Menstruasi Hari Pertama Kerap Munculkan Rasa Ingin BAB, Apa Penyebabnya?

Kamis, 26 November 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Menstruasi Hari Pertama Kerap Munculkan Rasa Ingin BAB, Apa Penyebabnya? Ilustrasi buang air. shutterstock

Merdeka.com - Pada saat tengah mengalami menstruasi, salah satu hal yang kerap dialami wanita adalah dorongan untuk berlama-lama di kamar mandi. Hal ini biasanya berupa keinginan buang air besar terus-menerus pada hari pertama menstruasi.

Dilansir dari Popular Science, hal yang jadi penyebab dari kebiasaan ini merupakan prostaglandins yang merupakan zat dengan struktur kimia menyerupai hormon. Hal ini merupakan sinyal yang dikirim oleh tubuh wanita kepada uterus untuk berkontraksi dan biasa terjadi saat menstruasi tiba.

Walau begitu, hal ini tidak terjadi pada semua wanita dan hanya pada orang-orang tertentu. Ketika tubuh mengirim zat ini dengan jumlah cukup ke uterus maka sebagian juga akan diteruskan pada perut yang berada secara dekat sehingga akhirnya muncul keinginan untuk buang air besa.

Efek dari prostaglandin ini berbeda-beda pada setiap wanita, ada yang ingin buang air namun ada yang menjadi merasa mual. Pada beberapa kasus bahkan seseorang bakal mengalami diare.

Pada wanita yang kerap mengalami kram ketika menstruasi, mereka cenderung memiliki prostglandin yang melimpah. Hal ini menyebabkan kontraksi pada uterus semakin kuat sehingga terjadi kesakitan pada perut bagian bawah mereka.

Baca Selanjutnya: Menurunnya Progesteron...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini