Mengapa Wajah Kita Bisa Bengkak Usai Mengonsumsi Mi Instan di Malam Hari?

Kamis, 26 Maret 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Mengapa Wajah Kita Bisa Bengkak Usai Mengonsumsi Mi Instan di Malam Hari? Ilustrasi mie instan. Shutterstock/Olga Nayashkova

Merdeka.com - Makan mi instan di malam hari merupakan hal yang menyenangkan karena rasa lezatnya. Namun pada pagi harinya, bisa terjadi efek samping di wajah sejumlah orang berupa wajah yang tampak bengkak.

Munculnya hal ini bisa membuat muka dan pipi tampa seperti telah mengalami suatu hal. Lantas, mengapa wajahmu bisa bengkak usai mengonsumsi mie di malam hari?

Seperti kita tahu, mie instan memiliki kandungan garam yang tinggi di dalamnya. Adanya kandungan garam atau sodium ini lah yang menyebabkan wajah menjadi bengkak.

Namun tenang saja, bengkak yang terjadi di wajahmu tersebut bukan karena lemak yang bertambah. Namun bengkak ini disebabkan karena cairan.

Dilansir dari SF Gate, menumpuknya cairan di wajah yang menyebabkan bengkan ini disebabkan karena retensi cairan. Hal ini menyebabkan tingginya kandungan garam di darah sehingga wajah tampak bengkak.

1 dari 3 halaman

Sodium sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk mengatur tekanan darah serta melancarkan fungsi tubuh. Garam dapur memiliki kandungan sodium dan klorida di dalamnya yang membantu melancarkan pencernaan.

Untuk menjaga keseimbangan sodium, potassium, dan air di dalam tubuh, ginjal berperan cukup besar. Ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak sodium, tubuhmu bakal mempertahankan air untuk menyeimbangkannya.

Keberadaan air berlelbih di pembuluh darah bisa memperlebar kondisinya sehingga menyebabkan menumpuknya plak. Hal ini menyebabkan kamu terlihat bengkak.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Retensi Cairan

retensi cairan

Cara terbaik untuk mengatasi retensi cairan adalah dengan minum lebih banyak air. Hal ini bisa membuat tubuh lebih seimbang dan tubuh tidak terlalu banyak menyimpan cairan.

Kamu juga bisa mengonsumsi lebih banyak potassium. Aprikot kering memiliki kandungan potasssium yang tinggi. Makanan lain yang bisa kamu konsumsi adalah alpukat, pisang, yogurt rendah lemak, kentang, salmon, serta bayam.

Cara lain adalah dengan berolahraga atau pergi ke sauna. Hal ini bisa meredakan kondisi bengkak pada dirimu. Pastikan saja agar kamu tidak kehilangan terlalu banyak keringat dan jaga agar tidak dehidrasi.

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Bengkak

Jangan keseringan menambahkan garam pada makanan. Ganti dengan perasa lain seperti jeruk nipis atau jika memang terpaksa, hanya tambahkan garam dalam jumlah terbatas.

Hindari juga makanan tinggi garam terutama makanan olahan serta kalengan. Makanan cepat saji juga sebaiknya dihindari karena memiliki kandungan garam yang tinggi.

Pastikan cukup minum air setiap hari. Hal ini bisa membuatmu tidak mengalami retensi air serta tubuh terjaga tetap seimbang. [RWP]

Baca juga:
Mengenal Herd Immunity dan Bisakah Hal Ini Terjadi pada COVID-19
Membiarkan dan Meninggalkan Bayi Menangis Tidak Berdampak Buruk bagi Buah Hati
Obesitas Bisa Menular pada Remaja dengan Lingkungan yang Cenderung Gemuk
Bisa Terinfeksi COVID-19, Begini Gejala yang Bakal Muncul pada Anak-Anak
Sulit Tidur? 5 Cara Ini Bisa Buatmu Terlelap Lebih Cepat

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Mie Instan
  3. Fakta Kesehatan
  4. Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini