Secara Tak Terduga, Obat Tetes Ini Bisa Untuk Mengobati Luka Akibat Pisau Cukur

Minggu, 31 Maret 2019 18:18 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Secara Tak Terduga, Obat Tetes Ini Bisa Untuk Mengobati Luka Akibat Pisau Cukur 7 Hal yang harus diperhatikan sebelum bercukur. ©Thinkstock photos/Getty Images

Merdeka.com - Pada pria dewasa, bercukur merupakan kegiatan yang dilakukan hampir setiap hari. Baik pada rambut di wajah maupun di bagian lain seperti kaki dan tangan, bercukur kerap dilakukan hampir setiap hari.

Salah satu masalah yang kerap terjadi ketika bercukur adalah luka dan goresan yang terjadi secara tak sengaja. Walau hanya luka kecil, namun hal ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan pada kamu terutama ketika terjadi di wajah.

Untuk mengatasi luka yang munjul akibat pisau cukur ini sebenarnya terdapat sebuah hal yang tak terduga. Dilansir dari Men's Health, terdapat cara mudah dan tak terduga untuk menghentikan pendarahan dan mengatasi luka akibat bercukur, yaitu dengan menggunakan obat tetes mata.

Obat tetes mata secara tak terduga bisa kamu gunakan untuk mengatasi luka akibat alat cukur. Kandungan zat aktif tetrahydrozoline pada obat tetes mata dapat mengecilkan pembuluh darah.

Selain itu, kandungan zat lainnya seperti zinc sulfate dalam obat tetes mata akan membantu mempercepat pembekuan darah. Hasilnya, pendarahan akan cepat berhenti.

Secara teori, zat pada spray hidung yang bernama oxymetazonne juga bisa digunakan untuk menghentikan luka tersebut. Namun hal ini belum diujicobakan. Meski begitu, jangan terburu-buru mencari obat tetes mata untuk menghentikan pendarahan akibat luka cukur secara langsung.

Dr Joshua Zeichner, seorang ahli kulit dari Manhattan's Mt Sinai Medical Center merekomendasikan agar kamu menekan bagian yang terluka untuk memperlambat pendarahan. Sedikit tekanan akan membantu tubuh untuk membekukan darah secara alami.

Untuk mempercepat penyembuhan, Dr Zeichner juga menyarankan untuk menggunakan plester cair pada bagian yang terluka. Jika luka cukup besar, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter agar mendapat pengobatan secara lebih lanjut. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini