Walau Bisa Menyehatkan, Keseringan Tidak Pakai Bra Bisa Sebabkan Masalah Ini

Sabtu, 26 November 2022 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Walau Bisa Menyehatkan, Keseringan Tidak Pakai Bra Bisa Sebabkan Masalah Ini Ilustrasi bra. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Jacek_Kadaj

Merdeka.com - Tidak menggunakan bra merupakan salah satu tindakan yang bisa berdampak sehat bagi payudara wanita. Hal ini bisa menjaga bra dari berbagai masalah kesehatan fisik yang mungkin terjadi.

Namun siapa sangka walau bisa berdampak positif, hal ini ternyata juga bisa berdampak negatif terutama jika terlalu sering. Hal ini terutama bakal dialami oleh mereka dengan payudara besar.

"Lepas bra bisa menyebabkan tekanan di pundak, terutama jika kamu memiliki payudara besar," terang Melissa Doft, MD , pakar bedah plastik kosmetik.

"Karena bentuk tubuh, mereka (payudara) cenderung menggantung dan menarik ke bawah. Hal ini bisa menyebabkan pundak membungkuk, memberi tekanan pada leher, pundak, dan punggung bagian atas. Hal ini merupakan alasan utama mengapa banyak orang menjalani operasi pengecilan," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Di Rumah Saja Bisa Turunkan Beban Payudara

Kondisi pandemi COVID-19 yang membuat kita di rumah saja ini bisa membuat masalah bra ini lebih rentan terjadi. Hal ini terutama karena banyak orang tidak menggunakan bra pada saat di rumah.

Walau begitu, ketika di rumah seseorang juga tidak akan seaktif biasanya. Hal ini cukup menguntungkan karena beban yang dialami oleh bra tidak bakal sebesar biasanya.

Mereka yang memiliki bra dengan ukuran tidak terlalu besar tidak akan mengalami masalah ini.

"Jika kamu memiliki cup A, B, atau C, dua bulan tidak menggunakan bra tidak bakal menyebabkan perbedaan," terang dr. Doft.

Secara umum, dua atau tiga bulan tidak menggunakan bra tidak bakal memunculkan perbedaan besar pada payudara. Masalah baru bakal dialami oleh mereka yang memang memiliki payudara dengan ukuran besar. [RWP]

Baca juga:
Apakah Normal Jika Payudara Kiri dan Kanan Memiliki Ukuran Berbeda?
Bahaya Mengenakan Bra Saat Tidur & Tips Aman Penggunaannya, Para Wanita Harus Tahu

Baca juga:
Apakah Normal Jika Payudara Kiri dan Kanan Memiliki Ukuran Berbeda?
Bahaya Mengenakan Bra Saat Tidur & Tips Aman Penggunaannya, Para Wanita Harus Tahu

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan Payudara
  3. Payudara Wanita
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini