Selain bikin sakit gigi, bakteri dalam mulut juga sebabkan penyakit ini

Kamis, 16 November 2017 14:14 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi sakit gigi. ©Shutterstock/dundanim

Merdeka.com - Mulut adalah salah satu anggota tubuh yang paling rentan bersinggungan dengan bakteri. Sebabnya, mulut menjadi pintu gerbang masuknya makanan atau minuman dari luar yang bisa saja mengandung bakteri di dalamnya. Akibatnya bakteri bisa bertumpuk. Termasuk bakteri Klebsiella pneumoniae yang mudah merusak kesehatan usus.

Menurut penelitian yang berasal dari Waseda University, Tokyo, bakteri ini suka menjajah keseimbagan mikroba di usus yang membuat sel yang disebut dengan T helper 1 (TH1) menjadi terlalu aktif dalam usus dan mengakibatkan penyakit radang usus.

"Setiap harinya manusia bisa memproduksi air liur rata-rata sebanyak 1,5 liter yang mengandung bakteri di dalamnya. Termasuk dengan bakteri Klebsiella pneumoniae. Bakteri ini sebenarnya tidak terlalu membahayakan tubuh. Namun konsumsi obat antibiotik dalam jangka panjang akan membuat bakteri ini bertahan di usus dan kemudian mengakibatkan aktifnya TH1 yang membahayakan kesehatan usus," jelas Masahira Hattori, profesor dari universitas tersebut.

Selain penyakit usus, bakteri yang ada di dalam mulut dan mengakibatkan penyakit gusi mampu memberikan dampak buruk pula pada kesehatan jantung. Sebabnya penyakit gusi kronis akan meningkatkan ketebalan pembuluh darah yang ikut membahayakan jant [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini