasi secara lengkap atau bahkan belum mendapatkan vaksinasi sama sekali.

Menurut laporan yang beredar gejala yang dialami ketika terinfeksi covid-19 varian omicron terhitung ringan, seperti nyeri, batuk pilek dan pusing.

Untuk saat ini, dari orang yang terjangkit omicron belum ada yang melaporkan hilang indera penciuman dan perasa. Namun, para peneliti masih mencari tahu kepastian terkait terakit varian omicron ini, apakah perbedaan gejala yang muncul benar-benar disebabkan oleh varian omicron atau bukan.

Yang pasti, para pakar saat ini menegaskan bahwa pencegahan terbaik yang bisa dilakukan untuk mengahalau semua varian covid-19 adalah menjaga protokol kesehatan dan mendapatkan vaksinasi covid-19 sevara lengkap.

Fimela.com/Annissa Wulan [ttm]

Baca juga:
Kasus Omicron Ditemukan di Indonesia, Kemenag Tunda Pemberangkatan Jemaah Umrah
Virus Covid-19 Varian Omicron Masuk ke Indonesia, Ini Strategi Pencegahan Berlapis
Suasana Lalu Lintas Ibu Kota Seusai Temuan Kasus Omicron
Cegah Omicron, KAI Commuter Batasi Penumpang di Bawah 50 Persen
Omicron Masuk Indonesia, PHRI Bali Tetap Optimistis Turis Domestik Datang saat Nataru
RSDC Wisma Atlet Lockdown Seusai Temuan Kasus Omicron

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini