Rambut sering gatal? Bisa jadi itu eksim rambut

Senin, 8 Februari 2016 09:09 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Rambut sering gatal? Bisa jadi itu eksim rambut Ilustrasi kulit kepala gatal. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Lars Zahner

Merdeka.com - Saat kamu berkeringat, maka wajar kamu seringkali merasakan gatal di rambut. Namun beberapa kali kamu merasakan gatal di rambut meskipun kamu sedang tidak berkeringat. Dan gatalnya itu terasa sangat menyebalkan. Well, bisa jadi itu eksim rambut.

Sama seperti eksim yang ada di kulit, eksim juga bisa muncul di kulit kepala. Selain gatal, eksim rambut juga bisa membuat kulit kepala mengeluarkan darah jika kamu terlalu keras menggaruknya.

Kamu sendiri sedang merasa kesal dengan hal tersebut? Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk menyingkirka eksim rambut.

Lidah buaya

Kamu bisa mengoleskan getah yang diambil dari sayatan batang lidah buaya. Kemudian oleskan di kulit kepala. Bahan alami di dalamnya yaitu mannans asetat, antrakuinon, dan magnesiumnya bisa mengurangi bakteri dan gatal di eksim rambut.

Melati

bunga yang identik dengan warna harum ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengobati eksim rambut, lho. Hal ini disebabkan karena bunga melati mengandung bromocriptine, zat aktif yang bermanfaat sebagai anti eksim rambut.

Bawang merah

Getah yang berasal dari bawang merah segar bisa kamu manfaatkan untuk mengobati eksim rambut. Oleh karena itu oleskan getahnya di kulit kepala agar kamu terhindar dari gangguan ini.

Selain dengan perawatan tersebut, hindari pula kulit kepala yang berkeringat sebab hal ini mampu memperparah penyakit eksim rambut kamu. Hindari pula mengonsumsi makanan yang mampu mencetuskan alergi seperti susu, cokelat, telur, dan tomat. [feb]

Baca juga:

Mari tebak kepribadian lewat 3 jenis rambut ini!

Sebal karena ketombe membandel? Basmi dengan 6 bahan alami ini

Ini 9 perawatan penting buat si rambut keriting

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini