Penyakit ini membuat penderitanya berbau seperti ikan busuk!

Selasa, 12 November 2013 16:14 Reporter : Kun Sila Ananda
Penyakit ini membuat penderitanya berbau seperti ikan busuk! Ilustrasi ikan. ©Shutterstock.com/ JIANG HONGYAN

Merdeka.com - Pernah mencium bau keringat atau bau tubuh Anda? Apakah baunya seperti ikan? Jika iya, bisa jadi Anda terkena salah satu penyakit langka yang disebut trimethylaminuria. Penyakit yang juga disebut sebagai Sindrom Bau Ikan (Fish Odor Syndrome) ini membuat penderitanya mengalami kelainan yaitu memiliki bau tubuh yang menyengat seperti ikan.

Saking parahnya, tak hanya bau tubuh penderita saja yang seperti ikan, tetapi juga bau urine, napas, dan keringatnya. Penyakit ini disebabkan oleh gen yang bernama FMO3. Biasanya, gejala penyakit ini sudah terlihat sejak masih bayi, seperti dilansir oleh Medicine Net.

Penyebab lainnya bisa jadi berasal dari kelebihan protein tertentu saat diet, atau peningkatan jumlah bakteri pada saluran pencernaan. Tak hanya itu, beberapa keadaan seperti penyakit lever, penyakit ginjal, kebersihan yang buruk, dan lainnya juga bisa menyebabkan sindrom ini semakin memburuk. Karena penyakit ini bisa dipengaruhi oleh gen, maka tak mengejutkan jika penyakit ini juga bisa diturunkan dari orang tua ke anak.

Hingga saat ini, Trimethylaminuria tergolong sebagai penyakit langka yang masih misterius. Untuk itu, tak diketahui berapa banyak orang yang mengalaminya di dunia. Cara untuk menyembuhkannya juga belum diketahui, kecuali sering menggunakan sabun atau lotion untuk menghilangkan trimethylamine dari kulit. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Penyakit Langka
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini