Menurut Penelitian, Begini Cara Membuat Kopi Menjadi Lebih Menyehatkan

Selasa, 28 April 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Menurut Penelitian, Begini Cara Membuat Kopi Menjadi Lebih Menyehatkan Ilustrasi minum kopi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Refat

Merdeka.com - Konsumsi kopi merupakan hal yang sehari-hari banyak dilakukan orang. Dampak positif dan negatif dari kopi ini bisa sangat berbeda-beda tergantung pada kondisi seseorang.

Kopi bisa jadi sangat menyehatkan pada sejumlah orang, namun pada orang lain, kopi juga bisa berdampak buruk. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa terdapat cara paling sehat dalam menyeduh kopi.

Dilansir dai Medical Xpress, penelitian ini mempelajari mengenai cara menyeduh kopi dengan risiko penyakit jantung dan kematian. Diketahui bahwa menyeduh kopi menggunakan penyaring merupakan cara paling aman.

Penelitian ini telah dipublikasikan pada European Journal of Preventive Cardiologys.

"Hasil penelitian kami memberi bukti yang kuat dan meyakinkan mengenai hubungan antara cara menyeduh kopi, serangan jantung, serta panjang umur," terang Professor Dag S. Thelle dari University of Gothenburg, Swedia.

"Kopi tanpa filter memiliki kandungan yang meningkatkan kolesterol darah. Menggunakan filter bisa menghilangkan hal ini serta membuat risiko serangan jantung dan kematian prematur menurun," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Secara umum, diketahui bahwa konsumsi kopi bukan merupakan kebiasaan berbahaya. Faktanya, konsumsi kopi yang disaring jauh lebih aman dibanding tidak mengonsumsinya sama sekali.

Dibanding pada seseorang yang tak mengonsumsi kopi, seduhan menggunakan filter bisa menurunkan risiko kematian hingga 15 persen. Tingkat kematian terendah dimiliki oleh mereka yang mengonsumsi 1 hingga 4 cangkir kopi yang difilter tiap hari.

"Temuan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman disaring jadi lebih baik dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kopi tidak dapat dijelaskan dari variabel lain seperti usia, jenis kelamin atau gaya hidup. Oleh karena itu, kami menganggap bahwa temuan ini benar," terangnya.

Walau begitu, Professor Thelle tidak menyarankan kopi ini pada kelompok orang tertentu. Dia menyarankan bahwa seseorang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi dan hendak menurunkannya agar tidak mengonsumsi kopi. [RWP]

Baca juga:
Olahraga ketika Kehamilan Bisa Buat Bayi yang Dilahirkan jadi Lebih Bugar
Konsumsi ASI pada Bayi bisa Bantu Menghindari dari Masalah Virus Tertentu
Konsumsi Sayur Sebelum Kehamilan Bisa Bantu Cegah Kelahiran Prematur
Anak Usia 4 Bulan Sudah Bisa Bedakan Pelukan Orangtua dengan Orang Lain
Makan Bersama-Sama Bisa Buat Seseorang Makan dalam Porsi Lebih Kecil
Menikmati Hidup Sekarang dan Merencanakan Hari Depan Bisa Jadi Cari Atasi Stres
Disfungsi Ereksi Bisa Jadi Tanda Paling Awal Gangguan Kardiovaskuler

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini