Perut Tetap Kenyang Selama Puasa, Ketahui Buah Yang Harus Dikonsumsi Saat Sahur

Sabtu, 23 April 2022 10:30 Reporter : Magang
Perut Tetap Kenyang Selama Puasa, Ketahui Buah Yang Harus Dikonsumsi Saat Sahur Ilustrasi buah. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/ S-F

Merdeka.com - Salah satu kewajiban umat muslim pada bulan Ramadan adalah berpuasa. Tubuh tidak akan mendapat makanan maupun cairan selama lebih dari 12 jam. Oleh karena itu pemilihan makanan yang tepat pada saat sahur menjadi kunci utama agar tubuh bisa tahan dari rasa lapar dan tetap terhidrasi selama berpuasa.

Salah satu sumber pemenuhan kebutuhan cairan selama puasa adalah air putih. Saat sahur disarankan untuk minum 2 gelas air putih lalu dilanjutkan dengan 4 gelas setelah berbuka dan 2 gelas sebelum tidur. Namun cairan tidak hanya didapatkan dari air putih saja.

Buah-buahan merupakan sumber cairan yang baik untuk tubuh juga. Sebab buah juga mengandung nutrisi lain seperti serat, kalori, protein, karbohidrat, antioksidan serta vitamin. Nutrisi ini dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Serat bermanfaat untuk memperlambat proses pencernaan. Sehingga perut akan merasakan sensasi kenyang lebih lama daripada mengonsumsi makanan dengan serat yang sedikit. Memilih buah untuk pendamping saat sahur merupakan pilihan yang tepat.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah pilihan buah-buahan yang harus dikonsumsi saat sahur:

2 dari 4 halaman

Buah yang Kaya Kandungan Air

kaya kandungan air rev4

1. Semangka

Semangka (Citrullus lanatus) adalah buah besar dan manis yang berasal dari Afrika bagian selatan. Semangka mengandung 92% air yang dapat membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Buah ini hampir tidak mengandung protein dan lemak sama sekali.

Semangka merupakan sumber vitamin C yang baik dan mengandung potasium, tembaga, vitamin B5, dan vitamin A dalam jumlah yang cukup. Kandungan ini dapat memberikan manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan kesehatan kulit, fungsi imun, kesehatan jantung, serta mengontrol tekanan darah.

Buah ini memiliki kalori yang rendah yaitu sebesar 30 kalori. Meskipun begitu, kandungan air yang tinggi dalam semangka dapat membuat tubuh terhidrasi sehingga dengan memakan semangka dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama dan tidak dehidrasi.

2. Pir

ilustrasi pir
©Pexels

Pir adalah buah yang kaya serat, dengan sekitar 5,5 gram serat dalam buah berukuran sedang. Sehingga buah pir dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sama seperti semangka, pir merupakan buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi. 

Buah pir juga kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan vitamin K yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu melawan peradangan sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, terutama saat berpuasa dimana perut berada dalam kondisi kosong.

Saat mengonsumsi buah pir, sebaiknya jangan kupas kulitnya. Sebab kulit pir mengandung polifenol enak kali lebih banyak daripada daging pir sendiri.  Polifenol dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

3 dari 4 halaman

Tinggi Serat

rev5

3. Apel

Buah apel merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Satu apel sedang mengandung 104 kalori, 28 karbohidrat dan 5 gram serat. Selain itu apel juga mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin B1 dan B6

Buah ini juga mengandung sumber antioksidan polifenol yang tinggi. Antioksidan penting untuk melindungi sel dan jaringan tubuh dari radikal bebas.

mengonsumsi 1 buah apel utuh dapat meningkatkan perasaan kenyang 4 jam lebih lama daripada mengonsumsi apel yang sudah dibuat jus. Hal ini dikarenakan buah apel yang utuh mengurangi tingkat pengosongan lambung, sehingga buah apel akan cocok dikonsumsi saat sahur.

4. Pisang

ilustrasi pisang
cybex.pertanian.go.id

Mengonsumsi pisang dalam jumlah yang banyak dapat membuat perut Anda merasa lebih kenyang. Kandungan serat tinggi yang ada pada pisang dapat memperlambat proses pencernaan.

Buah ini juga dapat mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit. Konstipasi rentan dialami bagi sebagian besar orang saat menjalankan puasa. Mengonsumsi pisang saat sahur merupakan pilihan yang tepat.

Meskipun pisang merupakan buah yang rendah kalori, namun buah ini juga rendah akan protein. Sehingga Anda dapat memakan pisang dengan makanan tinggi protein seperti yogurt untuk menambahkan kandungan protein.

4 dari 4 halaman

Tinggi Antioksidan

rev6

5. Alpukat

Alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi yaitu sebanyak 322 kalori. Alpukat adalah sumber folat, potasium, dan lemak sehat yang bagus, serta vitamin K, C, dan E. Buah ini juga mengandung sejumlah kecil vitamin B dan mineral, seperti tembaga, fosfor, magnesium, mangan, besi, dan zinc.

Meskipun kandungan kalori yang tinggi, nutrisi lain pada buah alpukat seperti serat dan kandungan lemak yang sehat dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Namun Anda harus memperhatikan porsi dalam mengonsumsi buah ini.

Alpukat dapat dikonsumsi langsung atau menjadikannya jus. Tetapi lebih baik langsung dikonsumsi atau dihancurkan menggunakan sendok. Jika ingin menambahkan rasa manis, tidak disarankan menggunakan gula pasir, melainkan madu sebagai pemanis alami.

6. Kurma

ilustrasi kurma
©2019 Merdeka.com/Pixabay


Kurma merupakan buah yang tinggi serat. Kandungan serat kurma tiap 3,5 ons mencapai 7 gram. Sehingga buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat sahur karena dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Kurma juga dapat dikonsumsi saat buka puasa. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak makan berlebihan. Karena tubuh tidak menerima asupan kalori dan gula saat puasa, biasanya keinginan ini akan melonjak dan menyebabkan terjadinya over eating.

Selain itu, mengonsumsi kurma dengan rutin dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga mencegah terjadinya sembelit saat puasa.

Enam buah di atas dapat menjadil pilihan yang tepat untuk menemani Anda saat sahur. Namun Anda juga tetap harus memperhatikan kandungan yang terdapat pada tiap buah-buahan terutama jika Anda memiliki alergi pada kandungan atau zat tertentu yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. [mgd]

Baca juga:
Salah Satu Manfaat Buah Pisang bagi Pencernaan adalah Mengatasi Asam Lambung

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini